Cara Mendapatkan Uang Banyak Ini Layak Dicoba

cara mendapatkan uang
cara mendapatkan uang

Ajaib.co.id. Pernahkan kamu lelah sepulan bekerja namun masih terus-terus bertanya-tanya kapan bisa mendapatkan kekayaan yang dinginkan? Semua orang ingin tahu cara mendapatkan uang banyak dengan lebih efektif. Nyatanya, bahkan bekerja puluhan tahun pun tidak selalu cukup untuk membuat orang kaya raya.

Memasuki era ketika semua dikerjakan secara online, mungkin banyak yang berkata jika cara yang paling mudah untuk mendapatkan uang adalah dengan membuka toko online. Bisa pula ikut tren menghasilkan uang dari internet dengan membuat website, mengikuti survei online atau berupaya menjadi selebgram. Namun apakah opsi tersebut cukup untuk membuatmu mendapatkan uang banyak?

Rasanya tidak ada yang benar-benar bisa memberikan solusi untuk menjadi kaya dengan cepat dan mudah. Bahkan sebagian besar miliuner kelas dunia pun butuh waktu untuk membangun kekayaannya. Apalagi untuk pemula sepertimu yang mungkin baru pertama kali dalam dunia pekerjaan atau bisnis.

Namun bukan berarti kesempatan menjadi kaya langsung tertutup begitu. Cara medapatkan uang banyak adalah bekerja dan berusaha dengan cara cerdas. Bagaimana caranya? Simak uraian Ajaib di bawah ini ya.

Cara Mendapatkan Uang dengan Banyak Bagi Pemula, Bukan Hal yang Mustahil

Uang bukan segala-galanya. Namun tanpa uang, seseorang tak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga bekerja merupakan satu-satunya cara mendapatkan uang banyak. Kamu mau punya uang banyak?

Siapa yang tak ingin mendapatkan uang banyak? Terlebih harga kebutuhan kian meningkat, sedangkan kenaikan gaji tidak berdampak pada pengeluaran. Sebenarnya, menghemat biaya kebutuhan dan menggelontorkan sisa uang ke tabungan bisa membuat seseorang punya uang banyak. Tetapi bagaimana dengan kebutuhan mendadak yang harus mengeluarkan uang?

Seseorang tetap membutuhkan dana segar di tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dana yang bisa diambil kapan saja jika diperlukan. Dibandingkan investasi yang harus menunggu dana pencairannya.

Ada berbagai cara mendapatkan uang banyak. Salah satu caranya adalah menciptakan peluang bisnis. Kamu pun bisa melakukannya. Tetapi hal tersebut harus diimbangi ketekunan dan kejelian melihat peluang. Karena tidak ada cara instan mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

1. Menjual Produk Karya Foto

Jika kamu hobi fotografi dan kerap hunting foto, coba saja menjual karya foto di situs penyedia stock photography. Seperti Shutterstock, iStock, Getty Images, dan lainnya. Hasil yang kamu dapatkan lumayan besar, kalau mampu menyediakan foto mana yang banyak dicari tetapi keberadaan di situs-situs tersebut sangat minim.

2. Menawarkan Jasa Fotografi

Untuk mendapatkan uang melalui jasa fotografi, kamu bisa menawarkan jasa foto ke teman-teman dan saudara. Mulai saja menjadi fotografer di acara arisan keluarga, khitanan keponakan, pre-wedding teman. Jika kamu percaya diri, ajak kerjasama vendor (wedding organizer, vendor dekorasi, dan event organizer) yang bisa menangani acara besar, seperti pernikahan dan kegiatan perusahaan.

Kamu bisa memanfaatkan promosi lewat internet tanpa modal yang besar. Misalnya dengan rutin mengunggah hasil karyamu untuk menarik konsumen. Kamu bisa menerapkan taktik digital marketing tanpa harus keluar biaya untuk google adsense.

3. Memanfaatkan Barang Vintage

Kamu memiliki barang vintage yang tidak digunakan lagi di rumah? Kenapa tak menjualnya? Pasalnya, selalu ada peminat pada barang vintage dan bisnis ini layak dicoba. Tetapi sebelum menjual, pastikan orang tua atau kakek nenek sudah mengizinkan kamu sebagai pemilik.

Karena kalau barang tersebut hanya disimpan justru akan rusak dan tidak punya nilai kemanfaatan. Kalau dijual hasilnya lumayan menjanjikan, loh. Maka dari itu, bersihkan dan rapikan barang vintage sebelum sampai ke tangan pembeli. Cara menghasilkan uang ini cukup rekomendasi. Karena selain mudah untuk mendapat uang, kamu juga bisa memilah barang yang sudah tidak terpakai.

4. Menjual Barang Preloved

Hampir seperti menjual barang vintage, tetapi ini adalah barang preloved. Kamu sering membeli baju, sepatu, make up, dan lainnya? Tetapi pada akhirnya, barang itu tidak dipakai untuk jangka panjang, dipakai sekali dan kemudian menumpuk di sudut kamar. Lebih baik jual barang preloved ke marketplace seperti Carousell, Tinkerlust, atau forum jual beli lainnya.

Meski harganya turun, tetapi kamu sudah meminimalisir barang yang tidak terpakai (tetapi kondisinya masih bagus) dan mendapatkan uang dari sana. Kamu juga membantu orang lain mendapatkan produk yang kondisinya masih baik dengan harga lebih terjangkau.

5. Tim Wedding Organizer

Cara mendapatkan uang banyak yang layak dicoba adalah menjadi tim wedding organizer (WO) saat akhir pekan. Pada umumnya, acara pernikahan diselenggarakan Sabtu atau Minggu. Kalau energi kamu berlebih di akhir pekan, tak ada salahnya bekerja sebagai tim WO.

6. Freelance

Selain menjadi bagian tim WO, kamu juga bisa bekerja freelance sesuai keterampilan. Saat ini banyak perusahaan yang enggan untuk mengikat pekerjanya secara penuh dan lebih memilih pekerja lepas. Misalnya mengambil pekerjaan lepas menjadi desainer grafis, digital marketing, mengerjakan proyek aplikasi, dan masih banyak lagi pekerjaan freelance.

Kamu bisa mendapatkan pekerjaan freelance melalui teman ke teman, forum kerja, atau mendaftarkan diri ke situs kerja khusus freelancer. Opsi ini jelas merupakan cara mendapatkan uang banyak karena bisa memberikanmu dua penghasilan dari pekerjaan utama dan freelance.

7. Jasa Titip

Sering bepergian ke luar kota atau luar negeri? Jika ya, ciptakan peluangmu untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Karena kamu bisa membuka jasa titip barang dari tempat yang kamu kunjungi. Dari titipan tersebut, kamu bisa mengambil keuntungan setiap barang. Lumayan, kan, pulang ke rumah malah kamu dapat uang tambahan.

8. Guru Les

Coba lihat di sekeliling rumahmu, apakah banyak anak-anak sekolah yang membutuhkan belajar intensif? Kalau iya, ini adalah cara mendapatkan uang banyak. Karena kamu bisa menjadi guru les. Kamu bisa memberikan les intensif atau reguler dan biaya dihitung berdasarkan durasi waktu atau jenjang sekolah.

9. Menjual Hasil Karya

Cara mendapatkan uang banyak yang tak kalah seru adalah menjual hasil karyamu. Kalau kamu bisa menjahit, buat saja baju, tas, atau syal. Kalau kamu atau keluarga di rumah jago masak, kenapa tak menjual makanan ke teman-teman terdekat. Jika mereka senang, bukan tak mungkin info produkmu tersebar lebih luas lagi. Peluang ini layak dicoba, lho.

10. Pemandu Wisata

Bagaimana kondisi kotamu? Banyak tempat menarik? Saatnya, kamu memaksimalkan potensi kotamu. Caranya, sebarkan informasi potensi kotamu.

Seperti kota tua, kuliner, keindahan alam, tempat yang instagramable di media sosial. Tawarkan pula jasa menjadi pemandu wisata ke tempat-tempat menarik tersebut.

11. Menyewakan Rumah dan Kendaraan

Menyewakan rumah, apartemen, dan kendaraan juga bisa menjadi cara mendapatkan uang banyak. Kamu bisa mulai dari memperbaiki rumah atau kamar yang bergaya unik dan bersih. Rumah yang punya banyak kamar akan menjadi nilai plus. Kemudian daftarkan propertimu ke aplikasi untuk disewa. Seperti Airbnb, Traveloka, Hostelworld, dan lainnya.

12. Memaksimalkan Media Sosial, Blog, dan Video

Saat ini, salah satu sumber penghasilan berasal dari platform digital. Sebut saja seperti media sosial, menulis di blog, dan mengunggah video. Konten yang kamu buat bisa berdasarkan pengalaman atau yang sedang nge-hits. Cobalah untuk meraih pembaca, follower, dan likes dengan cara organic. Salah satu caranya dengan memberikan giveaway. Tetapi syaratnya harus follow akunmu.

Tetapi kalau kontenmu dibutuhkan oleh warganet, mereka dengan suka rela akan follow akunmu. Dari hal tersebut, kamu berkesempatan mendapatkan endorsement dari pihak lain. Tentu saja kamu akan mendapatkan pemasukan dari hal itu.

Bagaimana cara mendapatkan uang banyak ala kamu? Apakah cara di atas sudah kamu lakukan? Namun apapun caranya, kelola dengan baik uang hasil usaha tambahanmu tersebut. Hitung hasil penjualan, lalu bagi untuk modal produksi dan laba. Untuk laba, kamu bisa menyimpannya di rekening tabungan atau menginvestasikannya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai investasi, kunjungi Ajaib. Di sini kamu akan mendapatkan info tentang instrumen investasi khususnya reksa dana hingga kabar terkini dunia ekonomi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait