Pilihan Investasi Terbaik Untuk Persiapan Tabungan Masa Depan

Sebagian orang masih enggan berinvestasi karena takut akan resikonya. Jadi tak heran kenapa kebanyakan  memilih untuk menabungkan saja dana yang mereka miliki. Padahal dengan berinvestasi justru akan memberikan keuntungan dan kondisi finansial pun akan terarah sekaligus terjamin.

Melalui investasi, kamu juga dapat merencanakan persiapan tabungan masa depan daripada hanya sekedar menabung di rekening bank konvensional. Hasilnya nanti dapat digunakan untuk biaya pensiun, pernikahan, pendidikan anak, dana darurat, serta impian-impian yang ingin diraih.

Oleh karena itu memilih untuk investor jadi salah satu jawaban untuk kebutuhan persiapan tabungan masa depan kamu. Siapapun pun bisa berinvestasi tanpa memandang tingkatan sosial. Ada banyak jenis produk investasi yang ditawarkan, beserta potensi  keuntungan dan kerugiannya.

Buat kamu para investor pemula yang ingin mulai berinvestasi, wajib paham terlebih dahulu kira-kira produk investasi apa yang cocok. Seperti apa sih investasi terbaik buat investor pemula untuk mempersiapkan tabungan masa depan? Ini dia ulasannya:

Deposito

Deposito merupakan tabungan berbentuk penyimpanan uang dengan sistem setoran jangka waktu, yang ditawarkan bank. Namun, penarikan dananya tidak seperti rekening tabungan biasa, melainkan hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu dan memiliki jatuh tempo. Apabila kamu menarik dana dari tabungan deposito sebelum jangka waktunya akan dikenakan penalti.

Suku bunga deposito memiliki tingkat suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa, sekitar 5% sampai 8%. Bunga tabungan deposito ini dapat kamu ambil dan kemudian disetorkan kembali untuk didepositkan di periode berikutnya. Menyimpan dana di tabungan deposito sangat terjamin karena dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan.

Reksa Dana

Reksa dana juga salah satu instrumen investasi yang terbaik untuk tabungan masa depan kamu. Untuk memulainya tak perlu modal besar, hanya Rp 100 ribu kamu sudah bisa menjadi seorang investor. Reksa dana sangat cocok buat para investor pemula yang belum paham menghitung sendiri resiko dari investasinya.

Nantinya dana yang dihimpun akan dikelola oleh manajer investasi menjadi sebuah portofolio investasi yang bisa berupa obligasi, saham, pasar mata uang, dll. Manajer investasi akan membantu kamu dalam membaca sensitifitas pasar, menghitung potensi resiko, sampai mengatur strategi yang dapat menguntungkan.

Menabung Emas

Investasi berupa tabungan emas lebih banyak dipilih orang dibandingkan reksa dana, karena nilainya yang stabil. Membelinya sangat mudah, sehingga tabungan emas bisa dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang, sebab nilainya yang cenderung naik.

Kamu bisa memulai memiliki tabungan emas dengan membeli satuan paling kecil sesuai dengan dana yang dimiliki. Contohnya program Mulia Tunai dari Pegadaian yang menawarkan pembelian emas batangan bersertifikat resmi. Emas yang ditawarkan mulai dari yang paling kecil 1 gr sampai 1 kg.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti pergerakan harga emas dunia. Jadi ketika harga sedang turun, kamu bisa membelinya kembali dan dijual lagi saat sedang tinggi. Maka dari itu tabungan emas sangat bagus untuk dijadikan pilihan investasi sebagai tabungan di hari tua nanti.

Peer to Peer Lending

Termasuk jenis investasi baru di Indonesia, peer to peer lending (P2P) secara umum berarti kamu meminjamkan modal ke pelaku usaha, sama seperti obligasi. Tapi menariknya, imbalan hasil investasi yang didapatkan sangat kompetitif. Tingkat keuntungan dan resiko dari P2P lending ini ada di antara obligasi negara dan saham.

Instrumen investasi ini tergolong terjangkau, bisa dimulai dari Rp 100 ribuan untuk memulainya. Bahkan dalam setahun, kamu bisa mendapat keuntungan sebesar 18%. Besaran suku bunga ini bisa meningkat sesuai compounding effect (bunga berbunga).

Bagaimana, sudah siapkah kamu memilih produk investasi untuk tabungan masa depan? Tentukan sekarang juga dan pilih instrumen sesuai kepribadian kamu.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait