13 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Penghasilan Fantastis!

5 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Penghasilan Fantastis!
5 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Penghasilan Fantastis!

Bisnis sampingan karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan kurangnya modal. Banyak juga karyawan yang memiliki anggapan bahwa mereka harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tidak heran beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha.

Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut. Berita baiknya, kamu bisa menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil. Berikut rekomendasi ide usaha sampingan karyawan yang perlu kamu coba.

Membuka Jasa Laundry

Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi kamu yang ingin memulai jasa laundry. Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak terdapat mahasiswa dan karyawan swasta.

Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan kamu peroleh sebesar 15% sampai 25% (asumsi tarif laundry Rp4.000-Rp6.000 per kilogram).

Menjual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjanjikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta memiliki omzet hingga Rp20 triliun setahun. Jika kamu ingin berbisnis pulsa, kamu bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik bisa diaktifkan melalui telepon genggam kamu sehingga relatif tidak merepotkan.

Untuk memulainya, kamu bisa menawarkannya langsung kepada tetangga sekitar atau orang sekitarmu yang sedang membutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa memulai ide bisnis sampingan ini dengan membuka toko online di beberapa marketplace atau ecommerce. Jadi, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik sekaligus mendapat keuntungan yang jumlahnya tidak main-main.

Jasa Cuci Motor

Di lingkungan kamu banyak pemilik motor? Jika ya, mengapa tidak coba membuat jasa cuci motor. Jenis usaha cuci motor ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Dengan membuka usaha sampingan ini kamu bisa mendapatkan keuntungan cukup besar, apalagi saat ini sedang memasuki musim hujan, biasanya keuntungan yang bisa didapatkan bisa 2 kali lipat bahkan 3 kali lipat.

Menjadi Desain Grafis

Kamu karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis? Kamu bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa membuat jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth, dan interior. Jangan khawatir kalau di lingkungan tempat kerja kamu belum atau tidak ada konsumennya. 

Kamu bisa memanfaatkan pasar desainer online yang ada di Indonesia. Bila bisa berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jasa Les Privat

Jika kamu memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik, keterampilan tersebut bisa kamu jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan kamu sehingga kamu tidak melupakannya. Sebagai contoh, kamu yang mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal kamu.

Bisnis Katering

Banyak karyawan yang tidak sempat menyiapkan sarapan ketika ingin memulai aktivitas kantor. Ada juga banyak dari mereka yang merasa bingung dan tidak ada waktu untuk membeli makanan ketika siang hari. Ini menjadi salah satu peluang bisnis buat kamu yang juga masih menjadi seorang karyawan. Mulailah dengan membuka bisnis katering dan menawarkan bisnis kamu ke teman-teman sekitar, mulai daru nasi kuning, bubur, nasi uduk untuk sarapan, dan menu lainnya untuk makan siang.

Menjual Produk Secara Online

Saat ini siapa yang tidak pernah merasakan pengalaman berbelanja online melalui marketplace ataupun media sosial lainnya? Kini kamu bisa dengan mudah menjual barang apapun melalui internet. Hanya bermodalkan internet, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan lebih mudah dan mendapat penghasilan hingga jutaan rupiah.

Pedagang Musiman

Meski hanya berbisnis di musim tertentu, omzet yang didapatkan bisa berlipat-lipat ganda dibanding hari biasanya. Misalnya, ketika menjelang idulfitri, kamu bisa menjual perlengkapan baju muslim, kue lebaran, ketupat, perlengkapan solat, dan sebagainya. Nah, sebentar lagi hari valentine tiba, kamu juga bisa mencoba untuk menjual cokelat ataupun bunga.

Fotografer

Peluang usaha ini bisa memberikan keuntungan yang tidak main-main. Buat kamu yang hobi fotografi, kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai salah satu peluang yang menjanjikan dan untuk menambah pendapatan. Kamu bisa mulai menawarkan jasa tersebut ke teman, misalnya ke teman yang ingin melakukan prewedding, atau bisa juga ke teman yang ingin merayakan ulang tahun. Selain menjanjikan, pekerjaan sampingan ini tidak akan mengaganggu pekerjaan utama, karena biasanya dilakukan di weekend atau di saat hari libur bekerja.

Penulis Lepas

Selain hobi foto, bagi kamu yang juga suka menulis, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan. Cobalah untuk menawarkan jasa penulisan ke beberapa perusahaan. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk mengisi konten di dalam website perusahaan dan untuk meningkatkan traffic pelanggan mereka. Selain mengasah kemampuanmu menulis, pekerjaan ini juga bisa untuk membantu perusahaan dikenal banyak orang dan kamu adalah bagian dari perkembangan perusahaan tersebut.

Penerjemah

Di era digital seperti saat ini banyak sekali perusahaan dari luar negeri yang melakukan kerja sama dengan perusahaan di dalam negeri, dan sebaliknya. Bagi kamu yang memiliki skill bahasa inggris maupun bahasa lainnya, kamu bisa memanfaatkan skill kamu untuk menjadi seorang penerjemah. Baik penerjemah naskah ataupun penerjemah yang membantu perusahaan melakukan komunikasi dengan pihak luar.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi tour guide yang akan membantu turis asing untuk menjelajah di Indonesia. Selain mendapat penghasilan lebih, kamu juga bisa melakukan jalan-jalan secara gratis, juga berkenalan dengan warga negara asing. Menarik bukan?

Influencer di Social Media

Hanya bermodalkan followers yang banyak, kamu sidah bisa memulai bisnis sampingan yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Untuk memulainya pun mudah, kamu hanya perlu memproduksi konten yang sedang tren atau sesuai dengan passion kamu, kemudian memposting dan membagikannya melalui social media.

Misalnya, kamu bisa membuat video reiw YouTube tentang tempat makan di Indonesia maupun luar negeri, atau kamu bisa memposting foto travel dan membuat caption yang menceritakan mengenai konten tersebut. Setelah followers kamu cukup banyak dan interaksinya cukup baik, akan banyak perusahaan yang akan menghampiri social media kamu. Dan dari situlah kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Saat ini tarif influencer untuk satu kali posting bervariatif, mulai dari Rp200 ribuan hingga ratusan juta.

Agen Properti

Meski nilainya sedang turun, properti masih menjadi salah satu kebutuhan banyak masyarakay Indonesia. Aset yang satu ini juga tidak pernah mengalami depresiasi atau penurunan nilai harga jual, baik rumah, apartemen, ataupun ruko, semua jenis properti ini secara umum memiliki harga jual yang meningkat seiring dengan waktu.

Nah bagi kamu yang sedang mencari bisnis sampingan dan tertarik dengan dunia properti, kamu bisa memanfaatkan peluang ini. Kamu hanya perlu mencari informasi tentang perusahaan agen properti yang menerima agen lepas. Kemudian cobalah pelajari sistem komisi dan bonusnya, juga pahami mengenai properti itu sendiri, mulai dari lokasi, struktur bangunan, dan sebagainya.

Jumlah komisi yang kamu peroleh dari penjualan properti bervariasi tergantung kesepakatan developer dan perusahaan agen. Umumnya komisi ini berada di angka 1% hingga 3% dari jumlah transaksi penjualan. Bayangkan berapa banyak komisi yang kamu terima setelah berhasil menjual rumah dengan harga RP1 Miliar?

Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat kamu dalam memiliki usaha sampingan. Karena banyak usaha sampingan untuk karyawan yang hanya membutuhkan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Jadi, pilih salah satu dari ide usaha sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi kamu. Setelah itu, buat rancangan bisnisnya sehingga kamu bisa mengelola usaha sampingan tersebut dengan baik tanpa mengganggu produktivitas kerja kamu sebagai karyawan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait