Polis Asuransi dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui

polis asuransi
polis asuransi

Polis asuransi berisikan mengenai aturan-aturan mengenai perjanjian antara si pemilik asuransi dan penyedia jasa asuransi. Apa sesederhana itu? Simak ulasan berikut ini.

Istilah mengenai asuransi bukanlah merupakan suatu hal yang terdengar asing di telinga kita. Namun kenyataannya hingga saat ini masih ada banyak orang yang kurang memahami seluk beluk dan berbagai hal mengenai asuransi sehingga membuat asuransi menjadi hal yang cukup kompleks.

Karena kamu membutuhkan pemahaman dan juga pertimbangan yang matang sebelum menggunakannya. Kurangnya pemahaman pada akhirnya membuat minat sebagian orang menurun untuk menggunakannya.

Asuransi banyak digunakan oleh masyarakat modern terutama pada wilayah perkotaan. Manfaat dari asuransi adalah untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan terburuk sehingga mendapatkan jaminan.

Ada berbagai macam bentuk asuransi, dimulai dari asuransi jiwa, kesehatan, properti, hingga transportasi. Asuransi dapat disesuaikan sehingga kamu dapat menggunakan asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhanmu.

Perkembangan Asuransi di Indonesia

Di Indonesia, perkembangan asuransi terbilang cukup baik melihat banyaknya jumlah perusahaan asuransi yang tersedia dan memberikan layanan seperti perusahaan penyedia layanan asuransi jiwa dan layanan asuransi kesehatan ternama sebut saja seperti AXA Mandiri, Prudential, Cigna, dan lain-lain.

Pemerintah juga bahkan mewajibkan setiap pekerja untuk memiliki BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) ketenagakerjaan. Dimana ini merupakan salah satu bentuk asuransi yang dikhususkan bagi para pekerja di Indonesia.

Tingkat pengguna layanan asuransi di Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan jiwa dan aset mereka semakin tinggi.

Dalam menggunakan asuransi tentunya ada berbagai macam istilah yang cukup asing di telinga kita, hal ini dapat menyebabkan pemahaman yang salah dan kurang tepat. Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu berbagai macam informasi yang akan kamu terima ketika kamu menggunakan asuransi.

Pengertian Polis Asuransi

Salah satu istilah yang akan kamu dengar ketika kamu menggunakan asuransi adalah polis asuransi. Banyak orang yang beranggapan bahwa polis asuransi merupakan sejumlah dana yang akan dibayarkan kepada perusahaan asuransi per-bulannya (premi), hal ini tentu saja tidak tepat.

Singkatnya, definisi dari polis asuransi adalah aturan yang berlaku. Polis asuransi berisikan mengenai aturan-aturan mengenai perjanjian antara si pemilik asuransi dan penyedia jasa asuransi.

Polis asuransi berbentuk perjanjian tertulis dan akan menjadi bukti tulis yang sah dalam perjanjian kedua belah pihak yakni pemilik asuransi dan penyedia jasa asuransi. Di dalam polis terdapat poin-poin krusial yang harus dipelajari dan dipahami dengan baik agar nantinya tidak menimbulkan masalah seperti asuransi tidak bisa diklaim dan sebagainya.

Meskipun begitu, polis seringkali tidak diperhatikan oleh para pemilik asuransi. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali poin yang terdapat dalam polis sehingga banyak pemilik asuransi yang memilih untuk bergegas dalam membacanya.

Padahal poin-poin dalam polis sangat penting. Dalam beberapa kasus, pemilik asuransi ada yang tidak dapat mencairkan klaim asuransinya dikarenakan tidak mengetahui mekanisme dan aturan yang berlaku.

Tips untuk Pemilik Asuransi

Membaca keseluruhan memang sangat dianjurkan, tetapi ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk memudahkan kamu sebagai pemilik asuransi lho!

Memastikan Data-data Polis

Data merupakan hal yang paling krusial ketika kamu melakukan premi asuransi. Sedikit kesalahan saja dapat membuatmu tidak bisa mengklaim asuransimu, oleh sebab itu cek kembali data-data yang ada di dalam polis kamu apakah sesuai atau tidak.

Membaca Ketentuan Khusus

Biasanya perusahaan penyedia jasa asuransi mencantumkan beberapa aturan mengenai hal-hal apa saja yang dapat diklaim dan yang tidak. Hal ini wajib kamu ketahui agar kamu dapat mengetahui apa saja yang dapat ditanggung dan apa saja yang tidak dapat ditanggung oleh asuransi.

Pembagian Biaya

Beberapa perusahaan penyedia jasa asuransi akan memberlakukan alokasi untuk asuransi dan investasi. Hal ini perlu dipelajari agar kamu mengetahui seberapa besar klaim yang akan kamu dapatkan.

Selanjutnya setelah polis asuransi dikeluarkan, akan ada istilah yang disebut free lock period yaitu kamu sebagai pemilik asuransi dapat membatalkan polis apabila tidak menyetujui syarat dan ketentuan polis. Perusahaan penyedia jasa asuransi akan mengembalikan premi yang sudah dibayar namun dikurangi biaya pembatalan polis.

Mengingat pentingnya polis, tentu saja polis memiliki fungsi bagi kedua belah pihak yang membuat perjanjian, yaitu:

Fungsi Polis bagi Pemilik Asuransi

  • Menjadi alat bukti tertulis atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang akan mungkin terjadi pada pemilik asuransi
  • Bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak penyedia jasa.
  • Menjadi bukti otentik untuk menuntut pihak penyedia jasa apabila lalai dan tidak memenuhi jaminan yang sudah disepakati.

Fungsi Polis bagi Penyedia Asuransi

  • Menjadi alat bukti dan tanda terima premi asuransi yang sudah dibayarkan oleh pemilik asuransi
  • Bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada pemilik asuransi untuk membayar ganti rugi yang akan ditanggung oleh penyedia jasa asuransi
  • Menjadi bukti otentik untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim yang diajukan jika penyebab kerugian tersebut tidak memenuhi syarat-syarat dari polis.

Ada banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh pihak perusahaan penyedia jasa asuransi, hal ini dilakukan dengan satu tujuan yaitu mendapatkan jumlah nasabah yang lebih besar serta keuntungan yang lebih tinggi.

Karena itu, kamu sebagai pemilik asuransi juga dapat memiliki berbagai macam pilihan yang terntunya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan polis asuransi yang tepat:

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebagai calon pemilik asuransi akan sangat penting bagi kamu untuk benar-benar memahami jenis asuransi yang kamu butuhkan. Jangan membeli asuransi yang perlindungannya sama sekali tidak kamu butuhkan karena hal ini hanya akan menyebabkan kamu membuang-buang uang.

Memilih layanan Asuransi Double Claim

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan dua layanan asuransi kesehatan sekaligus maka carilah layanan asuransi kesehatan yang dapat menggunakan double claim. Yaitu dimana asuransi pribadi kamu dapat diklaim hanya dengan menggunakan fotokopi kwitansi yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Sehingga kamu dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari penggunaan asuransi tersebut.

Polis untuk Satu Keluarga

Dari sekian banyak penyedia jasa asuransi, ada layanan asuransi yang memungkinkan pemiliknya dapat menggunakan satu polis secara bersamaan dengan anggota keluarga lainnya sehingg lebih hemat.

Memahami Syarat-syaratnya

Ada banyak poin yang tertulis dalam polis asuransi. Oleh sebab itu perlu dicermati terlebih mengenai ketentuan mengajukan klaim. Setiap perusahaan akan memiliki ketentuan-ketentuan yang berbeda dan kamu harus memahami ketentuan-ketentuan tersebut sejak awal.

Pilihlah layanan asuransi dari sebuah perusahaan asuransi yang kredibel dan bisa dipercaya, sehingga kamu bisa mendapatkan layanan yang terbaik dari perusahaan penyedia jasa asuransi.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait