Mengenal Sinarmas dan Produk Asuransi Sinarmas

produk asuransi sinarmas
produk asuransi sinarmas

Produk asuransi ada begitu banyak, tidak terkecuali produk asuransi Sinarmas. Untuk kamu yang ingin mengetahuinya, simak ulasan yang telah dihimpun redaksi Ajaib berikut ini.

Hampir semua orang pasti pernah mendengar Sinarmas. Salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini memiliki setidaknya enam operasi bisnis. Sektor yang dipegangnya yaitu properti, telekomunikasi, sektor energi/infrastruktur, agribisnis/pangan, pulp/kertas, hingga layanan keuangan.

 Sekilas tentang Sinarmas

Perusahaan ini telah berdiri sejak 1962. Pada 1968, Sinarmas mendirikan penyulingan minyak nabati dan kopra pertama yang pada akhirnya dibuat pabrik dengan nama Bitung Manado Oil Limited di Sulawesi Utara. Pada 1972 muncul anak sektor Sinarmas lainnya yaitu pulp/kertas dan properti (real estate/developer).

Sektor layanan keuangan pun muncul pada 1982 disusul dengan sektor energi/infrastruktur yang muncul pada 1996. Kemudian di tahun 2006 muncul sektor operator telekomunikasi yang dinamain Smartfren.

 Asuransi Sinarmas

Dari banyaknya operasi bisnis tersebut, layanan keuangan yang dimiliki oleh Sinarmas merupakan salah satu sektor yang paling unggul dengan salah satu produk unggulannya yaitu asuransi.

Didirikan dengan nama PT Internas Arta Leasing yang kemudian berubah menjadi PT Sinar Mas Multiartha, asuransi yang ditawarkan Sinarmas menjadi salah satu produk asuransi yang terpandang dan terpercaya di Indonesia.

Belum semua orang menyadari pentingnya asuransi. Generasi milenial sendiri pun masih tergolong sulit untuk diajak menjamin kehidupannya melalui asuransi. Padahal asuransi merupakan tabungan yang aman untuk menghadapi kejadian tidak terduga di masa yang akan datang. Lebih lengkapnya mari kita kenali asuransi itu sendiri terlebih dahulu.

 Pengertian Asuransi

Asuransi adalah suatu aktivitas pengendalian resiko di mana satu pihak (nasabah) mengalihkan resiko yang mungkin terjadi di masa depan kepada pihak perusahaan asuransi. Bisa juga dikatakan bahwa asuransi adalah suatu perjanjian antara nasabah dengan perusahaan asuransi di mana perusahaan ini akan bersedia untuk mengganti kerugian yang dialami nasabah di masa yang akan datang.

Nasabah harus membayar premi khusus kepada perusahaan asuransi yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu agar mendapat jaminan asuransi atas resiko tidak terduga yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Fungsi Asuransi

Seperti yang bisa dilihat pada pengertian tersebut, beberapa fungsi asuransi antara lain:

  • Jaminan untuk pihak yang menggunakan asuransi untuk mendapat perlindungan atas resiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Bisa dikatakan sebagai aktivitas pengalihan resiko kepada perusahaan asuransi.
  • Untuk memperkecil potensi kerugian yang lebih besar jika tidak menggunakan asuransi pada saat resiko itu terjadi.
  • Asuransi dianggap efisien bagi perusahaan karena mengurangi biaya untuk pengawasan, pengamanan, dan perlindungan yang memakan biaya yang jauh lebih tinggi.
  • Untuk menutup loss of earning power seseorang atau suatu perusahaan ketika sudah tidak bekerja atau tidak berfungsi lagi.

Seperti perusahaan asuransi lainnya, Sinarmas juga menyediakan layanan asuransi sesuai pengertian dan fungsinya di atas. Menjadi pionir perusahaan asuransi di Indonesia, asuransi Sinarmas sudah memiliki beberapa produk yang mampu mengurus hampir semua lini kehidupan. Produk asuransi Sinarmas antara lain:

Kecelakaan dan kesehatan

Produk asuransi Sinarmas terkait kecelakaan dan kesehatan (accident and health) terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu kecelakaan diri, kesehatan, dan personal accident and health.

Kecelakaan diri

Asuransi Sinarmas memberikan pilihan produk asuransi untuk mengurangi kerugian yang muncul akibat dari kecelakaan diri. Produk yang ditawarkan yaitu Simas Personal Accident, Group Personal Accident, dan Travel Insurance.

Kesehatan

Resiko kesehatan yang dimaksud adalah resiko penyakit maupun karena kecelakaan. Asuransi kesehatan dari asuransi Sinarmas dibagi menjadi dua jenis, yaitu Simas Sehat Corporate untuk menjamin kesehatan karyawan perusahaan beserta keluarganya dan Individual yaitu untuk menjamin kesehatan perseorangan.

Personal accident and health

Pada produk asuransi Sinarmas ini mereka menawarkan dua produk, yaitu Simas UKM dan Simas Proteksi PHK. Simas UKM adalah asuransi kecelakaan diri dengan perluasan jaminan atas resiko kegagalan pembayaran pinjaman yang diakibatkan oleh kematian, cacat tetap total akibat kecelakaan, perawatan inap jangka pendek maupun jangka panjang akibat sakit dan kecelakaan.

Sementara Simas Proteksi PHK adalah perlindungan atas risiko-risiko akibat kecelakaan dan kepailitan yang dapat menyebabkan terjadinya PHK.

Penjaminan

Produk Asuransi Penjaminan yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 8 kategori, yaitu Bid Bond, Performance Bond, Advance Payment Bond, Maintenance Bond, Customs Bond, Excise Bond, Kontra Bank Garansi, dan asuransi kredit.

Tanggung Gugat

Produk Asuransi Tanggung Gugat yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 5 kategori, yaitu Workmens Compensation, Public Liability, Product Liability, Comprehensive General Liability, dan Directors and Officers Liability.

Rekayasa

Pada produk ini, asuransi sinamas menawarkan perlindungan untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang teknik seperti pembangunan pabrik, bendungan, jalan raya, jembatan, gedung-gedung perkantoran. Kegiatan-kegiatan ini dalam pelaksananaannya menghadapi banyak resiko kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, sambaran petir, ledakan, banjir, badai, gempa bumi, roboh, tanah longsor, pencurian, kelalaian, tindak kejahatan dan lain-lain.

Asuransi rekayasa atau Simas Engineering menawarkan perlindungan atas pekerjaan teknik yang dijalankan tidak terganggu walaupun terjadi suatu resiko.

Fire and Allied Perils

Produk Asuransi Fired and Allied Perils yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 6 kategori, yaitu Simas Rumah Hemat, Simas Ruko, Property All Risks, Industrial All Risks, Business Interruption, dan Growing Trees Insurance.

Pengangkutan

Produk Asuransi Pengangkutan atau Marine Insurance yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 4 kategori, yaitu Marine Hull, Marine Cargo, Aviation, dan Simas Kapal.

Kendaraan Bermotor

Produk Asuransi Kendaraan Bermotor (Simas Mobil) yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 3 kategori. Yaitu Asuransi Gabungan (Comprehensive) + TPL, Total Loss Only + TPL, dan Simas Mobil TPL.

Asuransi Mikro

Produk Asuransi Mikro terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu Simas Petani, Simas Perlindungan, Simas Sehat Mikro, Simas Siswa Mikro, dan Stop Usaha Erupsi.

Miscellaneous

Produk Asuransi Aneka (Miscellaneous) yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada sembilan kategori. Yaitu Simas Hole In One, Money Insurance, Golf Indemnity, Plate Glass, Burglary, All Risks Property Floaters, Cellular Phone Insurance, Simas Expatriates, dan Simas Pet Insurance.

Produk Syariah

Seluruh produk yang telah disebutkan di atas tetapi menggunakan penghitungan syariah.

Setelah mengetahui produk-produk asuransi terlebih produk dari asuransi Sinarmas, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan asuransi. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Untuk itu, lebih baik kamu mempersiapkannya sejak jauh hari agar ketika resiko itu datang, kamu tidak bingung dan kesulitan dalam mencari pertolongan.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait