13 Ide Bisnis untuk Anak Milenial Ini Patut Disimak

Ide Bisnis
Ide Bisnis

Milenial dikenal sebagai multitasker, fleksibel, sosial, kolaboratif, dan melek teknologi. Beberapa dari mereka mungkin bekerja sebagai karyawan di dunia kerja, tetapi yang lain mungkin memilih untuk menjadi bos mereka sendiri dan memulai bisnisnya.

Selain itu, kaum milenial juga ingin selalu mencapai keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan, dengan menjadi wirausahawan.  

Jika kamu salah satu bagian dari generasi milenial atau anggota generasi Y, dan sedang mencari ide bisnis kecil yang akan memberi lebih banyak kebebasan, berikut ini referensinya.

1. Blogging

Blogging bisa menjadi salah satu ide bisnis kecil terbaik yang bisa dimulai oleh seorang milenial. Karena generasi milenium cerdas teknologi dan sangat akrab dengan platform sosial, memulai dan mengoperasikan blog mungkin tidak sulit bagi mereka.

Keberhasilan dalam blogging dan mendapatkan penghasilan stabil tidak dilakukan dalam semalam. Namun, begitu mereka dapat membuat lebih banyak konten berkualitas tinggi di blog mereka, mendapatkan pemirsa setia, dan menghasilkan lalu lintas yang konsisten dari mesin pencari, jejaring sosial dan pengunjung langsung, mendapatkan uang dari blog dengan iklan dan sponsor akan mudah.

2. Vlogging

Apakah kamu suka merekam video? Mengapa tidak membuat saluran YouTube sendiri dan membuat video yang menghibur dan bermanfaat yang dapat bagikan secara online. Ini bukan hanya hobi sederhana, tetapi kamu bisa mulai menghasilkan uang dari iklan Google di videomu. Ingatlah selalu untuk menggunakan hasratmu dan mengubahnya menjadi keuntungan.

3. Pengembangan Situs Web

Pengembangan web adalah salah satu industri online yang paling cepat berkembang saat ini. Jika kamu tertarik mendesain web, kamu dapat membangun dan mengelola bisnis sendiri dari laptop. Karena situs web sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bisnis atau perusahaan, desain dan pengembangan web adalah ide bisnis rumahan yang populer.

4. Bisnis Penjualan Langsung

Penjualan langsung adalah ide bisnis yang baik bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa batas sambil memiliki kendali atas kehidupan mereka. Jika kamu ingin meningkatkan penghasilan tanpa melakukan investasi besar, mengapa tidak terlibat dalam bisnis penjualan langsung.

5. Desain Grafis

Apakah kamu tahu cara menggunakan Photoshop dan Illustrator? Atau apakah memiliki keterampilan dalam mendesain grafis? Mengapa tidak menggunakan keterampilan itu dalam memulai bisnis sendiri.

Keahlian desain untuk membuat gambar seperti logo perusahaan, brosur, dan identitas merek untuk aplikasi cetak atau online adalah ide yang bagus untuk memulai dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

6. Fotografi

Apakah kamu seorang penggemar fotografi? Jika ya, maka mulailah membangun studio fotografi sendiri sekarang. Fotografer sangat diminati, terutama yang suka merayakan dan mengabadikan momen dalam kesempatan berbeda.

Target pasar kamu di sini, adalah orang-orang yang akan merayakan pernikahan, ulang tahun pertama, peringatan, dan acara lainnya. Kamu juga dapat mengambil foto dan menjualnya secara online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

7. Beli dan Jual online

Dengan bantuan eBay, Craiglist, Etsy, Lazada, atau Zalora atau yang lainnya, kamu dapat mulai menjual barang-barang yang tidak lagi kamu gunakan dan butuhkan. Menciptakan, menjual, dan membeli adalah bagian dari perjalanan wirausahawan.

Kamu dapat membeli produk baru yang murah atau yang dimiliki sebelumnya, dan kemudian menjualnya kembali untuk mendapat keuntungan.

8. Pakar Pemasaran Media Sosial

Apakah kamu pandai mempromosikan merek menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube? Apakah kamu memiliki banyak pengikut? Lalu mengapa tidak menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan.

Karena orang selalu online (baik desktop maupun seluler), media sosial adalah media terbaik untuk mengiklankan dan mempromosikan bisnis. Beberapa perusahaan, restoran, atau bisnis lain mencari pakar media sosial untuk membawa merek mereka ke audiens targetnya di jejaring sosial.

9 . Bimbingan Belajar

Jika kamu pikir pandai dalam hal bahasa Inggris, Matematika, atau Sains, ada orang-orang di luar sana yang mungkin membutuhkan bantuanmu. Perasaan terbaik yang bisa kamu miliki adalah sementara kamu membantu orang lain, bisa mendapatkan keuntungan darinya. Kamu hanya harus bijak dalam menggunakan gairah dan keterampilan.

10. Bisnis Sewa

Apakah kamu memiliki gadget, instrumen, atau peralatan lain yang biasanya disewa orang? Jika ya, mengapa tidak menjadikannya sebagai bisnis? Itu tidak membutuhkan banyak uang. Yang kamu butuhkan adalah hal-hal yang dapat disewa orang untuk sehari atau keperluan sesekali.

Kamu juga dapat menggunakan Internet atau platform sosial untuk mempromosikan barang-barangmu.

11. Layanan Pembuatan Video (Videografer)

Beberapa orang menyewa videografer untuk pelatihan, acara-acara khusus, dan acara lainnya. Ini juga menjadi salah satu ide usaha yang paling diminati, karena orang-orang menghargai kenangan.

Pasca produksi adalah segala sesuatu yang terjadi pada video setelah diambil dimana Ini termasuk pengeditan, grafik gerak, efek, musik, dan sebagainya.

12. Seni dan Kerajinan

Jika kamu orang yang artistik, mengapa tidak menggunakan bakat itu untuk membuat bisnis kamu sendiri? Yang diperlukan hanyalah pikiran imajinatif kamu untuk menyelesaikan beberapa produk.

13. Bisnis Percetakan Kaos

Pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar orang-orang dan semua orang berharap untuk memiliki baju yang terlihat trendi. Jadi, kamu mungkin juga ingin melakukan bisnis seperti ini. Tergantung pada pilihan proses kamu, pencetakan kaos tidak memerlukan investasi yang sangat besar. Kamu hanya perlu memiliki desain yang disukai orang dan kualitas yang dipercaya orang.

Rahasia dalam membangun bisnis kamu sendiri adalah menyetujui pemikiran yang meragukan. Jika kamu mulai dari suatu tempat, suatu hari nanti, mengapa tidak melakukannya hari ini?

Terlepas dari bisnis apa yang ingin kamu mulai, ingatlah bahwa ada banyak peluang di luar sana menunggu untuk mengambil keuntungan. Kamu hanya harus mengambil risiko, tidak pernah takut, dan mengambil semua kegagalan sebagai pelajaran untuk tumbuh di masa depan.

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait