Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Manulife

keuntungan memiliki asuransi
keuntungan memiliki asuransi

Keuntungan memiliki asuransi ada begitu banyak. Apa saja? Untuk mengetahui alasannya, simak ulasan yang telah redaksi Ajaib himpun ini.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu prioritas yang harus dipikirkan matang-matang oleh kamu. Sebab, asuransi kesehatan membuat kamu lebih siap di masa depan dan siap untuk menghadapi risiko yang sewaktu-waktu tiba. Itulah salah satu keuntungan memiliki asuransi.

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan yang ada di Indonesia, salah satunya ialah Asuransi Kesehatan Manulife. Asuransi Manulife ini merupakan layanan keuangan yang berasal dari Kanada dan memiliki jaringan operasional di Kanada, Amerika Serikat, dan Asia.

Dengan komitmen sebagai salah satu penyedia produk asuransi yang terbaik di Indonesia, Manulife memiliki standar untuk memebrikan pelayanan asuransi kesehatan yang terbaik untuk nasabah. Beberapa produk asuransi kesehatan Manulife yang bagus ialah:

MiUltimate HealthCare (MiUHC)

MiUltimate HealthCare atau MiUHC merupakan salah satu produk asuransi kesehatan dasar dari Manulife Indonesia. Produk ini memberikan banyak manfaat penggantian dan ganti rugi biaya rawat inap di berbagai rumah sakit di Indonesia.

Namun hanya terbatas hingga usia 80 tahun sesuai dengan tagihan kesehatan yang tercantum di rumah sakit. Adapun manfaat-manfaat yang diberikan oleh MiUHC ini antara lain adalah rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan.

ProHealth (PH)

Asuransi kesehatan ProHelath adalah sebuah produk asuransi kesehatan untuk perorangan yang memberikan perlindungan secara komprehensif. Pemberian manfaat asuransi kesehatan ini meliputi berbagai biaya medis hingga kamu berusia 99 tahun.

Biaya perawatan atau pengobatan tersebut nantinya akan diberikan melalui sistem reimburstment. Biaya-biaya perawatan yang dimaksud meliputi biaya dokter, laboratorium, pengobatan, dan biaya-biaya rawat inap lainnya.

Selain kedua asuransi tersebut di atas, Manulife juga menyediakan berbagai macam program asuransi kesehatan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam polis asuransi dasar. Di antaranya ialah HealthSafe (HS) yang memberikan penggantian biaya perawatan rumah sakit akibat terkena penyakit atau kecelakaan,

Hospital Benefit Plus yang memberikan program perlindungan kesehatan atau penggantian biaya perawatan rumah sakit dengan harga premi yang terjangkau.

Adapula Manulife Crisis Cover yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko penyakit kritis hingga mencapai usia 70 tahun.

Dan yang tearkhir ialah Manulife Crisis Cover Protection yang memberikan santunan ketika pihak bang tertanggung terdiagnosa menderita salah satu dari 50 penyakit kritis hingga tertanggung berusia 75 tahun.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Manulife

Setiap asuransi pasti memberikan keuntungan untuk nasabahanya sebagai bahan pertimbangan agar para calon nasabah banyak menggunakan produknya. Begitu juga dengan asuransi kesehatan Manulife. Perusahaan asuransi tersebut memberikan beberapa keuntungan memiliki asuransi untuk nasabahnya. Berikut daftar keuntungan yang bisa dinikmati:

  • Produk Asuransi kesehatan yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  • Pelayanan agen asuransi profesional yang siap membantu pendaftaran dan klaim asuransi kesehatan setiap saat.
  • Sistem pembayaran asuransi kesehatan yang lengkap yang bisa kamu lakukan dengan berbagai cara seperti atau Auto-Debet dari bank-bank ternama di Indonesia.
  • Proses klaim asuransi kesehatan yang mudah dan cepat.
  • Dukungan layanan nasabah 24-jam.
  • Layanan rumah sakit rekanan yang luas dan tersebar di seluruh dunia

Syarat Mendaftar Asuransi Kesehatan Manulife

Setelah dijelaskan secara singkat mengenai asuransi kesehatan Manulife di atas, selanjutnya akan dijelaskan mengenai syarat untuk mendaftar. Untuk mengajukan produk tersebut, kamu wajib untuk memenuhi persyaratan berikut:

  • Sudah berusia minimal 6 bulan sampai dengan 70 tahun.
  • Menyiapkan dokumen dan data pribadi seperti fotokopi KTP/KITAS dan lampiran hasil pemeriksaan kesehatan jika dibutuhkan.
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan Manulife.

Klaim Asuransi Kesehatan Manulife

Saat mengajukan klaim, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pastikan premi selalu dibayarkan tepat waktu.
  • Jika kamu memiliki polis asuransi ada baiknya kamu selalu memperhatikan pembayaran premi yang harus kamu bayarkan setiap bulan.
  • Perhatikan masa aktif asuransi kesehatan tersebut.
  • Perusahaan asuransi secara umum menetapkan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 30 hari atau 1 bulan dari pendaftaran. Karena hal tersebut bila kita melakukan klaim atau pengobatan ke rumah sakit sebelum polis kita aktif, kemungkinan besar akan ditolak karena belum memasuki masa aktif polis.

Pahami Peraturan Pengecualian yang Diberikan dari Pihak Asuransi

Ada beberapa peraturan pengecualian yang harus diperhatikan oleh para pemegang polis dan tertanggung dalam hal pengecualian pertanggungan. Berikut penjelasannya:

  • Untuk penyakit yang bersifat kritis seperti jantung koroner dan penyakit kritis lainnya, baru bisa untuk diklaimkan minimal setelah 6 bulan.
  • Bagi pengidap penyakit yang memang sudah ada sebelumnya, baik kita ketahui atau tidak maka perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya.
  • Setelah itu pastikan kita untuk mengecek plafon asuransi yang telah disediakan untuk kita.

Klaim Asuransi Kesehatan

Setelah itu, barulah kamu bisa mengajukan klaim dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Hubungi Customer Contact Center Asuransi kesehatan Manulife.
  • Isi formulir klaim asuransi kesehatan yang bisa diunduh melalui website Manulife.
  • Surat keterangan dari Dokter yang telah diisi lengkap.
  • Kwitansi asli.
  • perincian biaya rawat inap.

Nah itulah keuntungan, syarat daftar, dan klaim asuransi kesehatan Manulife yang harus diketahui. Dengan mengetahui beberapa hal di atas setidaknya kamu nantinya tidak akan kesulitan untuk memilih produk asuransi mana yang tepat dengan kondisimu dan keluargamu.

Yang paling penting, lindungi keluargamu dengan asuransi karena pada dasarnya asuransi bisa dijadikan sebagai salah satu alat investasi yang nantinya bisa mengcover biaya perawatan atas terjadinya kecelakaan, penyakit, atau musibah apapun yang menimpamu.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait