Bisnis Jual Beli Barang Preloved? Ini Tips Suksesnya

jual beli barang preloved
jual beli barang preloved

Bagi yang ingin berbisnis tapi bingung bisnis apa, kenapa tidak coba jual beli barang preloved? Ini dia tips sukses ala Ajaib buat kamu.

Buat kamu yang sering belanja online pasti tidak asing dengan istilah-istilah barang preloved. Ya, preloved ini merupakan penamaan untuk barang-barang yang sudah pernah dipakai dan berganti kepemilikan, entah itu dijual atau diberikan cuma-cuma.

Kebanyakan dari para pelaku bisnis jual beli di online menerapkan istilah tersebut untuk barang-barang bekas yang baru beberapa kali dipakai dan dianggap masih bagus. Selanjutnya barang-barang tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih murah tentunya.

Digandrungi Milenial

Bisnis jual beli item-item preloved ini sedang naik daun dan banyak diganderungi para generasi milenial, karena dianggap masuk ke dalam gaya hidup mereka.

Biasanya bisnis jual beli preloved ini berfokus pada penjualan barang second atau bekas dari merek ternama, karena dinilai masih berharga untuk dijual dengan harga yang pastinya tidak terlalu rendah dari harga barunya. Mulai dari pakaian, sepatu, maupun tas.

Namun, saat ini bisnis jual beli yang satu ini bisa dibilang makin fleksibel dan tidak hanya terpaku pada pakaian saja. Peralatan kosmetik pun kini juga bisa dijadikan peluang untuk bisnis preloved. Bisnis ini bisa jadi pilihan tepat untuk digeluti buat kamu yang ingin berdagang secara online dan terkendala modal.

Apa Keuntungan Bisnis Jual Beli Barang Preloved?

Walaupun kelihatannya hanya menjual barang-barang bekas, bukan berarti bisnis ini tidak menguntungkan. Jika tahu celahnya dan fokus untuk mengerjakannya, bisnis jual beli barang preloved bakal menguntungkan banget. Apa saja keuntungannya? Berikut ulasannya:

Tidak Perlu Modal Besar

Bisnis jual beli barang preloved ini menguntungkan karena modalnya minim, namun cukup menjanjikan. Bahkan bisa juga dilakukan tanpa modal sama sekali, hanya mengandalkan network dari teman-teman atau kenalanmu. Modal awalnya, kamu cukup mengumpulkan berbagai barang-barang bekas yang kondisinya masih bagus untuk kemudian dijual.

Tidak Terbuang dengan Sia-Sia

Kebanyakan diantara kamu mungkin menyimpan barang-barang lama di dalam lemari atau digantung begitu saja sampai rusak dan akhirnya tak layak digunakan. Padahal jika diingat lagi, barang-barang tersebut mungkin dibeli dengan harga yang lumayan sehingga jadi sia-sia karena sudah rusak.

Daripada jadi sampah, lebih baik kamu menjualnya. Karena pasti akan ada orang yang ingin memakainya dan merawatnya, dan kamu pun bisa mendapat uang tambahan.

Peminatnya Banyak

Bisnis jual beli preloved ini dinilai sangat cocok dengan gaya hidup anak-anak milenials. Alasannya adalah mereka bisa menjual barang-barang yang sudah tak ingin lagi digunakan dan bisa membeli barang-barang bermerek dengan harga murah meriah. Maka dari itu, peminat barang preloved sangat banyak dan bisa sedikit mengatasi gaya hidup mereka yang boros.

Banyak Platform Khusus Barang Preloved

Untuk mendukung bisnismu, sekarang ini sudah banyak bermunculan situs-situs yang memang khusus menjadi tempat jual beli barang preloved secara online. Dengan begitu, kamu tidak lagi bingung kemana dan dimana harus menjualnya. Kamu bisa menggunakan website seperti prelo.co.id, carousell.com, belanjabekas.com, dan lain-lain. Adapun situs e-commerce yang bisa kamu manfaatkan seperti bukalapak, shopee, tokopedia, dan juga olx.com.

Tips Sukses Berbisnis Jual Beli Barang Preloved

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai usaha jual beli barang preloved ada tips-tips yang bisa diikuti supaya bisa meraup untung besar. Yuk, langsung saja disimak di bawah ini:

Gunakan Media Sosial Pribadi

Tak perlu bingung buat kamu yang masih pemula dalam berbisnis barang preloved, kamu bisa mencoba menjualnya lewat akun media sosial milikmu sendiri. Namun, yang harus kamu lakukan adalah merapihkan isi sosial mediamu terlebih dahulu dan secara perlahan mengubahnya menjadi katalog online untuk barang-barang preloved yang hendak dijual.

Selanjutnya, pastikan kamu memberikan kualitas foto atau gambar yang bagus untuk diposting sehingga terlihat seperti baru.

Ajak Teman atau Keluarga Untuk Bekerja Sama

Untuk menggeluti bisnis jual beli preloved ini, tidak mungkin kamu terus-menerus menjual barang pribadimu. Supaya usahamu tetap berjalan, coba untuk ajak teman-teman atau saudara kamu untuk bekerja sama terutama yang suka banget belanja. Siapa tahu mereka punya barang-barang yang masih bagus tapi jarang sekali dipakai. Nanti keuntungan yang didapat dibagi dua untuk setiap barang-barang mereka yang berhasil terjual.

Aktif Berpromosi di Media Sosial

Tempat yang paling tepat untuk memulai bisnis jual beli barang preloved ini adalah media sosial. Tak hanya sebagai lapak berjualan saja, tetapi kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi sebanyak-banyaknya supaya barangmu laku dan dikenal.

Kuncinya adalah kamu harus aktif beraktivitas di akun jualanmu dan terus mengupdatenya. Jika kamu konsisten dalam berpromosi, followers kamu pun akan semakin bertambah dan mereka juga akan semakin percaya dengan akun kamu.

Jika nantinya kamu sudah memiliki website khusus sendiri khusus untuk jual beli barang-barang preloved, tetap harus selalu mempromosikannya lewat media sosial. Sangat penting untuk membuat para followers dan pelanggan setiamu mengetahui update barang-barang yang akan dijual.

Selalu Utamakan Kejujuran Dalam Berbisnis

Selama berbisnis jual beli barang-barang preloved, usahakan untuk selalu mengutamakan kejujuran dari barang-barang yang akan kamu jual. Jelaskan dengan sejujurnya detail dari barang tersebut, bagaimana kondisinya, sudah berapa kali dipakai, dan apa saja kekurangan dari barang itu.

Namanya juga jualan barang bekas, sudah pasti tidak sempurna. Namun, membangun kepercayaan antara kamu dengan calon konsumen adalah hal yang paling penting.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait