5 Ide Pekerjaan Mahasiswa Terbaik untuk Kamu

5 Ide Pekerjaan Mahasiswa Terbaik untuk Kamu

Berstatus sebagai mahasiswa memberikan banyak pengalaman baru bagi banyak anak muda. Salah satu yang paling utama ialah tantangan untuk hidup jauh dari orang tua mulai mengatur keuangan sendiri. Tak jarang banyak merasa kekurangan dan mencari pekerjaan mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan sendiri bukan semata dicari karena kiriman dari orang tua terbatas. Banyak yang memutuskan untuk kerja di sela-sela jadwal kuliah demi membeli barang idaman atau sekedar bebas secara finansial dari orang tua. Sayangnya tidak semua pekerjaan cocok dilakoni oleh mahasiswa.

Ada banyak faktor yang menentukan suatu pekerjaan cocok bagi mahasiswa. Mulai dari jadwal kuliah, gaji sampai dengan jam kerja. Kamu harus jeli memilih kerja paruh waktu yang sesuai dengan jadwal aktivitasmu. Jangan sampai terlalu fokus kerja sampingan malah studimu keteteran.

Pastikan kerja part time yang kamu ambil juga tidak terlalu berat sehingga menghabiskan waktu dan energimu. Tentu saja niatanmu untuk menjadi mandiri secara finansial bukan alasan untuk terlalu memforsir diri sendiri. Karena itu, saring dengan tepat niatanmu bekerja part time dan pekerjaan apa saja yang bisa kamu lakukan.

Rekomendasi Pekerjaan Mahasiswa yang Tak Bakal Ganggu Kuliahmu

Tidak semua orang dilahirkan menjadi pribadi yang beruntung di dunia ini. Hal ini pula yang dirasakan oleh sebagian kalangan mahasiswa yang harus berjuang untuk membiayai kuliah dengan usahanya sendiri.

Memang seperti diketahui, masa-masa kuliah di perguruan tinggi biasanya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Namun, tidak semua mahasiswa yang bisa merasakan hal tersebut. Mereka harus pintar-pintar memutar otak untuk membiayai kuliah. Tak jarang dari mereka harus bekerja sampingan, untuk menambah uang jajan guna meringankan beban orangtua.

Kini, seseorang dituntut menjadi orang yang serba kreatif yaitu dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Terlebih lagi, bekerja saat masih menyandang status mahasiswa memiliki keterbatasan dalam soal waktu dan kualifikasi yang dimiliki.

Waktu bekerjamu terbatas karena masih harus kuliah. Kamu juga belum bisa melamar pekerjaan sungguhan karena ijazah yang terbatas sehingga sementara harus puas dengan jenis pekerjaan part-time. Ada sejumlah jenis pekerjaan mahasiswa yang bisa dipertimbangkan misalnya saja menjadi guru les privat bahasa inggris, pemandu wisata, atau ojek online.

Hanya saja tidak semua orang mampu menjalani sejumlah pekerjaan di atas. Mungkin kamu bisa mencari referensi pekerjaan sampingan untuk anak mahasiswa lainnya yang bisa dipertimbangkan. Cobalah gencar mencari di media sosial atau bertanya pada teman-teman kampusmu. Kalau masih terbatas, coba lihat 5 jenis pekerjaan mahasiswa yang direkomendasikan oleh Ajaib seperti berikut.

  • Content Writer

Saat ini, kita sudah memasuki era digital dengan bantuan internet. Semua hal yang dipasarkan di internet butuh konten termasuk pula artikel. Tren ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan hobi dan bakat menjadi penulis. Yang tentu saja bisa menghasilkan uang. Jika kamu mahasiswa, kamu bisa mulai menawarkan jasa kamu di situs-situs freelance.

Hal ini dirasa menjadi keuntungan tersendiri bagi para mahasiswa dikarenakan selain menyalurkan hobi, kamu juga bisa menghasilkan uang dari hobi kamu tersebut. Salah satunya adalah sebagai content writer. Pekerjaan ini juga menjadi peluang untuk mencoba skill kepenulisanmu.

Kelebihan lainnya pula adalah pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Cukup berbekal laptop dan jaringan internet, kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini. Mulai dari ketika di kos-kosan atau di kampus sembari menunggu jadwal kuliah berikutnya.

Ini menjadi peluang kerja yang baik. Jika kamu memang memiliki kreatifitas dan imajinasi yang luar biasa, dalam merangkai sebuah kata-kata. Kamu bisa dibayar sebesar Rp200.000 / artikel, menarik bukan?

  • Menjadi SPG/SPB

Kalau ide pekerjaan mahasiswa yang satu ini, tentu saja tidak asing lagi di telinga kamu. Demi mengisi waktu luang kamu ketika mungkin sedang libur kuliah, kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai SPG/SPB event. Karena hanya bekerja ketika sedang ada event, waktumu tidak akan tersita terlalu banyak.

Umumnya event yang banyak membutuhkan SPB atau SPB dilangsungkan ketika akhir pekan. Tentu saja ini cocok dengan jadwal kuliahmu yang pastinya libur setiap akhir pekan bukan? Kamu juga bisa mendapatkan hiburan dari event yang kamu datangi.

Biasanya kamu akan dibayar paling kecil Rp85.000/hari bahkan ada yang dibayar Rp550.000–Rp700.000/hari. Bayaran tersebut tergantung dari brand atau kemampuan menjual produk yang kamu miliki.

  • Fotografer

Kalangan anak muda memang dikenal suka mengabadikan momen ataupun suatu hal yang dianggap keren, dalam bentuk dokumentasi foto. Jika ini memang sudah menjadi kebiasaan dan hobi kamu maka saatnya memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Kenapa skill fotografi tersebut tidak coba kamu tawarkan?

Kamu bisa bekerja sebagai freelance atau part-time untuk posisi fotografer, seperti pada acara pernikahan sahabat atau keluarga terdekat. Bisa pula menawarkan diri sebagai fotografer acara anak-anak. Kamu bisa memberikan harga yang lebih terjangkau dibandingkan fotografer ternama namun tetap memberikan kualitas yang maksimal.

  • Barista

Anak muda khususnya bagi kamu yang masih mahasiswa pasti menjadikan tempat minum kopi sebagai tempat nongkrong. Jika kamu rajin ke coffee shop dan mampu duduk disana selama berjam-jam. Mungkin saja ini bertanda baik sebagai “jodoh” untuk pekerjaan kamu.

Bisnis kopi bukan saja peluang bagi banyak calon pengusaha. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari tren kopi ini selain sebagai konsumen yang rutin membeli segelas kopi. Kamu bisa mulai melamar di coffee shop tersebut sebagai part-timer barista.

Jam kerja di coffee shop tersebut bisa disesuaikan dengan jam kuliah kamu di kampus. Kapan lagi kamu sebagai penikmat kopi sambil belajar sebagai peracik kopi, bukankah ini sebuah pengalaman baru? Tentu saja, selain mendapat pengalaman baru kamu juga mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Translator

Memiliki kemampuan berbahasa asing bukan hanya memberikan kesempatan menjadi guru les bahasa pribat saja. Kamu juga bisa menjajal menjadi seorang penerjemah atau translator. Ide pekerjaan mahasiswa ini memang terdengar membutuhkan skill yang mumpuni dalam mengerjakannya.

Mengapa? Ini bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Karena kamu harus memenuhi kualifikasi, seperti menguasai salah satu bahasa asing. Jasa penerjemah ini begitu populer bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Perancis, dll.

Tentunya memberikan penghasilan cukup menjanjikan dan bisa menambah tebal dompet kamu. Kamu bisa mendaftar pada sejumlah agensi atau memasarkan diri lewat media sosial. Dengan tarif yang terjangkau dan hasil pekerjaan yang memuaskan dijamin jasamu akan ramai digunakan oleh banyak orang.

Kelima ide pekerjaan mahasiswa diatas bisa coba kamu lakukan untuk menambah uang jajan dan membantu biaya kuliah. Percayalah pada prosesnya, pasti tidak ada yang instan. Tetapi jika sudah diberikan peluang tersebut, gunakanlah dengan sebaik-baiknya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait