Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

biografi pengusaha sukses
biografi pengusaha sukses

Untuk menjadi pengusaha sukses, kamu bisa membaca biografi pengusaha sukses di Indonesia. berikut ini adalah biografi yang telah dihimpun redaksi Ajaib.

Menjadi seorang pengusaha sukses di usia muda, tentunya tidak bisa dialami oleh semua orang. Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kamu membutuhkan usaha dan kerja keras.

Dengan kemampuan dan keterampilan yang diciptakan oleh kalangan anak muda, mereka berhasil menjadi pengusaha yang sukses.

Agar termotivasi untuk menjadi pengusaha sukses, kamu bisa membaca biografi pengusaha sukses di Indonesia. Dengan membaca biografi tersebut, kamu bisa mendapatkan ilmu atau inspirasi yang bisa memotivasi kamu untuk meraih kesuksesan sebagai pengusaha.

Bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses, berikut ini adalah biografi pengusaha sukses di Indonesia:

Achmad Zaky

Pendiri ecommerce Bukalapak.com ini merupakan lulusan teknik informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2004 silam.

Setelah lulus dari ITB, ia mendirikan sebuah perusahaan jasa konsultasi teknologi yang bernama Suitmedia. Zaky juga sempat membuat website yang menjadi proyek internal perusahaannya.

Proyek tersebut akhirnya menjadi awal dari kesuksesannya sebagai pendiri Bukalapak.com.

Setelah mengembangkan Bukalapak.com dalam waktu dua bulan, Zaky mengajak para pedagang mal dan UMKM untuk ikut bergabung di Bukalapak.com.

Seiring berjalannya waktu, para investor pun tertarik untuk menanam modal di Bukalapak.com. Beberapa investor yang tertarik menanam saham adalah Batavia Incubator, Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group), IMJ Investment, dan 500 Startups.

Dian Pelangi

Siapa yang tidak tahu Dian Pelangi? Hingga saat ini, ia dikenal sebagai pencetus fashion hijab dengan label namanya sendiri.

Seluruh karyanya pun sering dipamerkan di berbagai ajang fashion bergengsi, mulai dari Indonesia hingga luar negeri.

Berbagai ajang internasional yang pernah diikuti oleh Dian Pelangi adalah International Fashion Summit Paris, New York Fashion Week, Collection Premier Moscow, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, ia juga memiliki klien dari berbagai negara di dunia, termasuk selebriti Indonesia dan luar negeri. Misalnya, Bangsawan Putri Basma Binti Talal asal Yordania dan Putri Nadja asal Hanover, Jerman.

Bob Sadino

Bambang Mustari Sadino atau Bob Sadino juga menjadi pengusaha sukses yang dikenal di seluruh Indonesia.

Ia sempat mengalami jatuh bangun sebelum menjadi pengusaha yang sukses di bidang agribisnis. Bob Sadino memulai karirnya sebagai pengusaha setelah berhenti bekerja.

Bob Sadino menjadi pengusaha di bidang penyewaan mobil, kemudian ia juga menjadi supir dari mobil yang ia sewakan sendiri.

Namun, ia mengalami kecelakaan dan usaha penyewaan mobilnya pun ditutup. Lalu, Bob Sadino beralih profesi menjadi pekerja bangunan.

Saat menjadi pekerja bangunan, ia mendapatkan ide untuk menjadi pengusaha yang bergerak di bidang peternakan ayam dan telur ayam negeri. Dengan bermodalkan uang hasil pinjaman dari tetangga, ia menjalani bisnis ternak ayam dan telur yang ditawarkan kepada warga di sekitar tempat tinggalnya.

Akhirnya, ia berhasil mendirikan supermarket dengan nama Kem-Chicks. Supermarket tersebut menjual berbagai jenis produk peternakan dan pertanian paling lengkap di Indonesia.

Nadiem Makarim

Hampir semua orang sudah tahu, jika Nadiem Makarim adalah pendiri Gojek. Dibalik kesuksesan Gojek, ada usaha dan kerja keras dari Nadiem.

Sebelum mendirikan Gojek, ia sempat menempuh pendidikan SMA di Singapura, kuliah di International Relations di Brown University Amerika Serikat, dan pendidikan master di Harvard Business School.

Setelah selesai menjalani pendidikan tersebut, Nadiem bekerja di perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Zalora Indonesia, dan Kartuku.

Kemudian, ia mendirikan PT Gojek Indonesia, yaitu perusahaan atau penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia setelah aplikasinya diluncurkan pada awal 2015 lalu.

Awalnya, Nadiem melihat permasalahan dari para pengendara ojek di Indonesia, yaitu kurang produktifnya mereka karena sering mangkal menunggu penumpang. Hal itu dikarenakan adanya giliran untuk melayani penumpang.

Hingga saat ini, Gojek telah meraih prestasi yang luar biasa. Ada sekitar 10 ribu pengendara ojek yang bergabung di Gojek.

William Tanuwijaya

William Tanuwijaya merupakan pendiri dari Tokopedia. Setelah tamat SMA, ia merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya.

Kemudian, ia menempuh pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus) dan mengambil jurusan Teknik Informatika.

Setelah itu, ia bekerja sampingan menjadi penjaga warnet. Dari situlah, William mendapatkan tambahan penghasilan dan internet gratis.

Kesuksesannya pun berlanjut saat ia bekerja di perusahaan software developer dan game developer. Selain itu, William juga pernah bekerja di perusahaan jual-beli online bernama KafeGaul.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman, ia mengajak rekannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk memulai Tokopedia.com pada 6 Februari 2009.

Tokopedia akhirnya mendapatkan suntikan dana investasi pada tahun pertamanya. Lalu, Tokopedia dinobatkan sebagai perusahaan startup e-commerce terbaik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Saat ini, Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce terbesar yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses jual-beli produk.

Itulah biografi pengusaha sukses di Indonesia yang dapat menjadi motivasi kamu. Banyak pengetahuan dan pelajaran yang bisa dipetik dari kerja keras mereka untuk meraih kesuksesan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait