Cara Memulai Bisnis Studio Rekaman

bisnis studio rekaman
bisnis studio rekaman

Jika kamu memiliki ketertarikan pada musik, atau bahkan kamu adalah seorang musisi, pastilah kamu mempunyai ketertarikan untuk memiliki pekerjaan sampingan yang pastinya tidak jauh-jauh dari pasion kamu. Memulai bisnis studio rekaman bisa menjadi alternatifnya,

Meski memulai usaha di bidang jasa rekaman ini tidak mudah, namun perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan home recording atau studio rekaman kecil merupakan cikal bakal musisi-musisi berbakat. Tentunya kamu mau dong menjadi salah satu yang berjasa dalam mengorbitkan musisi besar?

Nah, jika kamu berkeinginan merintis bisnis studio rekaman ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar usaha yang baru saja kamu rintis tidak mengalami kebangkrutan. Simak uraian berikut:

Mulailah dengan sesuatu yang simple namun berfungsi maksimal atau bahkan mampu bersaing dengan studio rekaman besar. kamu perlu memanfaatkan sesuatu yang terbatas dalam menciptakan kreativitas dan inovasi untuk lebih menghemat modal kamu tentunya.

  • Fokus pada tujuan kamu kedepannya. Dengan tetap fokus pada apa yang kamu jalani membuat kamu tidak goyah ketika kamu dihadapkan pada masalah-masalah persaingan usaha.
  • Jalinlah kedekatan dengan grup band indie atau sesekali berilah promosi harga atau diskon untuk melakukan rekaman di studio rekaman kamu.
  • Mulailah mempromosikan studio rekaman kamu melalui media sosial dan musisi-musisi yang disekitaran kota kamu.
  • Selain itu, beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dalam memulai usaha bisnis studio rekaman yakni mempersiapkan peralatan dan software pendukung untuk melakukan rekaman. Berikut beberapa yang perlu kamu persiapkan untuk membuka studio musik:

Persiapan Bisnis Studio Rekaman

Komputer

Komputer merupakan hal yang wajib dalam setiap apapun usaha kamu. Perangkat ini akan memudahkan pemindaian suara serta melakukan editing hingga siap menjadi master record atau final recording.

Audio Interface

Audio interface ini berfungsi untuk menerima transmisi signal analog dari microphone dan instrument suara di dalam studio yang kemudian akan dapat didengar melalui komputer. Melalui audio interface ini kualitas suara kamu juga bisa diatur dengan tingkat yang diinginkan.

Digital Audio Workstation

Digital Audio Workstation merupakan software yang akan kamu instal ke computer untuk menerima hasil dari suara yang ditransmisikan untuk kemudian di edit sesuai dengan kehutuhan. Selain itu software ini juga memungkinkan penambahan efek seperti EQ, compressor, reverb, noise, dan lain-lain. Beberapa yang bisa kamu gunakan seperti Adobe Audition, Cool Edit, Fruty Loop dan banyak lagi.

Microphone

Microphone adalah hal paling penting dimana microphone merupakan komponen pertama yang kamu gunakan untuk bernyanyi. Oleh sebab itu kualitas microphone jangan diabaikan karena merupakan tonggak terpenting untuk memulai rekaman, Ada tiga jenis microphone yang digunakan untuk rekaman antara lain:

  • Condenser Microphones, dimana diagfragmanya terbuat dari logam dan digantungkan pada plat statis dengan jarak terdekat sehingga keduanya terlihat sepert kapasitor.
  • Dynamic Microphones merupakan microphone yang bekerja dengan induksi elektromagnetik.
  • Ribbon Microphones adalah microphone yang menggunakan pita sangat tipis dan senstif. Pita tipis ini digantungkan pada magnet untuk memperoleh transmisi dari suara kamu.

Headphones

Headphones memiliki fungsi tak kalah penting dalam rekaman. Dengan headphone, penyanyi nantinya akan mendengar instruksi dan music yang mucul dari headphone yang nantinya ia sesuaikan dengan ketukan lagu dan tangga nadanya. Ada dua jenis headphone yang umum digunakan yakni:

  • Closed Back Headphones yakni headphone yang akan memberikan isolasi maksimal terhadap suara. Namun suaranya tidak ditangkap oleh microphone, sehingga hasil rekaman akan lebih jernih.
  • Open Back Headphones merupakan headphone yang memberikan kualitas dan detail suara lebih maksimal, hingga dapat ditangkap oleh microphone sehingga kualitas rekaman tidak jernih.

Studio Monitor

Tak ubahnya seperti headphone, studio monitor akan bekerja cukup mirip dengan headphone dengan sebuah LCD yang terpasang dalam studio. Studio monitor mempunyai frekuensi yang relative datar dengan produksi suara yang netral dan transparan. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait