Banking

Perbedaan Britama dan Simpedes yang Wajib Kamu Ketahui!

Britama vs Simpedes, Apa Saja Perbedaannya?

Ajaib.co.id – Mungkin belum banyak yang tau bahwa Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki 11 produk tabungan. Tabungan BRI Junior, Tabunganku, dan BNI Simple adalah tiga produk yang ditujukan untuk nasabah anak-anak hingga remaja. Ada pula Tabungan Haji untuk persiapan penyelenggaraan ibah haji. Yang terakhir adalah Britama dan Simpedes beserta variannya. Dalam artikel kali ini, Ajaib akan membahas perbedaan Britama dan Simpedes. Yuk lanjut baca ke bawah!

Apa itu Tabungan BRI Britama & Simpedes?

Sebelum kamu mengetahui perbedaan kedua jenis tabungan BRI Simpedes dan Britama ini, kamu harus ketahui dulu apa perbedaan keduanya.

Britama adalah produk tabungan yang menjadi masyarakat perkotaan sebagai target nasabahnya. Tabungan ini merupakan produk rebranding dari Simaskot (Simpanan Masyarakat Perkotaan). Britama memiliki lima varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu Britama, Britama Bisnis, Britama X, Britama Valas, dan Britama Rencana.

Sedangkan, Tabungan Simpedes (Simpanan Masyarakat Pedesaan) diperuntukkan untuk masyarakat daerah pedesaan. Simpedes sendiri terdiri dari Simpedes dan Simpedes TKI. Oleh karena itu, ada beberapa perbedaan mendasar antara Britama dan Simpedes. Simak penjelasan masing-masing tabungan BRI tersebut di bawah ini.

Setoran Awal

Untuk membuka rekening produk tabungan BRI Simpedes, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp100.000 untuk setoran awal. Sedangkan, untuk Britama reguler adalah produk tabungan untuk calon nasabah domisili perkotaan. Produk BRITAMA, memiliki setoran awal sebesar Rp250.000 atau Rp500.000, angka ini lebih tinggi dari BRI Simpedes reguler.

Perlu diketahui juga, nominal di atas merupakan jumlah minimum, kamu bisa membuat rekening sebesar apapun dan di atas minimal angka tersebut. Jadi, misalnya kamu memiliki uang Rp500.00 dan ingin membuka rekening Simpedes, kamu tetap bisa membukanya.

Pilihan Kartu

Selain setoran awal, fasilitas e-banking dan kartu ATM BRI menjadi pertimbangan kamu sebelum membuka rekening tabungan. Di mana, kedua jenis tabungan ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal ini. Untuk nasabah Britama dapat memilih antara dua, yaitu kartu classic dan gold. Kartu classic diberikan untuk nasabah yang menyetor Rp250.000 di awal. Namun, nasabah yang menyetor sebesar Rp 500.000 ke atas dapat memilih antara keduanya sesuai keperluan.

Produk Turunan Britama

Kedua tabungan BRI tersebut memiliki produk turunan dengan keuntungannya masing-masing. Britama reguler dibagi lagi menjadi Britama Bisnis, Britama X, Britama Valas, dan Britama Rencana. Britama Bisnis adalah tabungan yang cocok untuk pebisnis karena aksesibilitas, limit yang lebih tinggi, dan bunga yang lebih besar dari produk-produk lainnya. 

Britama Valas dan Rencana dapat menjadi produk investasi. Britama Valas memiliki bunga yang kompetitif, sedangkan Britama Rencana cocok untuk investasi jangka panjang hingga puluhan tahun karena bunganya yang tinggi. Selanjutnya ada Britama X yang segmen nasabahnya adalah anak muda. Britama X memiliki berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi online dan belanja. Selain itu, nasabah hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk biaya administrasi bulanan tabungan ini.

Produk Turunan Simpedes

Simpedes reguler memiliki persyaratan pembukaan rekening dan fitur yang lebih sederhana. Karena setoran awal minimalnya hanya Rp100.000, kartu debit/ATM yang diberikan juga ala kadarnya. Nasabah Simpedes diberikan kartu BRI Card dengan limit transaksi per hari yang lebih sedikit dibanding yang varian Britama. Selain itu, kartu ini tidak dilengkapi dengan logo Visa, Mastercard, Cirus, dan lain-lain sehingga tidak bisa digunakan untuk debit online dan di ATM luar negeri.

Sesuai dengan namanya, Simpedes TKI hanya diperuntukkan untuk tenaga kerja Indonesia di luar negeri. BRI bekerja sama dengan PPTKIS untuk menyalurkan dan menampung gaji pahlawan devisa negara tersebut. Perbedaan utama Simpedes TKI dan reguler adalah minimal setoran awal Simpedes TKI yang hanya Rp 10.000. Selain itu nasabah BRI juga diberikan kartu debit Classic dengan fitur yang lebih banyak dari BRI Card.

Syarat Pembukaan Rekening Tabungan BRI

Ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi ketika ingin membuka rekening BRI. Apa saja syarat dan dokumen yang perlu kamu ketahui.

a. Fotocopy KTP atau Kartu pelajar untuk nasabah yang masih di bangku sekolah atau belum mencapai usia 17 tahun.

b. Mempersiapkan setoran awal seperti yang disebut di atas.

c. Uang ganti materai sebesar Rp6.000.

d. Bagi kamu yang sudah memiliki NPWP, kamu bisa melampirkannya.

Setelah syarat dan dokumen telah kamu lengkapi, silakan datang ke kantor cabang BRI terdekat yang bisa kamu temukan hingga pelosok desa. Kamu bisa melakukan pembukaan rekening langsung melalui customer service. Selain pendaftaran di unit kerja BRI, pembukaan rekening juga bisa dilakukan secara online di eform.bri.co.id.

Jika kamu memilih untuk membuat langsung ke kantor cabang terdekat, kamu akan diberikan frmulir yang harus dilengkapi dan diidi dengan benar. Jika sudah selesai, kamu bisa menyerahkan lagi kepada customer service. Ketika seluruh dokumen sudah lengkap, pembuatan rekening akan segera diproses dan kamu akan dibuatkan buku tabungan dan kartu ATM. Kamu juga akan diminta untuk menyerahkan setoran awal ke teller. Jika hal tersebut sudah kamu lakukan, pembukaan rekening sudah berhasil dan kartu ATM bisa segera digunakan.

Asuransi Kecelakaan Diri

Setoran awal dan biaya administrasi BritAma lebih mahal daripada Simpedes, namun sebagai nasabah BritAma kamu akan mendapatkan fasilitas dan keuntungan lain yang lebih banyak, salah satunya asuransi kecelakaan. Di mana, semua pemilik tabungan Britama berhak mendapatkan asuransi kecelakaan diri hanya dengan melakukan setoran awal pembuatan rekening minimal Rp500.000. Tidak tanggung-tanggung, besaran asuransi tersebut cukup tinggi, yaitu 250% dari saldo atau maksimum Rp150.000.000.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Walau memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tabungan BRI menawarkan fitur-fitur sesuai segmen nasabahnya. Banyaknya varian tabungan di BRI menembus berbagai kelas sosial calon nasabahnya. Kamu tinggal memilih yang mana yang cocok untuk kebutuhanmu. Jangan lupa juga cek kelebihan dan kekurangannya sebelum kamu memilihnya.

Sebelum mengambil keputusan layanan atau produk BRI yang kamu inginkan, kenali kebutuhan dan kemudahan yang kamu cari dari penggunaan layanan atau produk perbankan. Kemudian cocokkan dengan tawaran produk yang disediakan BRI. Hal ini akan membantu kamu lebih puas terhadap layanan dan produk BRI yang kamu pilih. Jadi, mana yang kamu pilih? Selain menabung, jangan lupa untuk investasi. Karena dengan investasilah kamu bisa menabung dengan keuntungan yang mengikuti inflasi. Sehingga memudahkan kamu merencanakan masa depan dengan baik. Jadi, jangan lupa investasi di Ajaib sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Ascarya. (2007). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait