6 Cara Menabung yang Efektif dan Bisa Kamu Tiru

5 Cara Menabung yang Efektif dan Bisa Kamu Tiru
5 Cara Menabung yang Efektif dan Bisa Kamu Tiru

Menabung itu susah-susah gampang. Ya, tidak dipungkiri ini berlaku untuk kita yang berpenghasilan besar ataupun kecil. Godaan untuk tidak menabung datang seperti tamu tak diundang. Apalagi jika tagihan bulanan sudah mengintai pas bulan berganti. Semakin dirasa menabung itu menjadi beban tersendiri kendati hati kecil kita ingin sekali rasanya menambah uang di tabungan.  

Sesungguhnya jangan jadikan menabung itu jadi sebuah beban untuk kamu, tapi jadikan kebiasaan baik yang manfaatnya akan dirasakan kedepannya. Berikut ini ada tips untuk cara menabung mudah yang efektif dan bisa dicoba, salah satunya dengan mencoba tabungan berjangka.

Menabung Uang Receh

Jangan anggap sepele uang receh yang jumlahnya besarannya kecil. Pasalnya, sedikit demi sedikit jika kamu mengumpulkan uang receh setiap harinya, katakanlah besarannya Rp500 atau Rp1000, bayangkan setelah jalan selama setahun atau bahkan lima tahun. Jumlahnya pasti akan besar dan mungkin bisa digunakan untuk hal-hal bermanfaat, seperti meringankan beban cicilan atau untuk membantu biaya sekolah, modal usaha atau yang lainnya. Jadi jika di kantong ada uang receh simpanlah di tempat yang sekiranya dapat menampungnya dengan aman.

Titip Uang Tabungan ke Orang Tua

Susah untuk menabung dan masih punya orang tua, mungkin langkah ini bisa jadi pertimbangan. Orang tua terkadang bijak dalam mengelola uang. Jika orang tuamu memiliki tabungan, kamu bisa menabung di sana. Jika tidak punya tabungan, buatkanlah bagi mereka. Simpan kartu ATM dan buku tabungan di orang tuamu. Namun sebelum melakukannya alangkah baiknya kamu berkonsultasi dahulu dengan orang tua perihal ketersedian tabungan mereka digunakan oleh kita 

Coba Ikut Arisan

Cara ini juga cukup mudah dilakukan buat kamu yang sampai sekarang kesulitan buat nabung. Arisan tidak cuma jadi ajang buat kumpul-kumpul tetapi malah bisa jadi tempat menabung. Kamu bisa buat perjanjian untuk menyisihkan sekian jumlah uang. Contohnya Rp100 ribu per minggu buat 10 orang. Dalam seminggu sudah bisa terkumpul Rp1 juta. Tinggal acak nomor saja. Tidak terasa kamu dipaksa buat sisihkan uang dan bisa punya tabungan.

Namun perlu diperhatikan jika kamu mendapat giliran sebagai pemenang arisan pertaman atau di awal. Kamu harus berkomitmen untuk menyimpan dana setiap bulannya untuk membayar kewajiban kamu dalam arisan tersebut.

Munculkan Mimpi untuk Membeli Sesuatu

Kita punya sesuatu karena kita ingin memilikinya. Tetapi tidak semuanya bisa kita dapatkan dengan gratis. Buang air kecil saja sekarang bayar, apalagi jika ingin membeli mobil, motor, telepon seluler atau yang lainnya. Di mana semuanya itu perlu uang. Dengan bermimpi menginginkan sesuatu, otomatis memaksa kita untuk menabung demi meraih tujuan itu. Susah dilakukan, diperlukan tekad kuat dan kesabaran tingkat tinggi untuk melakukannya. 

Namun, jangan pernah memunculkan mimpi yang tidak berguna, seperti memenuhi gaya hidup. Kenapa? Karena gaya hidup yang buruklah yang membuat kamu sulit untuk mulai menabung. Cobalah miliki tujuan atau mimpi yang bermanfaat seperti dana pensiun, umroh atau haji, dana pendidikan, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih semangat dalam menabung demi mencapai tujuan tersebut.

Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka beda dengan tabungan biasa. Di tabungan berjangka ini bank akan mendebet secara otomatis sejumlah uang dari rekening. Kamu pun akan kena penalti dengan biaya tertentu bila menarik uang sebelum jatuh tempo atau tidak ada uang di rekening tabunganmu. Namun Tabungan berjangka bisa jadi pilihan lain buat kamu yang susah untuk menabung, karena mau tidak mau kita “dipaksa” untuk menabung. Pikirkanlah hasil positif jika kamu melakukan tabungan berjangka.

Dengan memilih tabungan berjangka, di awal pembukaannya kamu harus menentukan terlebih dulu jangka waktu yang kamu pilih, apakah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 10 tahun, bahkan ada yang bisa mencapai 240 bulan. Perlu diperhatikan juga, memulai tabungan berjangka berarti kamu harus berkomitmen untuk menabung setiap bulannya, dan tidak diperbolehkan untuk mencairkan dana tersebut sebelum jatuh temponya berlangsung. Jika dilakukan, kamu akan dikenakan denda yang jumlahnya cukup besar.

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana merupakan salah satu investasi yang digunakan untuk menyimpan dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Dalam praktiknya, Manajer Investasi didukung oleh tenaga profesional dalam pengelolaan investasi, yang terdiri dari Komite dan pengelola Investasi.

Untuk memulai investasi ini, kamu hanya perlu menyisihkan uang Rp10.000 untuk membeli reksa dana. Di bulan berikutnya, kamu bisa menyisihkan uang kembali sesuai kemampuan dan kebutuhan kamu. Untuk memulainya, kamu bisa memilih aplikasi Ajaib. Di mana, aplikasi ini membantu kamu mendapatkan uang dengan mudah dan cocok untuk menabung dan menyimpan uang kapan dan di mana saja. Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan kamu dalam menyimpan uang di perusahaan reksa dana.

Itulah beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan buat menabung secara rutin. Ingat, dengan menabung berarti kamu sudah menyiapkan masa depanmu dengan baik. Jadi, mulailah sisihkan uang untuk berinvestasi sekarang dan mulai menabung untuk masa depan!

Bacaan menarik lainnya:

Brigham, E. F. dan Houston. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait