4 Pertimbangan Sebelum Membuka Rekening Tabungan

membuka rekening tabungan
membuka rekening tabungan

Sudah kah kamu mengetahui tentang membuka rekening tabungan? Yuk, pelajari hal-hal ini sebagai pertimbangan agar tidak menyesal setelah terlanjur membuka rekening tabungan yang baru.

Kamu akan menjadi pelanggan yang puas jika kamu menghindari masalah besar. Sekali lagi, kamu tidak perlu mendapatkan tingkat rekening tabungan terbaik dunia (karena itu akan terus berubah). Kamu hanya perlu rekening bank yang bagus.

Berikut adalah hal-hal dasar yang akan selalu ada di manapun (dan kapan pun) kamu saat membuka rekeningmu:

Biaya, Biaya, Biaya

Bank bisa terkenal karena mengambil uang dari rekening kamu. Ada biaya pemeliharaan bulanan, biaya saldo rendah, biaya tidak aktif, biaya untuk membuat cek, dan banyak lagi. Pilih bank yang menjaga biaya rendah, dan melacak rekening kamu sehingga kamu menghindari biaya yang dihasilkan dari aktivitas yang kamu lakukan. Siapkan lansiran untuk rekening kamu dan gunakan jenis perlindungan yang tepat jika kamu membutuhkannya.

Ketersediaan Dana

Salah satu pelajaran paling sulit untuk dipelajari adalah konsep dana yang tersedia. Ketika kamu melakukan setoran ke rekening milikmu, kamu mungkin berasumsi bahwa kamu bebas menghabiskan uang itu

Sayangnya, bank memiliki aturan tentang berapa lama mereka dapat menyimpan deposit kamu, dan kamu mungkin harus menunggu seminggu atau lebih untuk menggunakan uang kamu. Pelajari aturan bank kamu, dan periksa “saldo tersedia” kamu sesering mungkin.

Penipuan dan kesalahan

Kesalahan terjadi, dan biasanya tidak menguntungkan kamu. Jika seseorang mencuri uang dari rekening kamu atau uang dihapus karena kesalahan, segera hubungi bank kamu.

Hukum melindungi kamu dari penggunaan yang tidak sah, tetapi kamu harus bertindak cepat untuk mendapatkan perlindungan penuh. Jika kamu menunggu terlalu lama, kamu akan bertanggung jawab atas kehilangan tersebut, jadi catat aktivitas di rekening kamu.

Kamu dapat menemukan kesalahan (dan belajar banyak tentang pengeluaran kamu) jika kamu mengecek buku tabungan setiap bulan.

Terlalu banyak meminjam

Bank ingin meminjamkan uang jika mereka pikir kamu akan membayar. Mereka tidak peduli dengan kemampuan kamu untuk mencapai tujuan jangka panjang kamu atau berapa banyak yang kamu belanjakan. Jangan meminjam hanya karena kamu bisa. Pinjam untuk hal-hal yang benar-benar akan meningkatkan keuangan dan hidup kamu – lakukan dengan bijak. Gunakan pinjaman yang tepat untuk pekerjaan itu, hindari utang kartu kredit dan pinjaman bayaran, dan jangan pernah meminjam jumlah “maksimum” yang tersedia.

Itu adalah hal-hal dasar yang perlu kamu ketahui sebelum membuka rekening tabungan dari bank ternama. Rekening tabungan memang sangat diperlukan, namun kamu harus mengetahui mengapa mereka bisa bertahan dan kekurangan apa yang dimiliki. Jadi, sudah kah kamu tentukan pilihanmu?

Bacaan menarik lainnya:

Andri Soemitra. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Medan : Prenada Media


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait