3 Waralaba Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

waralaba makanan
waralaba makanan

Waralaba makanan adalah bisnis yang sangat potensial di belahan dunia manapun. Berbagai franchise makanan yang mungkin sangat dikenal seperti KFC, Starbuck, atau Burger King. Melansir dari thebalance.com, bisnis waralaba sangat menguntungkan salah satunya karena memanfaatkan imej brand atau produk yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia atau istilahnya ‘mindshare’.

Imej ini yang kemudian menjadi jaminan kualitas atau rasa dalam peluang usaha ini. Kita paham benar jika ayam goreng KFC rasanya di mana saja akan tetap sama dengan kriuk tepungnya yang nikmat. Inilah yang disebut sebagai ‘mindshare’ di antara konsumen. Dengan demikian, bisnis kuliner waralaba bisa menghemat biasa promosi dan pengembangan produk karena pakem yang sudah tersedia ini.

Bisnis franchise makanan juga berkembang pesat di Indonesia dan menghasilkan banyak produk atau merk populer. Kesuksesannya bahkan sudah sampai ke negara sekitar dengan membuka cabang mancanegara. Berikut ini adalah lima waralaba makanan asli Indonesia yang sukses go international.

Jco Donuts

Generasi milenial pasti sangat akrab dengan merk donat ini. Kehadirannya tahun 2005 silam berhasil menggeser nama besar lain seperti Dunkin Donats di konsumen Indonesia. Franchise ini merupakan produk UKM lokal Indonesia yang kemudian berkembang pesat.

Gerai brand yang juga populer dengan kopi dan yoghurtnya ini pertama kali dibuka di Tangerang. Hanya dalam waktu 2 tahun, Jco berhasil membuka gerai di Singapura, Australia dan Hongkong. Saat ini paling tidak ada 60 gerai di negara tersebut ditambah Filipina dan Hongkong. Gerai lokalnya sendiri sudah ratusan tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CFC

CFC yang merupakan singkatan dari California Fried Chicken (CFC) adalah produk waralaba lokal. Menu dan namanya memang mirip dengan ayam goreng cepat saji dari Amerika Serikat namun asli dari Indonesia. Pemilihan namanya sendiri memang dimaksudkan untuk menyasar pasar mancanegara.

Niatan ini tak sia-sia karena CFC punya banyak cabang di negara tetangga. Cabang franchise ini paling banyak berada di Cina, diawali dengan 20 gerai sekaligus pada 1996. Kini jumlahnya sudah ratusan termasuk di Malaysia dan Singapura.

Kebab Baba Rafi

Makanan gerobakan ini juga adalah waralaba makanan Indonesia yang sukses di pasar mancanegara. Siapa sangka jika makanan khas timur tengah ini kini menjadi waralaba kebab tersukses di dunia di tangan pengusaha Indonesia. Berdasarkan data Kemendag yang dikutip dari Tempo.com, saat ini ada 60 gerai Kebab Baba Rafi di luar Indonesia.

Cabang tersebut tersebar di 8 negara termasuk Bangladesh, Belanda, dan Sri Langka. Pertama kalinya merk ini dibawa ke negara tetangga, Malaysia pada 2009 silam. Secara keseluruhan, saat ini merk ini sudah memiliki 1200 cabang baik di Indonesia dan luar negeri.

Bisnis waralaba cocok untuk memulai bisnis dengan modal yang cukup besar namun tidak ingin mengambil resiko dengan produk baru. Bisnis waralaba makanan dilakukan dengan membeli lisensi dagang dengan biaya awal dan royalti. Biaya ini untuk merk, logo, sistem bisnis dan hak untuk menjual produknya. Adapula yang mendapatkan panduang untuk promosi dan pemilihan lokasi strategis.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait