Dunia Kerja

Mau Tahu Persyaratan Rekrutmen Bank Indonesia, Cek Di sini!

rekrutmen bank indonesia

Ajaib.co.id – Bayangkan bekerja di bank memang memberikan jaminan finansial yang menggiurkan. Apalagi di bank sentral negara seperti Bank Indonesia. Karena itu, rekrutmen Bank Indonesia selalu diserbu khususnya oleh anak muda yang bertalenta dan memiliki minat pada dunai perbankan.

Bank Indonesia berbeda dengan bank umum seperti Bank Mandiri atau Bank BCA yang menyediakan layanan perbankan bagi masyarakat umum. Bank ini lebih berfokus pada upayanya untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Meski demikian, ini bukan kerja yang mudah karena ada banyak aspek yang dilibat dalam tujuan ini. Apalagi ketika nilai tukar mata uang rupiah tengah melemah dihantam berbagai isu negatif perekonomian. Ada berbagai langkah yang harus diambil dan perlu dipertimbangkan baik-baik karena menyangkut hajat hidup masyarakat satu negara.

Untuk mengambil langkah penting inilah maka dibutuhkan SDM yang berkualitas pula. Tak heran jika secara berkala rekrutmen Bank Indonesia selalu dilakukan untuk mendapatkan bibit terbaik. Kalau kamu merasa sebagai orang yang tepat bergabung dengan bank sentral ini maka ada baiknya kamu memahami sejumlah persyaratannya.

Rekrutmen Bank Indonesia Sudah Dibuka, Jangan Lewatkan Kesempatannya

Kegiatan rekrutmen Bank Indonesia untuk karyawan BI di 2020 telah dimulai sejak September tahun lalu, yang mana kamu sebagai fresh graduate ataupun experienced bisa mencoba melamar dan mengikuti rekrutmen yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI).

Bank Indonesia (BI) merupakan bank sentral milik negara Indonesia, yang mana bank sentral ini memiliki tugas yaitu mencetak dan mengedarkan uang di negara Indonesia. Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga memiliki wewenang untuk mengambil kebijakan moneter seperti penentuan suku bunga acuan, suku bunga pinjaman dan sebagainya.

Tentu saja, Ajaib rasa nama besar dari Bank Indonesia (BI) tidak asing lagi di telinga kamu semua. Mengapa? Karena Bank Indonesia (BI) itu sendiri menempati urutan ke-18 di dunia sebagai bank sentral terbesar berdasarkan total aset yang dimiliki versi swfinstitute.org.

Jika kamu melihat fakta tersebut, berarti Bank Indonesia (BI) merupakan termasuk ke dalam 20 besar bank sentral terbesar di dunia, Bank Indonesia (BI) sering dijadikan sebagai tempat kerja impian bagi semua kalangan yang ingin berkarir dalam dunia perbankan, yang tentunya hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan harus melewati serangkaian proses rekrutmen Bank Indonesia (BI) yang begitu ketat dan selektif.

Belum lama ini, tepatnya menjelang akhir tahun 2019, Bank Indonesia telah mengadakan proses rekrutmen Bank Indonesia (BI) melalui jalur PCPM pada periode pendaftaran 14-19 September 2019. Namun, pengumuman hasil seleksi akhir penerimaan calon pegawai Bank Indonesia lewat jalur PCPM periode 2019/2020 belum diumumkan ke publik.

Biasanya penguman hasil seleksi dari rekrutmen Bank Indonesia tersebut akan dipublikasi dalam format PDF pada website resmi mereka dan kamu bisa unduh hasil seleksi tahap tersebut langsung di website. Seperti perusahaan besar layaknya BUMN, di mana biasanya proses rekrutmen biasanya hanya dilakukan setiap tahun sekali saja dengan periode pendaftaran dan pengisian formulir CV online dalam kurun waktu tertentu saja.

Persyaratan Rektrutmen Bank Indonesia (BI)

Jika kamu benar-benar ingin berkarir di Bank Indonesia (BI), kamu perlu mengetahui persyaratan administrasi dan sebagainya yang dijadikan tolak ukur dari Bank Indonesia (BI) saat membuka rektrutmen untuk karyawan baru di sana. Berikut ini informasinya:

Seperti yang sudah Ajaib jelaskan sebelumnya, Bank Indonesia (BI) rutin membuka lowongan pekerjaan setiap tahunnya untuk kualifikasi jenjang pendidikan S1 dan S2 melalui jalur PCPM yang bisa kamu ikuti setiap periode pendaftarannya.

Di mana, kamu bisa mendaftarkan diri kamu melalui website resmi mereka https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/karir/Default.aspx atau melalui email [email protected] dengan melampirkan dokumen pendukung seperti KTP, ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), transkrip nilai, SKCK, sertifikat lainnya (Bahasa Inggris dan sebagainya).

Tahapan Proses Rekrutmen Bank Indonesia (BI)

Setelah kamu sudah mengirimkan berkas lamaran kerjamu tersebut baik melalui website atau email Bank Indonesia (BI), pihak rektrutmen akan melakukan seleksi dari berkas-berkas yang dikirimkan tersebut dengan mengecek kelengkapan persyaratan dokumen dan sebagainya.

Proses rektrutmen Bank Indonesia (BI) lewat jalur PCPM itu sendiri memang harus diakui sangat panjang dengan rincian proses:

Jenis Seleksi PCPM Bank Indonesia

Seleksi Online

Pertama dimulai dari tahap seleksi administrasi dan dilanjutkan ke seleksi tes potensi dasar (TPD) dan Person-Organization Fit (POF), setelahnya dilakukan seleksi tes pengetahuan umum (TPU), tes pengetahuan kebanksetralan (TPK) dan tes bahasa Inggris.

Seleksi Offline

Kemudian jika kamu lolos akan dilanjutkan ke tahap seleksi psikologi, lanjut ke leaderless group discussion (LDG), dan melangsungkan wawancara psikologi dan melakukan seleksi tes kesehatan dan tes psikiatri, wawancara akhir, dan pra leadership dan leadership forum.

Di mana setiap tahapan seleksi atau proses rekrutmen yang telah dilakukan akan selalu diinformasikan kepada kamu terkait hasilnya melalui [email protected], SMS, dan juga menu “Lamaran Saya” di website resmi Bank Indonesia (BI).

Ajaib harap kamu jangan lelah ya! Ketika kamu sudah mengetahui dan melihat begitu banyaknya tahapan seleksi dari rekrutmen Bank Indonesia (BI) yang perlu kamu lalui untuk mendapatkan kesempatan bekerja dan berkarir di bank sentral milik negara Indonesia.

Berapa Gaji Pegawai Bank Indonesia?

Nama besar Bank Indonesia saja sudah cukup menarik bagi banyak anak muda untuk bergabung dengan perusahaan negara ini. Hanya saja, tidak ada salahnya mengetahui berapa besar gaji yang akan kamu dapatkan jika sukses menjadi salah satu karyawannya.

Setelah kamu diberikan offering letter dari Bank Indonesia (BI) dan menerimanya, umumnya gaji pokok rata-rata Bank Indonesia untuk level staf sebesar Rp 1,7 juta – Rp 4,6 juta di tahun 2018. Namun jumlah ini belum termasuk tunjangan dan lain-lain yang akan kamu dapatkan tentunya.

Tambahan dari tunjangan dan berbagai biaya lainnya cukup besar dan dijamin bisa memenuhi kebutuhanmu. Jika di tahun 2020 ini, tentu saja gaji pokok tersebut akan mengalami kenaikan dengan naiknya juga UMR di berbagai daerah.

Sejumlah tunjangan yang pasti kamu dapatkan setelah lolos seleksi rekrutmen Bank Indonesia seperti unjangan insentif (tergantung kinerja), tunjangan THR, tunjangan cuti tahunan dan tunjangan lembur (untuk staf ke bawah). Belum lagi, tiap tahun, gaji pegawai BI akan naik. Kenaikan gaji di BI didasarkan atas daya beli (cost of living adjustment/COLA) yang merujuk pada tingkat inflasi tahun 2012 yang diliris oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Karena itu, bisa dipastikan jika take home pay yang bisa kamu bawa pulang jelas lebih besar lagi. Terlebih lagi jika kamu bisa membuktikan kemampuanmu dan menjadi pegawai teladen. Saat ini pegawai Bank Indonesia berstatus sebagai pegawai kontrak meskipun secara berkala juga dilakukan perbaikan status tersebut.

Rajin-rajinlah Mengecek Informasi Terkini Terkait Pembukaan Rekrutmen Bank Indonesia (BI)

Biar kamu nggak ketinggalan informasi terkini terkait proses rekrutmen Bank Indonesia (BI), kamu bisa pantau beberapa media online nasional yang selalu update memberikan informasi terkait lowongan kerja di perusahaan BUMN dan Bank Indonesia (BI). Selain itu, kamu juga bisa pantau terus lowongan kerja Bank Indonesia melalui website resmi mereka dan juga tak ketinggalan lewat portal-portal lowongan kerja online yang kini sudah banyak tersedia di internet.

Bank Indonesia (BI) selalu membuka dan memberikan kesempatan yang sama kepada para pencari kerja dengan seleksi yang super ketat, dan secara adil. Yang mana, lolos atau tidaknya kamu dalam proses seleksi PCPM akan selalu dikabarkan melalui email resmi yang sudah Ajaib jelaskan sebelumnya sehingga kamu pun tidak perlu khawatir dan bertanya-tanya apakah kamu lolos atau tidak.

Umumnya peminat rekrutmen Bank Indonesia memang amat banyak. Tak heran jika untuk setiap proses seleksinya kamu akan mendapatkan banyak pesaing. Namun kamu tak perlu minder asalkan sudah mempersiapkan diri dengan baik. Yakinlah bahwa komptensi yang kamu miliki akan bisa membawamu menjadi salah satu staf bank negara ini.

Agar berkas lamaran kerjamu dapat diproses dan diseleksi dan dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, kamu perlu memenuhi persyaratan dan dokumen pendukung apa saja yang dibutuhkan dan tak lupa mempersiapkan diri kamu secara fisik dan mental. Dan, Jangan lupa berdoa ya guys!

Artikel Terkait