4 Bank Yang Beri Manfaat untuk Tabungan Pendidikan Anak

4 Bank Yang Beri Manfaat untuk Tabungan Pendidikan Anak
4 Bank Yang Beri Manfaat untuk Tabungan Pendidikan Anak

Sebagai orang tua pendidikan untuk anak hukumnya adalah wajib. Namun mendapatkan pendidikan yang layak dan baik tentu memerlukan biaya.  Jika anak ingin mendapatkan pendidikan haruslah direncanakan dengan matang. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan produk tabungan pendidikan untuk anak oleh sejumlah bank. Bank memberikan produk tabungan ini dalam rangka memberi alternatif untuk orangtua menyiapkan dana masa depan. Di bawah ini adalah beberapa bank yang menawarkan produk untuk program tabungan berjangka pendidikan.

Bank BRI (Tabungan Britama Rencana)

Bagi nasabah yang berminat untuk mengikuti program Britama Rencana, BRI menawarkan beberapa ketentuan dan keuntungan antara lain bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan umum.

Kamu bebas menentukan setoran tetap bulanan. Minimum Rp100.000 dan maksimum Rp5.000.000,- (kelipatan Rp50.000,-). Kamu juga bebas menentukan jangka waktu tabungan (1-20 tahun). Dengan menabung di Britama Rencana, kamu juga bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa hingga Rp1 Miliar dan dapat dicairkan sewaktu-waktu. Bank BRI (Tabungan Britama Rencana) juga bebas biaya administrasi. Laporan mutasi rekening koran per 3 bulan. 

Bank BRI Syariah (Tabungan Impian BRISyariah iB) 

Bank BRI Syariah menawarkan produk berupa produk simpanan berjangka dari BRI Syariah untuk nasabah perorangan yang dirancang untuk mewujudkan impian nasabahnya (kurban, pendidikan, liburan, belanja). Fasilitas/Keunggulan berupa buku tabungan dan sertifikat asuransi. Gratis asuransi hingga Rp750 juta.

Setoran awal minimumnya sebesar Rp50.000 dengan setoran rutin bulanan minimum Rp50.000, dan kelipatannya. Jangka waktu 12-240 bulan (kelipatan 12 bulanan) atau hingga usia penabung saat jatuh tempo maks. 65 tahun.

Jumlah manfaat asuransi yang diberikan secara sekaligus sebesar akumulasi sisa setoran rutin bulanan yang belum dibayarkan hingga jatuh tempo, maksimum Rp750.000.000/nasabah jika tahun pertama kepesertaan, jumlah manfaat asuransi diberikan jika nasabah meninggal karena kecelakaan. Pada tahun kedua atau selanjutnya, jumlah manfaat asuransi diberikan jika nasabah meninggal, karena kecelakaan maupun bukan kecelakaan.

Ada juga santunan uang duka jika nasabah meninggal dunia karena kecelakaan dengan waktu tabungan 1 tahun sampai 5 tahun, akan mendapatkan santunan sebesar 5X setoran rutin bulanan, maksimum Rp25.000.000. Jika jangka waktu tabungan 6 tahun sampai 10 tahun, sebesar 10X setoran rutin bulanan, maksimum Rp50.000.000. Dan jika jangka waktu tabungan 11 tahun sampai 20 tahun, sebesar 20X setoran rutin bulanan, maksimum Rp100.000.000,-

BNI Tapenas

Produk ini merupakan produk yang ditawarkan oleh BNI bagi nasabah yang ingin merencanakan keuangan masa depan, sesuai dengan namanya BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan). Keungulan dari produk ini adalah  pilihan Pembayaran klaim asuransi yang fleksibel yaitu setoran bulanan dilanjutkan s.d jatuh tempo atau akumulasi setoran bulanan dibayarkan sekaligus di muka (lump sum). Tersedia dalam pilihan mata uang IDR dan USD. Rekening afiliasi harus dalam mata uang yang sama. DI tabungan ini, kamu juga bebas menentukan jangka waktu mulai 2 tahun hingga 18 tahun.

Dan juga bebas menentukan setoran bulanan mulai Rp100.000 sampai Rp5.000.000 (kelipatan Rp50.000,-) atau USD 20 sd USD500 (kelipatan USD10). Dan bebas menambah dana diluar setoran bulanan (setoran tambahan) dengan menyetor langsung ke rekening BNI Tapenas.

Kamu bisa membuka lebih dari satu rekening Tapenas BNI untuk lebih dari satu calon penerima manfaat. Ada pilihan asuransi tambahan (tanpa pemeriksaan kesehatan) dengan manfaat asuransi yang lebih besar yang terdiri dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Manfaat asuransi akan tetap diberikan walaupun nasabah memiliki pertanggungan asuransi sejenis pada lembaga asuransi lain (dapat double klaim). Nilai manfaat pertanggungan asuransi hingga Rp1,5 Miliar (BNI Tapenas IDR) atau USD150,000 (BNI Tapenas USD) per rekening Nasabah dengan nilai maksimal Rp6 Miliar (BNI Tapenas IDR) atau USD 600,000 (BNI Tapenas USD) per nasabah. Pilihan Pembayaran klaim asuransi yang fleksibel yaitu setoran bulanan dilanjutkan hingga jatuh tempo atau akumulasi setoran bulanan dibayarkan sekaligus dimuka (lump sum). Dapat dilakukan penambahan jangka waktu dan setoran bulanan.

Bank CIMB Niaga (Tabungan Pendidikan) 

Tak ketinggalan, Bank CIMB Niaga menawarkan program khusus untuk tabungan pendidikan anak. Dana pendidikan sampai Rp160 Juta, hanya dengan nabung Rp1 Juta/bulan. Keuntungan yang bisa didapatkan berupa suku Bunga tertinggi 5.00% p.a, dengan Tabungan Pendidikan ini, dana pendidikan putra-putri bertumbuh paling cepat.

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain yang bisa dapat disesuaikan dengan keinginan kamu seperti tanggal jatuh tempo tabungan. Pun dengan Setoran rutin bulanan dan setoran awal.

Dana Tabungan Pendidikan akan didebit langsung dari rekening sumber danamu (Autodebit. Layanan tabungan ini bisa kamu dapatkan diseluruh cabang CIMB Niaga. Laporan saldo & mutasi rekening akan dikirim secara rutin atau bisa dilihat melalui layanan CIMB Clicks, Go Mobile, dan Phone Banking 14041.

Itulah beberapa bank yang bisa jadi alternatif buat kamu menabung dan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak. Yuk mulai nabung sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait