5 Ide Pekerjaan Mahasiswa Terbaik untuk Kamu

5 Ide Pekerjaan Mahasiswa Terbaik untuk Kamu

Tidak semua orang dilahirkan menjadi pribadi yang beruntung di dunia ini. Hal ini pula yang dirasakan oleh sebagian kalangan mahasiswa yang harus berjuang untuk membiayai kuliah dengan usahanya sendiri.

Memang seperti diketahui, masa-masa kuliah di perguruan tinggi biasanya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Namun, tidak semua mahasiswa yang bisa merasakan hal tersebut. Mereka harus pintar-pintar memutar otak untuk membiayai kuliah.

Tak jarang dari mereka harus bekerja sampingan, untuk menambah uang jajan guna meringankan beban orangtua. Kini, seseorang dituntut menjadi orang yang serba kreatif yaitu dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Nah, bagi kamu yang masih mahasiswa mungkin 5 ide pekerjaan dibawah ini bisa menjadi opsi terbaik untuk menambah uang jajan.

  • Content Writer

Saat ini, kita sudah memasuki era digital dengan bantuan internet. Tren ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan hobi dan bakat menjadi penulis. Yang tentu saja bisa menghasilkan uang. Jika kamu mahasiswa, kamu bisa mulai menawarkan jasa kamu di situs-situs freelance.

Hal ini dirasa menjadi keuntungan tersendiri bagi para mahasiswa dikarenakan selain menyalurkan hobi, kamu juga bisa menghasilkan uang dari hobi kamu tersebut. Salah satunya adalah sebagai content writer.

Ini menjadi peluang kerja yang baik. Jika kamu memang memiliki kreatifitas dan imajinasi yang luar biasa, dalam merangkai sebuah kata-kata. Kamu bisa dibayar sebesar Rp200.000 / artikel, menarik bukan?

  • Menjadi SPG/SPB

Kalau ide pekerjaan mahasiswa yang satu ini, tentu saja tidak asing lagi di telinga kamu. Demi mengisi waktu luang kamu ketika mungkin sedang libur kuliah, kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai SPG/SPB event.

Biasanya kamu akan dibayar paling kecil Rp85.000/hari bahkan ada yang dibayar Rp550.000–Rp700.000/hari. Bayaran tersebut tergantung dari brand atau kemampuan menjual produk yang kamu miliki.

  • Fotografer

Kalangan anak muda memang dikenal suka mengabadikan momen ataupun suatu hal yang dianggap keren, dalam bentuk dokumentasi foto. Jika ini memang sudah menjadi kebiasaan dan hobi kamu.

Kenapa skill fotografi tersebut tidak coba kamu tawarkan? Kamu bisa bekerja sebagai freelance atau part-time untuk posisi fotografer, seperti pada acara pernikahan sahabat atau keluarga terdekat.

  • Barista

Anak muda khususnya bagi kamu yang masih mahasiswa pasti menjadikan tempat minum kopi sebagai tempat nongkrong. Jika kamu rajin ke coffee shop dan mampu duduk disana selama berjam-jam. Mungkin saja ini bertanda baik sebagai “jodoh” untuk pekerjaan kamu.

Kamu bisa mulai melamar di coffee shop tersebut sebagai part-timer barista. Jam kerja di coffee shop tersebut bisa disesuaikan dengan jam kuliah kamu di kampus. Kapan lagi kamu sebagai penikmat kopi sambil belajar sebagai peracik kopi, bukankah ini sebuah pengalaman baru? Tentu saja, selain mendapat pengalaman baru kamu juga mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Translator

Ide pekerjaan mahasiswa ini memang terdengar membutuhkan skill yang mumpuni dalam mengerjakannya. Mengapa? Ini bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Karena kamu harus memenuhi kualifikasi, seperti menguasai salah satu bahasa asing.

Jasa penerjemah ini begitu populer bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Perancis, dll. Yang tentunya memberikan penghasilan cukup menjanjikan dan bisa menambah tebal dompet kamu.

Kelima ide pekerjaan mahasiswa diatas bisa coba kamu lakukan untuk menambah uang jajan dan membantu biaya kuliah. Percayalah pada prosesnya, pasti tidak ada yang instan. Tetapi jika sudah diberikan peluang tersebut, gunakanlah dengan sebaik-baiknya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Tags: , ,
Artikel Terkait