Cek Harga Emas Putih Hari Ini Sebelum Beli Perhiasan

Cek Harga Emas Putih Hari Ini Sebelum Beli Perhiasan
Cek Harga Emas Putih Hari Ini Sebelum Beli Perhiasan

Tak dipungkiri bahwa emas masih jadi logam favorit kebanyakan orang. Selain sebagai alat investasi, banyak orang membeli emas dalam bentuk perhiasan emas. Selain emas kuning, ada juga emas putih yang diburu untuk perhiasan dan permintaannya pun semakin meningkat. Belakangan ini penggemar emas putih terus bertambah karena keindahannya, apalagi bila didesain dengan tambahan batu berlian. Harga emas putih per gramnya berubah-ubah mengikuti pasaran. Biar kamu tidak tertipu, ada baiknya untuk mengetahui harga emas putih hari ini.

Emas putih sendiri merupakan logam mulia hasil dari campuran emas kuning, perak, paladium, dan nikel. Namun, penggunaan nikel sudah jarang dipakai karena menimbulkan reaksi alergi pada sejumlah orang. Emas putih juga dilapisi rhodium agar warnanya terlihat berkilau. Sayangnya dibandingkan dengan emas kuning, emas putih kurang cocok untuk dijadikan alat investasi. Hal itu karena harga jual emas putih selalu turun cukup besar.

Ciri-Ciri Emas Putih

Selain mengikuti harga emas putih hari ini, kamu perlu tahu ciri-ciri emas putih yang asli. Karena tak sedikit penjual toko nakal yang berusaha untuk menipu pembeli demi keuntungan. Berikut cara menguji keaslian emas putih:

a. Coba uji dengan magnet. Emas yang asli pada dasarnya tidak punya sifat magnetic sehingga pada saat ditempelkan ke magnet, emas tidak mudah tertarik.

b. Uji dengan densitas emas. Kamu bisa mencoba gunakan teknik ini dengan melihat ukuran berat emas menggunakan timbangan digital.

c. Coba goreskan emas pada kertas atau keramik. Emas yang asli jika digoreskan tidak akan meninggalkan bekas. Apabila ternyata terdapat warna hitam pada keramik atau kertas bisa dipastikan itu emas palsu.

d. Cara ini mungkin agak tidak biasa tapi bisa dicoba. Tes emas dari bunyinya dengan menjatuhkannya ke lantai. Emas palsu akan menghasilkan bunyi yang lebih nyaring ketimbang emas asli.

Sementara dari sisi ketahanan, emas putih lebih kuat dan tahan lama sehingga mudah dibentuk. Namun, emas putih juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya pada lapisannya. Seperti yang sudah disebutkan bahwa pada umumnya emas putih diberi lapisan rhodium supaya warnanya berkilau, tapi sebenarnya lapisan tersebut mudah pudar. Untuk membuat tampak kembali berkilau perlu dilakukan pelapisan ulang, setidaknya setahun sekali agar kualitasnya tetap terjaga.

Harga Emas Putih

Buat yang mau membeli emas putih, berapakah harganya? Berikut ini adalah harga emas putih per gram hari ini pada September 2019.

Emas PutihHarga / gram
1 gram Rp    529.000 
2 gram Rp    509.000 
2.5 gram Rp    505.000 
3 gram Rp    503.000 
4 gram Rp    501.000 
5 gram Rp    500.000 
10 gram Rp    495.000 
25 gram Rp    492.000 
50 gram Rp    491.000 
100 gram Rp    490.500 
250 gram Rp    490.000 
500 gram Rp    489.600 

Kemudian berikut harga emas putih per karatnya:

Emas PutihHarga
14 karat Rp    323.039 
18 karat Rp    414.152 
22 karat Rp    506.923 
24 karat Rp    552.204 

Harga di atas berdasarkan harga emas putih terkini, akan tetapi harga tersebut bisa saja berbeda dengan yang dijual di toko emas di sekitar tempat kamu. Kendati demikian, harga emas putih hari ini bisa jadi patokan buat kamu. Harga emas putih tiap gramnya punya nilai jual berbeda sesuai dengan kualitas dan modelnya, daya tahannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait