Kedai Kopi, Bisnis 2020 yang Booming Hingga Kini

bisnis-kopi
Kedai Kopi, Bisnis 2019 yang Terus Booming Hingga Kini

Kemana pun kamu pergi, kamu pasti sering menemui kedai kopi kekinian yang berkonsep grab-and-go. Beberapa tahun ke belakang, bisnis ini semakin berkembang pesat hingga kini. Secara tidak langsung, bisnis kedai kopi ini bisa dibilang sebagai bisnis 2020 yang booming.

Ingat kedai Kopi Tuku? Pada awal Juli 2017, kedai tersebut pernah membuat heboh karena mampirnya Presiden Joko Widodo dan keluarga untuk sekedar mencicipi dan meminum kopi Tuku. Setelah itu, perbincangan Jokowi dan pemilik kedai, Andanu Prasetyo, ramai dibicarakan, disusul cerita sukses sang pemilik.

Karena efek presiden, perlahan-lahan banyak entrepreneur yang mulai tertarik untuk mengikuti jejak Kopi Tuku dan mulai membuka kedai kopi. Sehingga konsep grab-and-go seperti Kopi Tuku bermunculan bak jamur. Kopi susu plus gula aren pun menjadi menu favorit kedai kopi kekinian.

Fakta Bisnis Kopi Menjadi Tren Bisnis

Mengapa kedai kopi menjadi bisnis 2020 yang bisa terus booming hingga sekarang? Jawabannya adalah bisnis kedai kopi kekinian menjanjikan dari segala segi.

Kedai kopi kekinian adalah tempat alternatif penikmat kopi selain kedai kopi waralaba. Dari segi kualitasnya tak kalah dari waralaba. Karena ada pemilik kedai yang membeli dan meracik biji kopi langsung dari petani, ada yang membeli dari pemasok tangan pertama, mereka juga punya barista profesional, plus tempat yang bersih bahkan ada yang berkolaborasi dengan co-working space.

Sedangkan dari segi harga, kedai kopi kekinian mematok harga terjangkau. Yang tak kalah penting, peran teknologi telah membantu promosi dan penjualan entrepreneur. Karena promosi bisa dilakukan di media sosial. Pembeliannya pun bisa datang langsung, memesan lewat ojek online, hingga melalui aplikasi milik kedai kopi. Alhasil kedai kopi kekinian berhasil memikat hati millenial yang ingin menyeruput kopi berkualitas dengan harga ramah kantong. Terlebih milenial adalah orang kerap jajan dan tidak mau ketinggalan tren kekinian, termasuk soal makanan dan minuman.

Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian

Kalau kamu ingin memulai bisnis kopi kekinian dan menjadi salah satu bisnis yang sedang booming, perhatikan pasar dan lawan main. Kamu harus punya diferensiasi dari pesaing. Sebelum buka kedai, sebaiknya lakukan persiapan dan riset kecil-kecilan.

a. Bahan baku. Sebelum buka kedai, kamu harus menentukan bahan baku, seperti kopi, susu, krimer, gula aren, sirup perasa, dan bahan baku lainnya. Tentukan tempat membeli bahan, alternatif tempat membeli, dan lainnya.

b. Menu. Karena kedai kopi, yang pasti menu andalannya kopi. Ada baiknya kamu bikin menu lain sebagai diferensiasi dari pesaing. Misalnya kopi susu regal rhum, lemon lime soda, atau kudapan seperti jajanan pasar atau fish and chip. Untuk kudapan, kamu bisa kerjasama dengan penjual makanan dengan sistem untung yang telah disepakati.

c. Peralatan, packaging, dan perawatan. Ini tak kalah penting, peralatan membuat kopi dan perawatannya. Kamu mau beli mesin atau manual brew dan perawatannya. Jangan lupa buat pesan gelas packaging, mesin sealer, sedia sedotan atau tidak, sampai sedia plastik atau paper bag.

d. Konsep dan lokasi. Sudah punya lokasi atau belum? Kalau belum jangan khawatir, karena kamu bisa menjual kopi melalui layanan ojek online. Kalau sudah menentukan lokasi, sesuaikan dengan konsep kedai. Mau yang grab-and-go, kafe mini, kios, dan lainnya.

e. Manajemen keuangan. Meski kamu menjalankan bisnis skala kecil, ada baiknya mengatur keuangan kedai secara profesional. Kamu bisa memanfaatkan software laporan keuangan UKM dengan harga terjangkau.

Jangan lupa promosi ke media sosial dan nantikan pesanan pelanggan ke kedaimu. Tidak salah, bisnis 2020 booming layak disematkan kepada kedai kopi kekinian. Nah, selain bisnis kopi, ada beberapa jenis usaha yang cukup menjanjikan dan menjadi peluang usaha menguntungkan di tahun 2020. Apa saja itu? Simak beberapa peluang usaha yang menjanjikan di 2020:

#1 Bisnis Makanan

Selain kopi atau minuman lainnya seperti boba, kamu bisa membuka usaha makanan misalnya ayam geprek, bakso, cemilan, dan sebagainya. Kenapa begitu? Ya, pemerintah Indonesia telah menargetkan bisnis makanan bisa terus tumbuh dan menungkat hingga 9%. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar. Yang terpenting, kamu harus bisa melakukan promosi dengan baik dan tetap menjaga kualitas dari makanan yang akan dijual. Dengan kualitas yang terjaga, pelanggan kamu bisa terus kembali dan tidak akan ada bosannya.

Selain itu, kamu bisa menambahkan sisi unik dari produk makanan tersebut, misalnya dengan membuat tempat unik, packaging unik, atau bisa juga penamaan menu yang membuat orang penasaran.

#2 Membuka Jasa Fotografi

Saat ini banyak perusahaan maupun orang pribadi mencari jasa fotografer untuk kebutuhan mereka. Misalnya saja, perusahaan yang menjual makanan, mereka membutuhkan fotografer untuk melakukan foto produk yang menarik dan bisa menggugah selera orang yang melihatnya. Atau juga bisa selebgram atau influencer yang membutuhkan fotografer untuk membantu mereka memasarkan produk dari pelanggan yang membutuhkan jasa influencer. Ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak akan ada matinya dan cocok untuk kamu coba, terutama jika kamu memiliki hobi dan skill di bidang ini.

#3 Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan menjadi salah satu tren bisnis di tahun 2020. Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa kamu buat untuk menjadi bisnis, mulai dari boneka kain, lilin aromaterapi, mainan anak, guci, dan sebagainya. Selain bisa menghasilkan keuntungan besar, bisnis ini juga bisa memberikan rasa senang, terutama bagi kamu yang menyukai seni.

Dengan proses yang begitu panjang, kerajinan tangan biasanya juga memiliki harga yang cukup tinggi, Misalnya saja piring keramik atau guci, di mana satu barang terjual saja kamu bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta.

#4 Makeup

Bisnis ini menjadi salah satu peluang usaha yang tren dan manjadi perhatian. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang tinggi, hanya bermodalkan skill merias orang dan alat makeup yang lengkap, kamu sudah bisa menjadi makeup artist dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Jika kamu tidak memiliki keahlian ini, kamu bisa mengikuti kurus makeup untuk mengasah bakat merias wajah ini. Kamu bisa mulai dengan membuka jasa makeup untuk wisuda, pernikahan, prewedding, lamaran, dan make up acara resmi lainnya.

#5 Kreasi Mahar

Bagi kamu yang hobi berkrasi, kamu bisa mencoba ide bisnis rumahan kreasi mahar, kotak hantaran, kotak cincin, dan perlengkapan pernikahan lain yang saat ini sedang tren, terutama di pernikahan milenial.

Kamu bisa mencoba bisnis ini dengan mempelajari teknik membuat perlengkapan mahar melalui internet. Cobalah mulai dengan membantu pernikahan teman, saudara, atau tetangga sekitar rumah. Kemudian jangan lupa untuk memfoto hasil kreasi kamu tersebut untuk kamu pamerkan melalui sosial media. Biasanya desain yang sedang menjadi andalan ialah desain dengan tema retro yang dihiasi sentuhan bunga, kayu, daun dan pernak Pernik lainnya agar nuansa unik semakin terasa.

Itulah beberapa jenis ide dan peluang usaha yang akan booming di tahun 2020. Dengan mengetahui ide-ide bisnis di atas, kamu bisa lebih mudah untuk memulai usaha dengan tepat. Cobalah pikirkan usaha apa yang cocok dan bisa membuat kamu bahagia menjalankan bisnis tersebut. Nah, setelah menentukan, kamu bisa mulai mempromosikannya melalui berbagai media. Untuk membuat dan meningkatkan daya tarik, kamu bisa memasarkannya melalui online. Yuk mulai usaha kamu sekarang juga dan raih keuntungan kamu sebanyak-banyaknya dengan memulai usaha dengan fokus dan serius!

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait