Memulai Tabungan Saham Ternyata Mudah

Memulai Tabungan Saham Ternyata Mudah

Berinvestasi di pasar modal kini tak lagi sulit bagi masyarakat awam dengan adanya inovasi berupa tabungan saham. Calon investor hanya perlu membuka tabungan khusus untuk melakukan pembelian saham. Instrumen investasi ini kini tak lagi terasa mahal dan menyulitkan dengan adanya terobosan ini.

Tabungan saham merupakan salah satu kampanye yang dijalankan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) guna mengakomodir masyakarat. Diharapakan dengan adanya program ini akan lebih banyak masyarakat Indonesia yang tertarik bergabung dengan pasar modal. Tentunya hal ini akan berdampak baik bagi perekonomian negara maupun kesejahteraan masyarakat pelaku investasi.

Kampanye yang diberi nama Yuk Nabung Saham ini juga memungkinkan kamu memiliki saham syariah maupun konvensional. Untuk menabung saham, modalnya juga sangat terjangkau cukup dengan dana sebesar Rp 100.000 saja. Masyarakat kemudian bisa menjadi nasabah tabungan saham dan mendapatkan manfaat berupa keuntungan saham.

Dengan mengikuti program ini maka kamu diajak secara rutin melakukan pembelian saham dengan dana yang dialokasikan di tabungan tersebut. Tentunya besaran keuntungan yang bisa didapatkan secara jangka panjang akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan tabungan biasa.

Gerakan memiliki tabungan saham ini sendiri sudah mulai menarik semakin banyak masyarakat menjadi investor saham. Terbukti selama beberapa tahun terakhir, jumlah investor saham di Indonesia terus meningkat. Dikutip dari Kontan, jumlah investor saham di Indonesia pada akhir 2019 lalu sudah mencapai 1,05 juta orang.

Meskipun merupakan pencapaian yang bagus namun sebenarnya jumlah tersebut masih kurang maksimal jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Dengan jumlah penduduk hampir 250 juta tentunya banyak diantaranya yang potensial untuk bergabung dengan pasar modal. Jika masih awam dan takut dengan risikonya maka tabungan saham adalah jawabannya.

Jangan Ragu Membuka Tabungan Saham, Begini Panduannya

Saat ini, tidak banyak orang yang mengetahui cara memulai tabungan saham. Hal itu karena tidak sedikit yang memiliki anggapan jika menabung saham cuma dapat dilakukan oleh orang yang mempunyai kekayaan berlimpah.

Padahal perusahaan sekuritas memberikan penawaran yang mudah bagi siapapun yang ingin memilih produk investasi. Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan orang ragu untuk memulai tabungan saham. Salah satunya adalah khawatir mengalami kerugian besar.

Hal itu karena belum banyak orang yang mendapatkan informasi yang tepat. Bahwa memilih produk investasi tidak harus dimulai dengan uang yang banyak. Kamu dapat memulai tabungan dalam jumlah sedikit.

Dengan demikian, jika kamu mengalami kerugian maka resikonya tidak besar. Perlu diketahui bahwa kamu berpotensi mendapatkan keuntungan besar dengan memulai tabungan saham sejak dini.Jika kamu sudah berencana untuk berinvestasi, maka ada hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai.

1.     Membuka Rekening

Memulainya tidak berbeda dengan menabung di bank. Hal yang wajib kamu lakukan pertama kali adalah membuka rekening saham. Setelah itu baru dapat melakukan transaksi. Namun, kamu harus melalui broker atau perusahaan-perusahaan sekuritas ketika membuka rekening ini.

Di Indonesia, banyak perusahaan sekuritas yang kredibel dan dapat kamu percaya untuk membuka rekening. Pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada umumnya, pembukaan rekening investasi saham dilakukan secara offline, dengan menyiapkan dokumen-dokumen penting. Seperti KTP atau paspor, kartu NPWP, fotokopi buku tabungan, fotokopi kartu keluarga, dan materai 6 ribu.

Selain itu, terdapat platform untuk investasi yang mampu meracik pilihan untuk investor milenial. Platform investasi tersebut adalah aplikasi Ajaib. Aplikasi Ajaib adalah aplikasi investasi reksa dana online tepercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, Ajaib memiliki ahli keuangan terpercaya dan kredibel di bidangnya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir memulai tabungan investasi di platform tersebut.

2.     Top Up Dana ke Rekening Saham agar Mendapatkan Akses ke Aplikasi Jual Beli

Transaksi jual beli saham tidak cukup hanya dengan membuka rekening. Kamu perlu melakukan top up dana ke rekening yang telah dibuat. Hal itu agar proses pembelian dapat terealisasikan. Rekening yang telah kamu isi dana tersebut, dimanfaatkan untuk melakukan pembelian di bursa efek.

Selanjutnya, kamu akan diberikan ID yang bisa kamu gunakan untuk melakukan akses ke aplikasi jual beli saham di perangkat pintarmu.

3.     Unduh Aplikasi Jual Beli Saham

Selanjutnya, segera unduh aplikasi yang dimiliki perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening. Gunanya agar kamu bisa memantau grafik pergerakan tabunganmu di mana saja kamu berada, disarankan mengunduh aplikasi tersebut melalui ponsel.

Jika kamu mempercayakan memulai tabungan saham melalui reksa dana di Ajaib, maka kamu dapat melakukan pencarian di Google Play dengan menulis kata “Ajaib”. Setelah itu akan muncul “Ajaib – Cara Mudah Berinvestasi,” kemudian kamu tinggal klik install.

Berbeda dengan saham yang pergerakannya dipantau setiap waktu, reksa dana saham hanya perlu dipantau sesekali. Sebab, danamu dipercayakan pada Manajer Investasi yang ahli di bidangnya, dan merekalah yang akan mengambil keputusan transaksi.

4.     Proses Membeli Saham

Proses pembelian instrumen ini cukup mudah. Kamu cuma perlu memastikan telah menetapkan saham yang akan dibeli. Lalu klik buy, setelah itu, masukkan jumlah pembeliannya. Sedikitnya 100 lembar atau satu lot. Bursa saham dibuka hari Senin sampai Jumat, jam 09.00 WIB sampai 12.00 WIB, dan 13.30 WIB sampai 16.15 WIB. 

Itulah beberapa tips untuk para pemula yang akan memulai berinvestasi dengan tabungan saham. Perbanyak pengetahuanmu soal investasi bersama Ajaib agar kamu mendapatkan tips dan trik yang bisa diaplikasikan. Semakin cerdas kamu berinvestasi maka semakin banyak untung yang bisa didapatkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait