Rumah Tangga Masa Kini

Contoh Lembaga Sosial, Peran dan Fungsinya

Contoh Lembaga Sosial

Di Indonesia, ada banyak lembaga sosial. Namun lembaga tersebut ada yang memiliki perhatian sama ataupun berbeda-beda. Bahkan kita berada di antaranya. Enggak percaya? Cek contoh lembaga sosial di sekitarmu?

Pengertian Lembaga Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial, yang memiliki hubungan timbal balik dengan manusia lainnya. Manusia membutuhkan peran dari sesamanya. Manusia butuh kehidupan yang teratur. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan kemunculan lembaga sosial.

Antropolog, Koentjaraningrat, memiliki pengertian secara umum lembaga sosial. Menurutnya, lembaga sosial merupakan satuan norma khusus yang menata serangkaian tindakan berpola. Tindakan ini untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada umumnya, lembaga sosial berdiri berdasarkan nilai dan norma atau aturan yang diciptakan oleh dan diterapkan masyarakat untuk mengatur sesama agar hidup damai. Tetapi tidak semua norma bisa dikatakan lembaga sosial.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak karakteristik lembaga sosial dari John Conen adalah:

●   Bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat.

●   Pola perilaku sudah menjadi bagian dari kebudayaan yang ada dan disadari para anggota.

●   Memiliki nilai pokok yang bersumber dari anggotanya.

●   Adanya ketergantungan antar lembaga sosial di masyarakat. Jika salah satu lembaga berubah, yang lain bisa terpengaruh. Meskipun antar lembaga sudah memiliki nilai, rangkaian pola, norma, dan perilaku yang telah tersusun.

●   Memiliki simbol kebudayaan tertentu dan tata krama perilaku.

●   Mempunyai ideologi sebagai dasar atau orientasi kelompok.

●   Mayoritas diterima oleh masyarakat, meski mereka berpartisipasi atau tidak.

Syarat dan Fungsi Lembaga Sosial

Antropolog Koentjaraningrat menyatakan sebuah lembaga sosial harus memenuhi syarat, yaitu:

●   Suatu tata kelakuan baku, dapat berupa norma maupun adat istiadat yang hidup dalam ingatan maupun tertulis.

●   Terdapat kelompok manusia yang menjalankan kegiatan bersama dan saling berhubungan, berdasarkan sistem norma tersebut.

●   Pusat aktivitas yang bertujuan memenuhi kebutuhan tertentu, berdasarkan apa yang disadari dan dipahami oleh kelompok yang bersangkutan.

●   Sistem aktivitas tersebut disadarkan atau dibiasakan kepada kelompok dalam suatu masyarakat dan dalam jangka waktu tertentu.

●   Memiliki perlengkapan dan peralatan.

Sedangkan fungsi lembaga sosial menurut sosiolog Soerjono Soekanto adalah:

●   Memberikan pedoman kepada masyarakat mengenai pemenuhan kebutuhan. Seperti bagaimana mereka harus bersikap menghadapi masalah yang muncul atau bagaimana hidup berkembang di lingkungan masyarakat.

●   Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk melakukan sistem pengawasan masyarakat terhadap anggotanya. Hal ini upaya dari pengendalian sosial.

●   Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan.

Contoh Lembaga Sosial

Berbicara mengenai contoh lembaga sosial, hal itu tak bisa dipisahkan dari jenisnya. Adapun jenis lembaga sosial adalah:

#1 Lembaga keluarga

Ini adalah lembaga terkecil yang ada pada masyarakat sekaligus lembaga pertama yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya lembaga ini tercipta karena pernikahan. Contohnya adalah kamu dan keluarga di rumah.

Perlu diketahui juga, lembaga ini memiliki beberapa fungsi ekonomi, fungsi produksi, fungsi proteksi, fungsi sosialisasi, fungsi afeksi, fungsi pengawasan sosial, dan fungsi pemberian status. Contoh lembaga keluarga di Indonesia seperti KUA (Kantor Urusan Agama), pengadilan agama, lembaga perlindungan anak, KPAI, BKKBN, Posyandu, PKK, dan masih banyak lagi.

#2 Lembaga pendidikan

Contoh lembaga sosial pendidikan adalah lembaga sosial yang berperan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman melalui proses pendidikan dari tingkat dasar dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM, mengubah prilak ke arah yang lebih baik, mengembangkan bakat dan keterampilan untuk kepentingan diri sendiri maupun masyarakat.

Lembaga ini juga memiliki beberapa fungsi seperti sarana pengembangan dan pelestarian kebudayaan, tempat pengembangan bakat, hingga memperpanjang masa rama.

Ada beberapa contoh lembaga pendidikan mulai dari institusi sekolah, les, atau kursus. Misalnya, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Atas, Sekeloh Menengah Pertama, Les Membaca, Kelompok Bermain, dan sebagainya.

#3 Lembaga ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan lembaga yang berperan penting dalam aktivitas yang ada di bidang perekonomian. Lembafa ini memiliki beberapa fungsi sepeti menjaga kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup masyarakat terpenuhi.

Selain itu, juga bisa menjadi pedoman dalam menentukan harga barang yang akan dijual, sebagai pedoman mendapatkan modal, hingga pedoman dalam aktivitas perputaran ekonomi masyarakan.

Contoh lembaga ini seperti Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan, dan sebagainya.

#4 Lembaga agama

Lembaga keagamaan merupakan lembaga sosial yang mengatur kehidupan manusia dalam beragama, baik agama islam, hindu, budha, kristen, katolik, dan agama lainnya. Lembaga ini berfungsi mengatur kehidupan penganut agama secara individu, hubungan dengan sesama maupun Tuhan.

Selain itu, lembaga ini juga harus memastikan kerukunan antar umat beragama, sarana pembantu dalam pencarian identitas moral sebagai sarana peningkatan solidaritas kelompok, kohesi sosial, keramahan dalam bergaul, dan sebagainya. Contoh dar lembaga ini adalah MUI, KWI, Walubi, PGI, dan lainnya.

#5 Lembaga politik

Lembaga politik adalah lembaga sosial yang berperan penting dalam menunjang keberlangsungan proses pembentukan, pembagian kekuasan sebagai proses pengambilan keputusan. Lembaga ini memiliki beberapa fungsi seperti mengatur proses kegiatan politik, mewujudkan ketertiban di dalam maupun luar negeri, dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat.

Lembaga ini bertugas menangani administrasi dan tata tertib umum agar masyarakat dalam keadaan aman dan tenteram. Contoh dari lembaga ini di Indonesia seperti DPR, MPR, DPRD, Mahkamah Agung, dan sebagainya.

#6 Lembaga hukum

Lembaga hukum merupakan lembaga yang mengatur tentang tata tertib hidup bermasyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan.

Karena tidak semua anggota masyarakat mengerti tentang hukum dan ketika berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada untuk siap membantu. Lembaga ini berfungsi dan berkewajiban untuk memastikan bahwa masyarakat bisa hidup dengan aman, nyaman, dan terhindar dari bahaya yang mengancam jiwa, raga, dan kepemilikan seperti polisi, mahkamah agung, dan sebagainya.

#7 Lembaga kebudayaan

Lembaga budaya ialah lembaga sosial yang berperan untuk menjaga dan mengembangkan kebudayaan, seni, lingkungan, dan keyakinan yang dimiliki oleh masyarakat yang merupakan hasil dari cipta, karya, karsa masyarakat itu sendiri.

Lembaga ini bertujuan untuk mengembangkan seni budaya, pengetahuan, pendidikan, dan hal-hal yang menyertainya di kepentingan negara maupun masyarakat. Misalnya lembaga seniman budaya muslim Indonesia, Lembaga Peduli Seni Batu bara, Lembaga Kebudayaan Betawi, Festival Seni Budaya Anak Indonesia, Yayasan Lembaga Budaya Nusantara, dan sebagainya.

#8 Lembaga kesehatan

Lembaga ini berorientasi pada pelayanan kesehatan dan memiliki tujuan untuk menjadikan seluruh masyarakat sehat secara mental maupun fisik. Terkadang ada banyak aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan yang dilaksanakan lembaga kesehatan ini secara cuma-cuma untuk memastikan masyarakat sehat. Ada beberapa lembaga kesehatan yang ada di Indonesia seperti Puskesmas, Kliknik, Rumah Sakit Umum, dan sebagainya.

Itulah beberapa hal meenganai lembaga sosial dan contoh lembaga sosial sudah diatur sedemikian rupa untuk kepentingan masyarakat. Tujuannya pun untuk menciptakan keteraturan hidup antara masyarakat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait