Apa Itu Lingkungan Bisnis & Faktor yang Ada di Dalamnya?

Apa Itu Lingkungan Bisnis & Faktor yang Ada Didalamnya?
Apa Itu Lingkungan Bisnis & Faktor yang Ada Didalamnya?

Lingkungan bisnis masih merupakan faktor yang sering disepelekan oleh para pebisnis. Padahal, lingkungan yang positif akan berdampak kepada produktivitas. Memiliki karyawan yang bahagia dan ekosistem organisasi yang baik tentunya akan membuat jalur komunikasi yang bagus, sehingga bisnis yang kamu miliki akan berjalan dengan baik dan akan mengalami kesuksesan dalam jangka panjang.

Lalu sebenarnya apa yang disebut dengan lingkungan bisnis dan faktor apa saja yang harus ada didalamnya?

Memahami Lingkungan Bisnis

Untuk memahaminya, kamu harus lebih dulu menganalisis tiap elemen yang ada dalam istilah ini.

Pertama, istilah lingkungan bisa dipahami sebagai sesuatu yang mengelilingi atau kondisi aktivitas spesifik yang tengah berlangsung.

Kedua, karena kita tahu perusahaan bisnis adalah entitas sosial yang dibuat berdasarkan struktur hierarkis yang di mana setiap orang teraktivasi bersama untuk mencapai tujuan kolektif.

Maka, lingkungan bisnis adalah setiap faktor di dalam atau luar organisasi bisnis yang berpengaruh besar terhadap aktivitas bisnis. Dengan kata lain, lingkungan di luar dan dalam bisa memengaruhi menciptakan bisnis.

Pentingnya Memahami Lingkungan Bisnis

Karena lingkungan bisnis memberikan dampak kepada kesuksesan, skala, visi hingga strategi pengembangan bisnis, maka memahami isu ini harus menjadi prioritas para pimpinan.

Setelah mereka mengetahui tentang efek positif dan negatif lingkungan bisnis yang ada, maka mereka bisa memproduksi strategi penting untuk mengontrol situasi yang bisa dan tidak bisa diprediksi. 

Faktor Dalam & Luar yang Memengaruhi

Pertama, kamu harus memahami bahwa apa saja variasi dari faktor internal eksternal tergantung dari ukuran, tipe dan status bisnismu. Namun, kamu bisa menemukan faktor kunci lingukngan bisnis dengan menganalisis kategori di bawah ini.

a. Faktor internal

  1. Perencanaan dan kebijakan
  2. Penawaran nilai
  3. Sumber daya manusia
  4. Sumber daya pemasaran dan finansial
  5. Citra korporat dan merek
  6. Peralatan dan perlengkapan
  7. Manajemen tenaga kerja
  8. Hubungan antar karyawan
  9. Ketergantungan sumber daya teknologi
  10. Struktur organisasi
  11. Kualitas dan struktur infrastruktur
  12. Operasional
  13. Prakiraan finansial

b. Faktor eksternal

  1. Konsumen
  2. Pemasok
  3. Kompetitor
  4. Publik
  5. Media dan pemasaran
  6. Talenta
  7. Ekonomi makro
  8. Sikap politik
  9. Penggunaan teknologi

Seperti yang telah disinggung di atas, lingkungan bisnis yang baik tentunya akan berbanding lurus dengan kesuksesan sebuah bisnis. Itulah kenapa, kamu penting untuk memahami bahwa tidak ada lingkungan yang sempurna, namun kamu bisa membuat lingkungan yang sekondusif mungkin dengan berbagai tips yang telah dijelaskan di atas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait