5 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Penghasilan Fantastis!

5 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Penghasilan Fantastis!
5 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Penghasilan Fantastis!

Bisnis sampingan karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan kurangnya modal. Banyak juga karyawan yang memiliki anggapan bahwa mereka harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tidak heran beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha.

Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut. Berita baiknya, kamu bisa menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil. Berikut rekomendasi ide usaha sampingan karyawan yang perlu kamu coba.

Membuka Jasa Laundry

Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi kamu yang ingin memulai jasa laundry. Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak terdapat mahasiswa dan karyawan swasta.

Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan kamu peroleh sebesar 15% sampai 25% (asumsi tarif laundry Rp4.000-Rp6.000 per kilogram).

Menjual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjanjikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta memiliki omzet hingga Rp20 triliun setahun. Jika kamu ingin berbisnis pulsa, kamu bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik bisa diaktifkan melalui telepon genggam kamu sehingga relatif tidak merepotkan.

Jasa Cuci Motor

Di lingkungan kamu banyak pemilik motor? Jika ya, mengapa tidak coba membuat jasa cuci motor. Jenis usaha cuci motor ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Menjadi Desain Grafis

Kamu karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis? Kamu bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa membuat jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth, dan interior. Jangan khawatir kalau di lingkungan tempat kerja kamu belum atau tidak ada konsumennya. 

Kamu bisa memanfaatkan pasar desainer online yang ada di Indonesia. Bila bisa berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jasa Les Privat

Jika kamu memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik, keterampilan tersebut bisa kamu jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan kamu sehingga kamu tidak melupakannya. Sebagai contoh, kamu yang mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal kamu.

Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat kamu dalam memiliki usaha sampingan. Karena banyak usaha sampingan untuk karyawan yang hanya membutuhkan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Jadi, pilih salah satu dari ide usaha sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi kamu. Setelah itu, buat rancangan bisnisnya sehingga kamu bisa mengelola usaha sampingan tersebut dengan baik tanpa mengganggu produktivitas kerja kamu sebagai karyawan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait