Jangan Ragu, Ini Kunci Sukses Mulai Bisnis dari Nol

Jangan Ragu, Ini Kunci Sukses Mulai Bisnis dari Nol
Jangan Ragu, Ini Kunci Sukses Mulai Bisnis dari Nol

Siapa yang tidak ingin berbisnis? Selain lebih mandiri tanpa perlu bergantung dengan perusahaan, berbisnis juga akan banyak memberikan kebebasan bagi pemiliknya untuk bereksplorasi. 

Namum memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, banyak pengusaha merintis usaha mereka dari nol dan kemudian tidak terdengar lagi kabarnya dan berujung pada kebangkrutan. Oleh sebab itu mempelajari, mempraktekkan, dan memahami kunci sukses dalam memulai bisnis sangatlah penting.

Nah, agar Anda lebih optimis dan tak mudah menyerah dalam merintis bisnis dari nol, simak beberapa kunci sukses dalam memulai bisnis:

Harus yakin

Jika berniat untuk memulai sebuah bisnis, kamu bisa mulai dengan memantapkan hati untuk yakin dengan keputusan. Memantapkan hati untuk menjadi seorang pengusaha dan jangan setengah-setengah agar kamu tidak mudah goyah saat berada dalam kondisi terburuk. Mamantapkan diri penting agar kamu bisa sukses menjadi pebisnis yang konsisten dan tidak berhenti di tengah jalan.

Siapkan model bisnis

Jika kamu sudah memantapkan hati untuk menekuni bisnis, mulailah memikirkan model bisnis yang akan dibangun kedepannya. Cobalah untuk mulai mencari referensi-referensi bisnis yang sedang tren saat ini. Lalu pikirkan bagaimana kira-kira kamu akan menjalani bisnis tersebut. Sejauh apa kemampuanmu dalam memulai bisnis tersebut. Hal terpenting adalah mengukur kemampuan.

Think ‘Out of The Box’

Berpikir ‘Out of The Box’ memang diperlukan dalam sebuah bisnis. Ini adalah sebuah hal dimana Anda tidak hanya menjalankan bisnis yang juga dijalani oleh orang lain, namun bagaimana cara berinovasi dalam bisnis juga diperlukan. Misalkan saja bisnis transportasi online di mana si pengusaha sudah meralakan bahwa ini kedepannya akan menjadi solusi kaum urban dalam bertransportasi.

Buatlah ‘Visi dan Misi’ bisnis 

Selain merencanakan jenis bisnis, ‘Visi dan Misi’ tidak kalah penting. ‘Visi dan Misi’ berguna untuk menentukan fleksibilitas dan inovasi pada rintisan usaha.

Mulai dengan Mengorganisir Diri

Dengan membiasakan diri terorganisir, ini menjadi sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha. Namun, jika kamu tidak bisa mengorganisir diri, maka akan sulit bagi kamu untuk mengorganisir bisnismu. Ini adalah bekal penting ketika kamu ingin memulai bisnis.

Buat Catatan Penting

Mencatat semua hal penting yang kamu dapatkan sangatlah penting. Ini mencakup nasihat hingga tantangan yang kamu hadapi saat mengelola usaha. Ini berguna untuk masa depan kamu dan penerusmu yang akan mengetahui lika-liku bisnis dari kecil hingga besar dan berkembang.

Fokus pada Satu Bisnis

Jangan terburu-buru untuk melakukan penggandaan bisnis. Pastikan saja dulu bahwa bisnis kamu benar-benar stabil dari mulai modal, SDM serta anggaran pengeluaran dan pemasukan bisnis.

Siap dengan Kemungkinan Terburuk

Bisnis membutuhkan nyali yang kuat. Namun hanya sekedar nyali saja tidaklah cukup. Kamu harus pintar-pintar menganalisa setiap kemungkinan buruk yang terjadi. Selain itu kamu harus mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk.

Melakukan Evaluasi Berkala

Rahasia kesuksesan lainnya adalah dengan rutin melakukan evaluasi sebagai ‘proses pembelajaran’. Jadilah orang yang terbuka dan menerima segala bentuk kritik untuk memajukan perusahaanmu.

Jangan Cepat Puas

Perjalanan bisnis tidaklah semulus apa yang kamu kira. Jatuh bangun adalah hal yang lumrah dalam merintis usaha. Gunakan momen-momen tersebut untuk mengakselerasi bisnis. Dan jangan malu-malu untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait