Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Dapat Uang di Internet untuk Penghasilan Tambahan

cara dapat uang di internet

Ajaib.co.id – Cara dapat uang di internet ternyata lebih dari sekadar berjualan barang melalui online marketplace. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ada beberapa cara dapat uang di internet.

Bahkan, cara dapat uang di internet juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menambah penghasilan. Namun, kamu juga harus berhati-hati jika ingin mendapatkan uang melalui internet. Saat ini sudah banyak penipuan online yang mengincar orang lain, termasuk kamu.

Cara dapat uang di internet juga bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan setiap bulannya, seperti kebutuhan keluarga, kebutuhan pribadi, simpanan, asuransi, dan lainnya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan dari Cara Dapat Uang di Internet

Sebelum membahas cara dapat uang di internet, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Menyiapkan Perangkat Pendukung

Jika kamu ingin mendapatkan uang di internet, pastikan kamu sudah mempersiapkan perangkat pendukung untuk mengakses. Kamu bisa memanfaatkan smarthone atau laptop untuk mengakses internet sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Memiliki Koneksi Internet yang Memadai

Selain itu, pastikan juga memiliki koneksi internet yang memadai. Untuk pengguna Android, kamu bisa memilih paket internet dari beberapa provider yang menyediakan layanan internet. Kemudian, untuk pengguna laptop, kamu membutuhkan penyedia layanan ISP yang memberikan fasilitas.

3. Pelajari Cara Dapat Uang di Internet

Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya harus mempelajari cara dapat uang di internet terlebih dahulu. Selain itu, kamu bisa mempelajari hal mengenai SEO, cryptocurrency, dan masih banyak lainnya.

4. Siapkan Akun Media Sosial

Jangan lupa juga untuk menyiapkan akun yang akan digunakan untuk mendapatkan uang di internet, terutama media sosial. Untuk e-mail, kamu bisa menggunakan akun yang berbeda dengan milik pribadi. Misalnya, kamu membuat akun Gmail yang baru.

5. Punya Rekening Bank

Kamu juga harus memiliki rekening bank. Lalu, disarankan untuk dipisahkan dengan rekening yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kamu berniat untuk mendapatkan uang di internet, jangan lupa untuk membuat akun PayPal agar kamu dapat menerima pembayaran dengan mudah.

Cara Dapat Uang di Internet

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara dapat uang di internet, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

1. Mengisi Survei Online

Apakah kamu pernah mengisi survei? Ternyata, survei online bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Untuk mendapatkan uang di internet, kamu hanya perlu mengisi survei online yang disediakan.

Setelah menyelesaikan survei tersebut, kamu akan mendapatkan poin berupa reward. Poin yang dikumpulkan tersebut nantinya bisa ditukarkan dalam bentuk mata uang. Beberapa situs yang menyediakan survei online adalah YouGov Indonesia, ViewFruit, Clixsense, OpinionWorld, SurveyOn, dan lainnya.

2. Menjual Foto dan Video Online

Apakah kamu memiliki kemampuan di bidang fotografi? Jika iya, kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan dari hobi tersebut. Sebab, masih banyak orang yang bersedia untuk membayar foto atau video yang dipasang melalui internet.

Kalau kamu berminat, bisa memasukkan foto atau video melalui beberapa situs, seperti shutterstock.com, fotolia.com, Istockphoto.com, Bigstockphoto.com, stockfresh.com, dan lainnya.

3. Menjual Desain

Bagi kamu yang tertarik di bidang desain, bisa menjual hasil karyamu kepada orang lain. Kamu bisa mendapatkan uang dengan menjual karya desainmu yang sudah dibuat. Kamu bisa menjual karya-karyamu melalui situs TeeSpring.com. Pangsa pasar yang dituju oleh situs tersebut adalah Amerika Serikat dan Eropa.

4. Membuat Artikel SEO Friendly

Apakah kamu tahu, bahwa sebuah situs atau website bisa populer karena adanya artikel. Artikel yang kamu lihatlah bukan sembarang, karena ada artikel SEO Friendly yang membuat traffic pengunjung meningkat.

Saat ini, banyak perusahaan yang ingin memiliki situs atau website sendiri. Mereka membutuhkan artikel untuk mengisi situs tersebut, karena dapat mendatangkan traffic yang bagus. Bagi kamu yang mampu menulis artikel SEO Friendly, bisa menjadikan hobi tersebut sebagai penghasil uang tambahan. Harga artikelnya pun beragam, mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000 per artikel.

Untuk bisa menulis artikel SEO Friendly, kamu bisa mempelajari atau mencarinya di blog yoast.com dan kissmetrics.com, atau menelusurinya di Google. Beberapa situs yang menyediakan pekerjaan tersebut adalah Projects.co.id, Freelancer.co.id, Guru.com, dan lainnya.

5. Menjadi Social Media Evaluator

Sama seperti survei online, namun social media evaluator sedikit berbeda pekerjaannya. Dengan menjadi social media evaluator, kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada hubungannya dengan berbagai iklan yang tayang di sosial media.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu diminta untuk menyediakan waktu selama empat jam dalam satu hari. Nantinya, kamu akan dikirimi sebanyak 20 iklan per harinya.

Jika kamu berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, akan mendapatkan uang sebesar US$5 atau Rp65.000. Artinya, dalam satu bulan kamu bisa menghasilkan Rp1.950.000 sebagai social media evaluator.

6. Membuat Tutor Online

Jika kamu memiliki kemampuan di mata pelajaran tertentu, bisa membuat tutor online. Dengan cara tersebut, kamu bisa membantu anak-anak untuk mengerjakan tugas secara online. Saat ini, layanan tutor online yang membuka lowongan adalah Ruang Guru dan Quipper. Kalau sudah mahir, kamu bisa mendapatkan uang di internet tanpa modal.

7. Membuat Website Sendiri

Jika kamu tertarik di dunia blogging, bisa mencoba membuat website sendiri. Isi dari website kamu pun bisa beragam, tergantung dari ketertarikanmu di bidang tersebut.

Kalau website tersebut sudah jadi, bisa mendaftarkan ke Google AdSense agar mendapatkan uang dari iklan yang ada di website kamu. Semakin banyak pengunjung website kamu, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan banyak uang dari Google.

8. Penulis Lepas

Bagi kamu yang hobi menulis dan memiliki skill di bidang tulis menulis, kamu bisa coba menawarkan keahlian kamu dengan membuka jasa penulis lepas. Saat ini banyak perusahaan yang butuh penulis lepas untuk membantu mempromosikan bisnisnya, mulai dari membuat konten pada blog, membuat brosur, dan sebagainya.

Dengan menjadi penulis lepas, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Karena biasanya bagi pemula, kamu bisa mendapatkan uang minimal Rp25 ribu – Rp50 ribu per artikel. Sedangkan bagi kamu yang sudah berpengalaman, kamu bisa mendapatkan uang mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

9. Menjadi YouTuber

Bagi kamu yang suka membuat konten video dan ingin mencari uang lewat internet, kamu bisa membuat channel YouTube dan menjadi YouTuber atau Vlogger. Buatlah konten yang menarik dan sedang tren sehingga bisa menarik banyak orang untuk mengunjungi channel YouTube kamu.

Dengan menjadi YouTuber, bukan cara memulai bisnisnya saja yang menyenangkan, tapi pendapatan yang bisa kamu terima pun cukup besar. Misalnya, kamu bisa mendapatkan endorse dari produk atau brand yang membutuhkan seperti mereview produk, membuat konten unboxing, dan sebagainya.

Selain dari promosi tersebut, kamu juga bisa mendaftarkan akun kamu untuk Google AdSense, sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube hanya dengan membuat konten. Cara kerjanya adalah, semakin banyak pengunjung dan viewers kamu di YoiTube, maka semakin besar juga pendapatan yang akan kamu dapatkan.

10. Menjadi Investor Reksa Dana atau Saham

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari Internet adalah dengan memulai investasi reksa dana ataupun saham melalui aplikasi Ajaib. Hanya dengan modal Rp10 ribu untuk reksa dana dan Rp100 ribu untuk saham, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Kuncinya, kamu hanya perlu memonitor pasar saham atau pasar reksa dana dengan rutin.

Selain itu, kamu juga harus bisa melakukan analisa terkait masalah kinerja perusahaan, laporan keuangan, dan sebagainya. Sehingga, kamu bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual investasi tersebut.

Nah, untuk memulai investasi di Ajaib, kamu bisa melakukannya secara online, kapan dan di mana saja. Sehingga, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu di luar untuk mendaftar investasi di Ajaib.

Artikel Terkait