Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian

cv lamaran kerja
cv lamaran kerja

Ajaib.co.id – Sebelum bisa punya karir mapan, semua diawali dengan membuat Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup dan lamaran kerja. Kalau kamu sudah mengirim banyak lamaran kerja tapi belum juga ada panggilan, mungkin ada yang salah dengan cara membuat CV lamaran kerja.

Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup merupakan informasi diri dari pencari kerja atau calon karyawan. Di mana, dalam CV biasanya mencakup banyak hal terkait data diri dan informasi mengenai pencari kerja seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya.

Dengan adanya CV sebagai dokumen pelengkap ketika ingin melamar kerja, biasanya karyawan juga melampirkan surat lamaran pekerjaan. Ini menjadi salah satu intro atau ringkasan menganai data diri si pencari kerja dan bisa dijadikan sebagai acuan dalam wawancara.

Namun, pada kenyatannya banyak daftar riwayat hidup yang diabaikan oleh para HRD. Hal ini tidak lain karena kurang minatnya HRD untuk membaca lebih detail tentang daftar riwayat hidup.

Cara Membuat CV yang Baik

Membuat CV untuk melamar pekerjaan memang tricky, bahkan bagi pencari kerja yang telah memiliki pengalaman kerja memadai, sering kali tersandung masalah sama. Karena CV yang kurang menarik, sehingga perusahaan enggan melirik.

Oleh karena itu, penting diketahui bagaimana membuat CV yang benar dan mampu menarik perhatian HRD perusahaan. Pasalnya, sebuah studi mengungkapkan, dengan begitu banyaknya CV yang masuk ke perusahaan, setiap CV hanya punya 6 detik untuk bisa menarik perhatian. Maka pastikan CV kamu bisa menarik perhatian dan sesuai sasaran.

#1 Perhatikan Perusahaan Sasaran

Cara membuat CV lamaran kerja yang baik, harus memperhatikan perusahaan sasaran. Pasalnya, sama seperti semua bentuk komunikasi, mengetahui siapa audience kita merupakan hal yang penting.

Tentunya, kesan sebuah perusahaan tercermin dari iklan yang dibuat. Perusahaan dengan iklan formal, maka buatlah CV yang tampak profesional, mungkin agak kaku. Sebaliknya, banyak perusahaan start-up saat ini yang lebih easy going dalam budaya perusahaannya. Kamu pun bisa menyesuaikan.

Jika perusahaan memasang iklan dalam Bahasa Inggris atau Indonesia, maka sesuaikan juga CV yang kamu buat. Dan terutama, perhatikan apa persyaratan yang diminta perusahaan. Masukkan kualifikasi tersebut di dalam CV.

#2 Tampilan CV yang Menarik

Agar tampak menonjol, buatlah layout CV yang menarik. Tentunya, dengan memperhatikan sasaran perusahaan itu tadi. Ada banyak cara untuk membuat layout CV menarik. Microsoft Words juga sudah menyediakan berbagai layout yang bisa kamu pilih.

Selain itu, cara membuat CV lamaran kerja dengan layout menarik, juga sudah banyak disediakan oleh website khusus pembuatan CV. Mau membuat CV di handphone? Gampang. Ada banyak aplikasi pembuatan CV gratis yang bisa kamu instal dan pergunakan dengan mudah.

Agar lebih menarik perhatian, layout juga bisa disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Misalnya kalau kamu melamar untuk posisi fotografer, CV bertema foto atau kamera bisa jadi pilihan. Jika kamu ingin menjadi tour guide, CV bertema travelling tepat digunakan.

#3 Mudah Dibaca

Selain tampilan CV yang menarik, pastikan juga CV mudah dibaca. Hal ini membuat data diri kamu lebih mudah dibaca. Sehingga pihak HRD akan tertarik membaca seluruh isi CV, dan tentunya memberikan penilaian lebih.

a. Pilih huruf (font) yang mudah dibaca, dengan ukuran optimal.

b. Bagi CV menjadi beberapa seksi/kolom serta buatlah keterangan dalam butir-butir sehingga data diri kamu lebih mudah dibaca.

c. Masukkan unsur-unsur CV berikut ini :

  1. Biodata Diri : Nama, Alamat, Tempat Tanggal Lahir, No Hp, Email.
  2. Tambahkan summary berupa ringkasan perjalanan karir atau pendidikan jika kamu masih fresh graduate. Tempatkan summary di bawah biodata pribadi
  3. Pendidikan yang pernah dijalani : Nama institusi, Jurusan, IPK atau nilai UN.
  4. Pengalaman Kerja. Urutkan secara kronologis dari terbaru hingga paling lama. Jika belum punya pengalaman kerja, bisa masukkan pengalaman magang kursus atau seminar yang pernah diikuti, atau pengalaman berorganiasi.
  5. Masukkan kemampuan (skill) yang kamu miliki. Khususnya yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.
  6. Kamu juga bisa menambahkan prestasi, minat/hobi, kelebihan, serta hal lainnya yang menunjang.

Kenapa CV itu Penting dan Perlu Dibuat?

Sebagai pelamar kerja maupun HR dan perusahaan, kamu tidak sepatutnya mengabaikan pembuatan curriculum vitae (CV). Karena itulah, pastikan kamu mengetahui pentingnya membuat curriculum vitae yang menarik. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa CV penting dibuat oleh pelamar kerja.

#1 Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Perlu diketahui bahwa CV yang bagus bisa menarik dan memberikan kesan kesan pertama yang bagus. Di mana, CV merupakan salah satu dokumen yang menentukan apakah kamu akan dipanggil untuk wawancara atau tidak. Dengan CV yang baik, perusahaan akan lebih percaya untuk memberikan kesempaatan buat kamu untuk bertemu langsung dan menceritakan tentang kamu di tahap wawancara. Sedangkan, jika CV kamu saja tidak bagus, bagaimana perusahaan bisa tertarik dengan CV kamu dan memanggil kamu untuk ke tahap selanjutnya?

#2 Menunjukkan Profesionalitas

Dengan CV yang baik dan berkualitas, kamu juga bisa menunjukkan kepada perusahaan siapa diri kamu sebenarnya. Ini juga bisa membantu kamu terlihat lebih profesional sebagai pencari kerja. Mereka akan melihat seberapa seriusnya kamu melamar kerja hanya dengan mengirimkan CV yang berkualitas. Ini juga bisa memberikan kamu peluang besar jika dibanding CV yang acak-acakan dan tidak niat.

#3 Menunjukkan Keraphihan Kamu Sebenarnya

Dalam membuat curriculum vitae (CV), pasti kamu akan mencoba menentukan tata letak yang menarik dengan format sesuai. Dengan mengabaikan hal ini, perusahaan bisa melihat bahwa kamu merupakan orang yang tidak tertata sehingga kamu harus mencoba untuk selalu membuat format daftar riwayat hidup yang baik ketika melamar pekerjaan. Bentuk dan format CV yang baik juga bisa melihatkan seberapa rapih dan teraturnya kamu dalam bekerja.

#4 Menonjolkan Kemampuan Seseorang

Dengan membuat curriculum vitae (CV) yang baik dan diterima perusahaan, kamu bisa dengan mudah menonjolkan kelebihan pada diri. Namun, jangan terlalu berlebih karena hal ini bisa menjadi boomerang bagi diri kamu. Pastikan kamu menonjolkan beberapa hal sesuai posisi yang dilamar.

Itulah cara membuat CV lamaran kerja yang benar dan menarik perhatian. Jangan lupa perhatikan perosnal branding kamu dalam menawarkan diri, agar memberikan kesan profesional. Fokuslah pada apa yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan ketimbang semata-mata apa yang kamu harapkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait