Investasi, Pensiun

Pilihan Investasi Terbaik untuk Tabungan Masa Depan

Pilihan Investasi Terbaik untuk Tabungan Masa Depan

Ajaib.co.id – Usiamu sekarang mungkin menjadi salah satu masa terbaik dalam kehidupan yang kamu jalani. Saat ini kamu sudah punya penghasilan sendiri, mampu untuk membeli keinginananmu dan membuat berbagai keputusan penting tanpa bantuan orang tua lagi. Namun kesenangan ini jangan sampai kamu lalai melakukan investasi terbaik untuk masa depan.

Seiring berjalannya waktu, uang yang kamu miliki tak akan lagi sekedar untuk kebutuhanmu saja. Akan ada banyak pos pengeluaran yang harus dipenuhi ketika sudah berkeluarga misalnya biaya pendidikan anak atau persalinan. Semakin kita tua maka akan semakin besar pula biaya yang kita butuhkan.

Jika sekarang sudah puas dengan sepeda motor, nanti akan ada masanya kamu ingin memiliki mobil sendiri. Kamu tak akan lagi merasa cukup dengan sewa rumah atau apartemen karena memiliki properti sendiri memberikan kenyaman yang berbeda. Apapun alibimu sekarang, sebaiknya mulai lakukan perencanaan keuangan yang matang untuk memiliki tabungan masa depan.

Punya simpanan dengan jumlah yang cukup besar tentunya akan sangat berguna. Kamu tak perlu khawatir jika suatu saat membutuhkan dana secara mendadakan karena tersedia simpanan yang bisa dicairkan. Paling tidak kamu tidak akan gampang terjebak pinjaman untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ada banyak ketidapastian di masa depan yang seharusnya bisa kamu tanggulangi dengan simpanan di tabungan yang memadai. Misalnya saja untuk biaya pengobatan ketika orang tua atau kamu sendiri sakit, uang muka KPR atau bahkan sekedar menyambung hidup ketika mendadak kehilangan pekerjaan.

Menyiapkan tabungan di masa depan seringkali dilakukan orang dengan menyisihkan uang secara rutin setiap kali gajian tiba. Cara ini memang baik adanya namun hasilnya kurang signifikan. Terlebih lagi jika produk tabungan yang kamu pilih tidak memberikan insentif berupa suku bunga yang memuaskan.

Rata-rata suku bunga tabungan di Indonesia hanya berkisar 0,5%, jelas bukan pengembalian yang memasukan. Jumlah ini tidak bisa menyaingi angka inflasi apalagi dengan biaya adiministrasinya.

Alternatif lain yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan tabungan masa dengan adalah dengan memiliki investasi jangka panjang. Kamu bisa memulai investasi sesegera mungkin agar simpanan masa depanmu bisa lebih banyak terkumpul. Ada banyak jenis investasi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Beberapa yang paling sering dipilih orang untuk berinvestasi dengan tujuan masa depan antara lain investasi saham, investasi emas, investasi properti, dan investasi reksa dana.

Tentunya setiap jenis investasi tersebut punya keunggulannya masing-masing sehingga kerap jadi favorit orang. Misalnya saja investasi di pasar saham yang cocok untuk jangka minimal 10 tahun dan investasi properti bagi orang yang tak ingin terlalu repot. Namun keduanya mungkin bukan pilihan bagi orang yang dananya terbatas atau buta dengan kondisi pasar modal.

Berinvestasi untuk tabungan masa depan juga kerap terhalang perkara jumlah uang yang dimiliki. Kamu saat ini mungkin sudah punya penghasilan yang memadai namun jumlahnya belum cukup besar untuk bisa membeli rumah atau emas batangan mungkin. Karena itu, ada sejumlah pilihan investasi terbaik yang bisa dipertimbangkan oleh anak muda sepertimu.

Sebagian orang masih enggan berinvestasi karena takut akan risikonya. Jadi tak heran kenapa kebanyakan memilih untuk menabungkan saja dana yang mereka miliki. Padahal dengan berinvestasi justru akan memberikan keuntungan dan kondisi finansial pun akan terarah sekaligus terjamin.

Melalui investasi, kamu juga dapat merencanakan persiapan tabungan masa depan daripada hanya sekedar menabung di rekening bank konvensional. Hasilnya nanti dapat digunakan untuk biaya pensiun, pernikahan, pendidikan anak, dana darurat, serta impian-impian yang ingin diraih.

Oleh karena itu memilih untuk investor jadi salah satu jawaban untuk kebutuhan persiapan tabungan masa depan kamu. Siapapun pun bisa berinvestasi tanpa memandang tingkatan sosial. Ada banyak jenis produk investasi yang ditawarkan, beserta potensi keuntungan dan kerugiannya.

Buat kamu para investor pemula yang ingin mulai berinvestasi, wajib paham terlebih dahulu kira-kira produk investasi apa yang cocok. Seperti apa sih investasi terbaik buat investor pemula untuk mempersiapkan tabungan masa depan? Ini dia ulasannya:

Properti

Tanah dan bangunan menjadi alternatif investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan dan menggiurkan. Di mana, nilai properti akan terus meningkat dari tahun ke tahun dan persentase peningkatannya bisa mencapai 15-20% per tahun, apalagi kalau kamu memilih lokasi properti di tempat strategis.

Selain itu, jenis investasi ini minim risiko kebangkrutan, karena properti menjadi salah satu kebutuhan dasar, baik untuk tempat tinggal ataupun bisnis.

Namun, ketika kamu memilih investasi ini, maka kamu juga harus menyiapkan biaya yang cukup besar untuk membeli properti dan perawatan properti tersebut.

Dengan memiliki properti baik tanah atau bangunan, kamu bisa menyewakan properti sambil menunggu nilai properti naik, kemudian menjualnya. Dengan menyewakan properti, kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari passive income dan properti kamu juga lebih terawat karena pihak penyewa yang akan mengurus properti.

Deposito

Deposito merupakan tabungan berbentuk penyimpanan uang dengan sistem setoran jangka waktu, yang ditawarkan bank. Namun, penarikan dananya tidak seperti rekening tabungan biasa, melainkan hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu dan memiliki jatuh tempo. Apabila kamu menarik dana dari tabungan deposito sebelum jangka waktunya akan dikenakan penalti.

Suku bunga deposito memiliki tingkat suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa, sekitar 5% sampai 8%. Bunga tabungan deposito ini dapat kamu ambil dan kemudian disetorkan kembali untuk didepositkan di periode berikutnya. Menyimpan dana di tabungan deposito sangat terjamin karena dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan.

Reksa Dana

Reksa dana juga salah satu instrumen investasi yang terbaik untuk tabungan masa depan kamu. Untuk memulainya tak perlu modal besar, hanya Rp 100 ribu kamu sudah bisa menjadi seorang investor. Reksa dana sangat cocok buat para investor pemula yang belum paham menghitung sendiri risiko dari investasinya.

Nantinya dana yang dihimpun akan dikelola oleh manajer investasi menjadi sebuah portofolio investasi yang bisa berupa obligasi, saham, pasar uang, dan lain sebagainya. Manajer investasi akan membantu kamu dalam membaca sensitifitas pasar, menghitung potensi risiko, sampai mengatur strategi yang dapat menguntungkan.

Kamu bisa melakukan investasi jangka panjang salah satunya dengan reksa dana saham. Reksa dana jenis ini termasuk yang paling diminati karena imbal baliknya yang cukup besar. Instrumen keuangan ini juga sangat disarankan jika kamu ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang lama namun tetap maksimal.

Jika kamu berinvestasi reksa dana saham dalam rentang waktu lebih dari 15 tahun, kemungkinan kamu mendapat keuntungan terbaik sangatlah tinggi. Keuntungan tinggi ini bisa kamu dapatkan meskipun potensi kerugian juga sedang tajam.

Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi reksa dana, kamu bisa coba memulainya melalui aplikasi Ajaib. Dengan Ajaib, kamu bisa memilih berbagai jenis investasi reksa dana pilihan yang bisa disesuaikan dengan tujuan investasimu, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa mulai investasi di Ajaib dan mendapatkan return sesuai jenis investasi yang kamu pilih. Jika kamu berharap keuntungan yang besar, maka kamu bisa memilih reksa dana saham. Namun, investasi ini memiliki risiko lebih besar dibanding investasi reksa dana lainnya. Sehingga cocok buat kamu yang ingin investasi jangka panjang.

Saham

Saham menjadi salah satu jenis investasi yang paling dikenal masyarakat Indonesia. Kini, investasi satu ini sedang digandrungi kaum milenial karena keuntungan yang bisa didapatkan.

Ketika kamu membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, maka kamu secara tidak langsung bertindak sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut dan memperoleh hak atas dividen sebesar persentase saham yang kamu miliki di perusahaan tersebut.

Selain hak atas dividen, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga penjualan saham. Sifatnya yang likuid dan mudah diperjualbelikan bisa sangat menguntungkan buat kamu yang di kemudian hari ingin mengalihkan saham tersebut kepada orang lain pada saat harga saham sedang naik.

Dari segi keuntungan, investasi ini juga menawarkan hasil atau keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya. Namun, dengan high return, investasi saham juga berisiko tinggi karena harganya yang fluktuatif dan sangat bergantung pada keadaan ekonomi, politik, maupun keadaan tertentu seperti hari raya.

Nah, kini kamu juga bisa melakukan investasi saham dengan mudah melalui aplikasi Ajaib. Di Ajaib, kamu bisa memilih berbagai saham dari berbagai industri, mulai dari kuliner, manufaktur, keuangan, banking, farmasi, f&b, dan masih banyak lagi.

Di Ajaib, kamu juga bisa melihat laporan keuangan perusahaan dan analisis fundamental sebelum membelinya. Sehingga membantu kamu mengambil keputusan dengan tepat.

Obligasi (Surat Utang)

Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat dipindahtangankan, dan berisi janji dari pihak penerbit untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi utang pokok pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pemegang obligasi. Imbalan yang akan diterima pemegang obligasi berupa kupon.

Umumnya, investasi ini memiliki jangka waktu mulai dari 1 hingga 10 tahun. Diterbitkannya obligasi ini dilatarbelakangi upaya menghimpun dana dari masyarakat yang akan digunakan sebagai sumber pendanaan. Di Indonesia, terdapat 3 jenis obligasi yang dikenal yaitu:

  1. Obligasi Pemerintah, yakni obligasi dalam bentuk surat utang negara yang diterbitkan oleh Pemerintah;
  2. Obligasi Korporasi, yaitu surat utang yang diterbitkan oleh korporasi, baik swasta maupun BUMN; dan
  3. Obligasi Ritel Indonesia (ORI), yaitu obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah yang dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk oleh Pemerintah. ORI pertama kali diterbitkan pada tahun 2006.

Dengan memilih obligasi, kamu bisa melakukan investasi lebih aman, karena kemungkinan terjadinya gagal bayar sangat minim, apalagi jika kamu memilih obligasi yang diterbitkan Pemerintah. Misalnya hal ini terjadi, Anda akan diberikan jaminan dari aset yang dimiliki pemerintah.

Menabung Emas

Investasi berupa tabungan emas lebih banyak dipilih orang dibandingkan reksa dana, karena nilainya yang stabil. Membelinya sangat mudah, sehingga tabungan emas bisa dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang, sebab nilainya yang cenderung naik.

Kamu bisa memulai memiliki tabungan emas dengan membeli satuan paling kecil sesuai dengan dana yang dimiliki. Contohnya program Mulia Tunai dari Pegadaian yang menawarkan pembelian emas batangan bersertifikat resmi. Emas yang ditawarkan mulai dari yang paling kecil 1 gr sampai 1 kg.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti pergerakan harga emas dunia. Jadi ketika harga sedang turun, kamu bisa membelinya kembali dan dijual lagi saat sedang tinggi. Maka dari itu tabungan emas sangat bagus untuk dijadikan pilihan investasi sebagai tabungan di hari tua nanti.

Peer to Peer Lending

Termasuk jenis investasi baru di Indonesia, peer to peer lending (P2P) secara umum berarti kamu meminjamkan modal ke pelaku usaha, sama seperti obligasi. Tapi menariknya, imbalan hasil investasi yang didapatkan sangat kompetitif. Tingkat keuntungan dan risiko dari P2P lending ini ada di antara obligasi negara dan saham.

Instrumen investasi ini tergolong terjangkau, bisa dimulai dari Rp 100 ribuan untuk memulainya. Bahkan dalam setahun, kamu bisa mendapat keuntungan sebesar 18%. Besaran suku bunga ini bisa meningkat sesuai compounding effect (bunga berbunga).

Prinsip Investasi Jangka Panjang

Idealnya, sebuah investasi terbaik adalah investasi dengan imbal hasil yang besar namun dengan tingkat risiko rendah. Namun umumnya imbal hasil berbanding lurus dengan tingkat risiko, sehingga sangat sulit mencari sebuah investasi yang ideal seperti itu. Jika menemukan investasi ideal, selalu pelajari lebih lanjut terlebih dahulu mengenai produk investasi tersebut.

Mengingat banyaknya investasi bodong yang merajalela dengan tawaran menggoda seperti keuntungan berkali-kali lipat secara instan. Jangan sampai menjadi salah satu korbannya dengan membekali diri mengenai pengetahuan investasi yang memadai. Ketahui kelebihan dan kerugian setiap produk investasi agar tak mudah tergoda penawaran kosong.

Salah satu pengetahuan dasar misalnya saham merupakan investasi terbaik karena harga saham yang progresif meski risikonya juga tinggi. Sedangkan reksa dana sangat aman menjadi pilihan pemula karena keberadaan manajer investasi yang mengelola dana milikmu. Selain itu, investasi berupa logam mulia berupa emas juga cocok untuk investasi jangka panjang karena harganya yang stabil.

Untuk bisa memaksimalkan instrumen investasi sehingga memperoleh keuntungan maksimal, jangan tergoda dengan tawaran keuntungan instan. Bukan hanya pengetahuan, ada beberapa prinsip investasi jangka panjang yang harus kamu pegang teguh demi mendapatkan hasil manis di masa depan.

Bagaimana, sudah siapkah kamu memilih produk investasi terbaik untuk tabungan masa depan? Tentukan sekarang juga dan pilih instrumen sesuai kepribadian kamu.

Artikel Terkait