4 Alasan Berganti Bank dan Cara Menutup Akun Bank

alasan berganti bank
alasan berganti bank

Kamu dapat mengubah bank kapan saja kamu mau. Tetapi melakukan itu adalah suatu proses, dan dapat memicu kesalahan yang akan menghabiskan uang. Kamu mungkin tidak menjadi lebih baik setelah beralih. Ada beberapa alasan berganti bank yang cukup relevan dan masuk akal.

Bila alasan berganti bank kamu tidak ada dasarnya, lebih baik kamu tahan terlebih dahulu. Karena, belum tentu langkah yang kamu ambil merupakan opsi terbaik. Lain ceritanya kalau alasan berganti bank kamu cukup berdasar seperti hal-hal berikut.

Harga Lebih Baik

Jika kamu beralih ke tingkat rekening tabungan yang lebih tinggi, jalankan beberapa angka pada kalkulator pada bunga majemuk untuk mencari tahu berapa banyak lagi yang akan kamu hasilkan di tempat lain.

Jika kamu hanya menginginkan peningkatan pendapatan bunga, kamu dapat membuka akun baru di bank lain dan tetap mempertahankan keduanya. Rekening bank online, yang cenderung membayar tingkat bunga tertinggi, adalah pilihan yang sangat baik untuk uang yang tidak akan kamu belanjakan segera.

Karena, kamu tetap bisa membuka akun bank lain meskipun sebelumnya sudah terdaftar di bank yang lain. Contoh, kamu bisa membuka akun di bank Mandiri, dan bank pembangunan Indonesia (Bapindo) sekaligus

Biaya yang Lebih Rendah

Jika kamu ingin berganti bank untuk menghindari biaya, singkirkan dulu alternatifnya. Mulailah dengan memberi tahu bank kamu saat ini bahwa kamu tidak puas dengan biayanya dan tanyakan apa pilihan kamu.

Mereka mungkin memiliki berbagai produk (tingkat layanan) yang tersedia, yang tidak kamu sadari. Atau, memenuhi syarat untuk pengecualian biaya mungkin sesederhana mengatur setoran langsung ke rekening kamu. Bank akan memberikan solusi ke kamu jika kamu bertanya.

Lokasi Lebih Nyaman

Jika kamu menggunakan credit union atau bank luar negeri, dan kamu termotivasi untuk beralih karena perpindahan geografis, kamu mungkin tidak perlu berganti bank.

Banyak serikat kredit berpartisipasi dalam percabangan bersama, yang memungkinkan kamu menggunakan cabang-cabang serikat kredit lain untuk setoran, penarikan, dan layanan lainnya (tanpa biaya).

Evaluasi Opsi

Jika kamu memiliki hati untuk melakukan perubahan, kamu harus mencari bank pengganti. Luangkan waktu kamu di sini dan pilihlah dengan baik. Kamu tidak ingin sering berganti bank karena waktu yang dibutuhkan dan peluang untuk kesalahan.

Ini dapat menyebabkan pembayaran terlewatkan sia-sia. Pastikan untuk mempertimbangkan berbagai kandidat. Pertimbangan ini harus dilakukan secara mendalam karena tentunya ada benefit dan loss yang bisa kamu tanggung dari keputusan yang kamu buat.

Kumpulkan Data

Kamu akan kehilangan akses ke banyak informasi berharga ketika kamu berganti bank. Sebagai permulaan, kamu tidak akan dapat menelusuri riwayat rekening lama kamu. Jika kamu perlu meneliti suatu transaksi atau membuktikan kamu telah membayar sesuatu, ada banyak nilai dalam memiliki sejarah transaksi yang panjang. Unduh semua yang kamu butuhkan setelah transaksi terakhir kamu sebelum menutupnya.

Pastikan untuk:

  • Unduh pernyataan resmi: Itu dapat membantu kamu mendokumentasikan aset untuk pembelian rumah atau pinjaman lain, dan juga harus memiliki riwayat transaksi.
  • Dapatkan gambar cek penting: kamu dapat meminta salinan dari bank kamu jika sudah lebih dari beberapa bulan sejak cek dihapus.
  • Sinkronkan perangkat lunak keuangan pribadi kamu: Unduh atau ekspor transaksi untuk memudahkan pencarian, pengurutan, dan kategorisasi.

Kelola Proses

Kamu juga perlu mengelola proses penutupan akun dengan hati-hati. Sangat ideal untuk mengubah akun saat kamu dapat mencurahkan waktu untuk menyelesaikan semua tugas yang diperlukan secara terfokus.

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait