Selain Modal, Ini Cara Memulai Bisnis UKM

Selain Modal, Ini Cara Memulai Bisnis UKM
Selain Modal, Ini Cara Memulai Bisnis UKM

Usaha Kecil Menengah atau lebih dikenal bisnis UKM adalah salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Bahkan UKM menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Hal inilah kemudian yang membuat pemerintah memberikan wadah khusus untuk para pelaku UKM. 

Menurut catatan kementerian keuangan, UKM menyumbang hampir 60% PDB (Produk Domestik Bruto) dan juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Ini membuat bisnis UKM terus berkembang dan memberikan peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi saiapa saja yang menyukai dan berkontribusi dalam dunia wirausaha.

Dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, hanya saja masih banyak orang yang belum terpikirkan untuk menjalani usaha ini dengan alasan yang beragam. Misalkan saja dari segi modal yang kurang, pengalaman yang kurang dan minimnya pengetahuan bisnis.

Meski demikian, kendala-kendala tersebut tidak membuat kamu berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri. Ya, memang setiap usaha pastilah memiliki tantangan yang berbeda pula.

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan

Bagi kamu yang berencana untuk memiliki UKM sendiri, mungkin kamu bisa memulainya dengan modal terkecil. Simaklah beberapa cara memulai bisnis UKM yang perlu disiapkan.

a. Ide Bisnis

Ide merupakan komponen terpenting saat kamu ingin memulai sebuah usaha. Terlepas dari skalanya, jika tidak memiliki ide, kamu akan bingung dalam menjalankan usaha tersebut. Dalam bisnis UKM, carilah beberapa ide bisnis dengan modal kecil, namun relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

b. Perencanaan 

Selain ide, perencanaan yang matang juga sangat menentukan UKM kamu akan berjalan seperti apa kedepannya. Perencanaan yang matang akan menentukan tujuan apa yang ingin kamu raih dan bagaimana cara meraihnya. Jika bisa, buatlah prediksi untung dan ruginya dari usaha kamu tersebut dan tetapkan targetnya.

Perencanaan yang matang juga dapat meminimalisir terjadinya kerugian besar dan jauga keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Bisnis yang memiliki perencanaan juga tidak terbebas dari kegagalan, apalagi bisnis yang tidak memiliki perencanaan.

c. Melakukan riset

Meskipun bisnis UKM menggunakan modal yang sedikit dengan jangkauan yang lebih kecil, namun riset pasar juga dibutuhkan untuk melihat kebutuhan masyarakat dan ketertarikan masyarakat akan sebuah produk. Dengan melakukan riset maka target pasar, kompetitor dan selera masyarakat dapat diketahui.

d. Kalkulasi biaya

Mengkalkulasikan biaya juga merupakan hal penting sebelum kamu memulai bisnis. Tempatkan hal-hal penting sebagai prioritas, seperti biaya sewa, proses produksi, anggaran pemasaran dan pengeluaran yang tidak terduga. Satu hal yang penting adalah jangan menggabungkan anggaran usaha dengan anggaran pribadi.

Referensi Jenis UKM yang Bisa Kamu Pilih

Nah, berikut beberapa jenis UKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha UKM kamu.

1. Bidang Kuliner

UKM di bidang kuliner adalah jenis usaha yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus, tergantung bagaimana Anda memasarkannya dan berinovasi.

2. Bidang Fashion

Tak jauh beda dengan bisnis kuliner, bisnis fashion juga sangat menjanjikan dan potensial di mana produk fashion juga masuk dalam kategori yang paling banyak dibutuhkan. Bisnis fashion juga memiliki beberapa kategori, misalkan fashion anak dan fashion dewasa, yang selanjutnya terbagi dlam fashion wanita dan pria. 

3. Bidang Pendidikan

Jika kamu bingung dengan UKM bidang pendidikan, mungkin kamu tahu mengenai bisnis dengan sistem waralaba. Seperti misalkan kursus-kursus untuk mata pelajaran sekolah, kursus seni (sanggar), kursus bahasa ataupun kursus ketrampilan. Bisnis ini Bisnis ini hanya membutuhkan modal sedikit, namun usaha di bidang pendidikan masih menjanjikan.

Itulah beberapa tips cara memulai bisnis UKM dan jenis bisnis UKM yang bisa kamu pilih. Dengan memilih bisnis UKM yang tepat kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai bisnis sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait