FAO Apresiasi Prestasi Pertanian Indonesia

FAO Apresiasi Prestasi Pertanian Indonesia

Di Indonesia, pertanian/agrikultura merupakan sektor yang menjanjikan bagi pengusaha. Ini diperkuat oleh apresiasi positif yang diberikan oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO). Mengenai lahan di Indonesia, yang merupakan model dan tempat pembelajaran bagi sektor pertanian di dunia.

Perlu dicatat bahwa Indonesia telah menjadi anggota FAO sejak 1948. Pada tahun 1978, kantor perwakilan FAO untuk Indonesia dibangun untuk memfasilitasi kepentingan birokrasi. Saat ini, FAO telah berhasil menyelesaikan 650 program. Dibantu oleh sekitar 1.600 konsultan ahli yang sesuai dengan bidangnya.

Mark Smulders yang merupakan perwakilan FAO untuk Indonesia menyatakan bahwa FAO akan memfasilitasi Indonesia. Fasilitasi ini termasuk melakukan kerja sama di kawasan Asia Pasifik, bahkan ke semua negara di dunia. Kolaborasi ini akan menargetkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) atau SDGs pada tahun 2030.

Tentunya dengan syarat, Indonesia diharuskan mampu menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan kemiskinan. Hal ini mencakup berbagai tantangan, seperti perubahan iklim, migrasi penduduk, dan urbanisasi yang terjadi di Indonesia. Kolaborasi FAO dan Indonesia akan mengarah pada pertukaran pengetahuan, teknologi dan praktik di bidang agrikultura dan pangan.

FAO di bawah komando Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menghargai sektor pertanian di Indonesia. Beberapa diantaranya mengenai program asuransi pertanian dan sistem informasi online untuk melakukan pemantauan. Berbagai aspek telah di tingkatkan, meliputi perubahan mendasar atas kebijakan-kebijakan yang menghambat pelaksanaan program.

Selain itu juga aspek penguatan peran industri hilir, perbaikan infrastruktur, penerapan asuransi, dan memperpendek rantai pasok komoditas pada industri produk pertanian.

Penghargaan ini disampaikan oleh Asisten Direktur Jenderal FAO serta Kepala FAO Regional Bangkok, Kundhavi Kadiresan kepada Mentan RI pada KTT Ketahanan Pangan Jakarta ke-4 di Jakarta Convention Center.

Menurut Kundhavi, penerapan asuransi pertanian di Indonesia berjalan dengan baik. Tidak seperti di negara lain yang masih belum efektif. Sementara itu, sistem informasi kalender tanam yang diterapkan secara online juga berdampak positif bagi petani. Sistem ini diterapkan pada aplikasi “E-Pertanian” yang dapat diakses dengan cepat oleh petani melalui smartphone.

Sebelumnya, para petani diberi penyuluhan tentang aplikasi E-Pertanian. Proses pemantauan cuaca sekarang dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi. Untuk memasuki pasar global, Kundhavi berharap Indonesia dapat menjadi promotor sistem Low External Input Sustainable Agriculture (LEISA) dan organik.

LEISA adalah sistem pertanian berkelanjutan dengan input luar yang rendah. Serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal dengan efisien, untuk terus menciptakan produk yang berdaya saing dan spesifik. Selain itu, Mentan RI juga menyatakan bahwa pencapaian ini dilakukan melalui upaya khusus atau UPSUS untuk meningkatkan sektor pertanian.

Upaya ini mencakup segala hal yang terkait untuk menghasilkan kondisi agrikultura yang sehat. Adapun beberapa aspek yang terlibat dalam UPSUS, yang membuat perubahan pada kebijakan yang menghambat pelaksanaan program, peningkatan infrastruktur, memperkuat peran industri hilir, memperkenalkan program asuransi pertanian, dan sebagainya.

Investasi yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan juga memainkan peran penting dalam meningkatkan sektor pertanian di Indonesia. Investasi di sektor pertanian juga diperkirakan akan meningkat untuk menjaga berbagai komoditas pertanian di Indonesia, untuk mengurangi produk makanan yang diimpor dari negara lain. Kerjasama antara FAO dan Indonesia diharapkan akan terus berlanjut, karena kolaborasi ini tidak hanya dilakukan untuk Indonesia, tetapi untuk negara-negara lain di dunia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Tags: , , ,
Artikel Terkait