Mengenal Robo Advisor, Teman Kamu dalam Melakukan Investasi

robo advisor
robo advisor

Sudah tahu apa itu Robo Advisor? Jika belum, simak ulasan dari redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahui lebih jauh ya.

Apakah kamu sedang melakukan investasi? Belakangan ini, investasi adalah salah satu cara untuk mengumpulkan aset yang digemari banyak orang. Selain sebagai pengumpulan aset, investasi juga membantu kamu untuk menghadapi kejadian tidak terduga yang mungkin saja bisa terjadi di kemudian hari.

Namun jangan salah, berinvestasi tidak semudah itu. Tidak sedikit orang yang justru rugi dalam melakukan investasi. Hal ini bisa jadi karena kesalahan taktik dalam berinvestasi atau mungkin juga ilmu atau pengalaman yang masih kurang.

Untuk menyelesaikan masalah ini, muncul beberapa layanan sebagai konsultan dalam berinvestasi, seperti konsultan keuangan (financial advisor) atau perencana keuangan. Namun, yang paling baru dan yang paling unik adalah dengan kemunculan Robo Advisor atau konsultan digital berbasis robot. Apakah itu?

 Apa itu Robo Advisor?

Robo Advisor adalah perangkat lunak untuk memfasilitasi kamu dalam melakukan wealth management dan juga membantu kamu membuat portofolio investasi yang optimal berdasarkan umur, profil risiko, dan tujuan hidup kamu secara otomatis. Teknologi ini sudah banyak digunakan oleh penduduk di negara maju, seperti Amerika Serikat.

Namun seiring berjalannya waktu, software ini juga banyak digunakan di negara berkembang, termasuk Indonesia. Beberapa perusahaan yang tersedia di Indonesia antara lain AJAIB, Bibit.id, dan HaloFina.

Konsultan Keuangan dengan Algoritma

Nantinya, mereka akan membantu kamu dalam membuat portofolio investasi berdasarkan algoritma tanpa menggunakan analisis dari manusia yang ahli dalam bidang tersebut, seperti konsultan keuangan atau perencana keuangan.

Jadi, bisa disimpulkan apabila kamu telah menggunakan Robo Advisor maka kamu tidak perlu lagi menggunakan jasa konsultan keuangan atau perencana keuangan, karena pekerjaannya sudah mewakili pekerjaan kedua profesi tersebut.

Bahkan, bisa jadi hasil pekerjaan Robo Advisor lebih akurat karena semua data diambil dan dihitung berdasarkan algoritma dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kamu.

 Terfokus pada Data Eksak

Walaupun begitu, memang cukup berbeda ketika kamu menggunakan Robo Advisor dibandingkan dengan jasa manusia. Karena pastinya, teknologi ini tidak memperdulikan perasaan dan kondisi pribadi kamu sehingga hal-hal yang berkaitan dengan emosi tidak akan menjadi pertimbangan oleh Robo Advisor. Fokus utama mereka hanyalah data eksak atau angka yang kamu masukkan.

Layanan jasa berbentuk perangkat lunak merupakan salah satu solusi yang tepat untuk para investor yang lebih suka mengelola investasinya sendiri atau berfokus kepada optimasi portofolio investasinya.

Namun, apabila kamu adalah tipe investor yang lebih senang berinteraksi dengan manusia, maka sebaiknya kamu tetap menggunakan cara lama yaitu menggunakan jasa konsultan atau perencana keuangan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Robo Advisor tidak bisa berpikir seperti manusia sehingga emosi yang kamu miliki tidak dianggap ada oleh Robo Advisor.

 Berbasis Online

Memberikan layanannya atau rekomendasinya dalam basis online. Ada berbagai perusahaan yang menawarkan cara kerja Robo Advisor dan cara kerja masing-masing perusahaan biasanya akan berbeda-beda. Namun, umumnya cara kerja konsultan robot ini terdiri dari beberapa langkah berikut:

Mengisi Survei Online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Robo Advisor adalah layanan berbasis online sehingga untuk mulai menggunakan layanan pun kamu harus melalui online. Pada tahap awal ini, Robo Advisor perlu mengetahui profil risiko kamu.

Maka itu, biasanya konsultan digital ini akan memberikan kamu beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk menghasilkan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah mengetahui informasi ini, Robo Advisor akan memulai algoritma untuk menentukan profil risiko kamu.

Membuat Rekening

Setelah selesai mengisi survei dan Robo Advisor telah menentukan profil risiko kamu, langkah selanjutnya adalah membuat rekening pada perusahaan penyedia yang kamu gunakan. Rekening ini bertujuan untuk menyimpan seluruh dana yang akan diinvestasikan. Rekening ini nantinya akan dapat diakses secara otomatis oleh Robo Advisor untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya kamu ambil.

Pengolahan Data

Data profil risiko dan data rekening yang telah kamu berikan akan diolah oleh artifical intelligence menggunakan algoritma. Nantinya, akan didapatkan alokasi atau rekomendasi portofolio investasi terbaik berdasarkan data-data tersebut. Jika kamu izinkan, Robo Advisor juga dapat secara otomatis membeli produk-produk investasi yang sesuai dengan jumlah uang pada rekening investasi kamu.

Penyesuaian Portofolio

Seiring berjalannya waktu, akan terlihat apakah kamu mengalami keuntungan atau kerugian. Untuk itu, konsultan digital ini akan selalu secara otomatis melakukan penyesuaian atau penyeimbangan portofolio kamu untuk mempertahankan alokasi optimal seiring dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Jika keuntungan investasi kamu tidak merata, maka proporsi dalam portofolio investasi bisa berubah dan belum tentu bisa menjadi optimal lagi. Maka itu, Robo Advisor hadir untuk memantau serta menyesuaikan portofolio kamu secara otomatis dan berkala.

Dengan pelayanan yang sangat memuaskan tersebut, berapa sih sebenarnya biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan jasa Robo Advisor? Biaya yang harus kamu bayarkan untuk jasa Robo Advisor ada berupa biaya jasa dan biaya administratif.

Untuk biaya jasa sangat beragam, tergantung perusahaan penyedia mana yang kamu gunakan jasanya. Begitu juga dengan biaya administratif, besarnya tergantung dengan produk investasi mana yang kamu beli.

Bisa Berbiaya

Meskipun begitu, ada juga perusahaan penyedia yang mengenakan biaya yang sudah tetap atau fixed price setiap bulannya. Perusahaan penyedia yang seperti ini biasanya sudah memiliki paket pilihan yang beragam sesuai dengan ukuran portofolio investasi.

Kemudian, ada juga perusahaan Robo Investor yang menentukan biaya berdasarkan persentase aset yang dimiliki oleh pengguna jasa. Semakin besar portofolio investasi kamu makan akan semakin besar pula biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulannya.

Lebih Murah dibanding Konsultan Keuangan

Biaya ini sebenarnya lebih murah jika kita bandingkan dengan biaya jasa konsultan atau perencana keuangan yang ada. Namun, biasanya perusahaan penyedia pun juga menyediakan layanan konsultasi melalui komunikasi dengan manusia.

Karena beberapa pengguna layanan software ini pada akhirnya butuh konsultasi dengan komunikasi langsung, bukan hanya melalui algoritma. Untuk menggunakan layanan tambahan ini, biasanya perusahaan konsultan berbasis robot pun memasang biaya tambahan di luar biaya yang sudah disepakati.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan Robo Advisor? Ingat, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ini, pahami terlebih dahulu mengenai seluk-beluk dalam berinvestasi. Pastikan instrumen yang kamu pilih sudah tepat, barulah kamu bisa memutuskan apakah kamu memerlukan jasa Robo Advisor atau tidak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait