Jenis Usaha Sampingan untuk Berbagai Profesi di Indonesia

jenis usaha sampingan
jenis usaha sampingan

Bingung ingin buka usaha sampingan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, dan karyawan seperti kamu? Untuk jenis usaha sampingan sesuai profesi, kamu bisa cek disini

Bisnis usaha sampingan kini bukan hanya dijalankan oleh orang-orang yang sudah tidak aktif bekerja saja, melainkan juga dijalankan oleh para karyawan yang masih aktif bekerja dan berkontribusi terhadap perusahaan.

Tentu saja, saat ini pasti kamu memiliki kesibukan yang berbeda-beda, ada yang berprofesi sebagai karyawan kantor, karyawan pabrik, ibu rumah tangga, bahkan mahasiswa.

Mungkin, kamu berpikir bahwa membuka bisnis usaha sampingan hanya cocok bagi mereka yang memiliki waktu luang yang banyak seperti ibu rumah tangga dan mahasiswa. Namun, anggapan tersebut tidaklah sebenarnya benar. Mengapa?

Karena jenis usaha sampingan yang bisa kamu jalankan saat ini begitu beragam, sehingga kamu tak perlu khawatir harus memutuskan mengundurkan diri terlebih dahulu sebagai karyawan di perusahaan tempat kamu bekerja. Dimana, kamu bisa menjalankan dua peran sekaligus, yaitu sebagai karyawan dan juga wirausaha.

Bagi kamu yang masih bingung jenis usaha sampingan apa yang cocok dengan profesi kamu saat ini, kamu bisa simak artikel menarik berikut.

Usaha Sampingan untuk Karyawan Pabrik

Mungkin bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai karyawan di sebuah pabrik, terkadang memiliki kendala dari segi waktu bekerja. Dikarenakan, biasanya kamu akan sering bekerja over time setiap harinya. Apakah ada jenis usaha sampingan yang cocok bagi karyawan pabrik dengan kendala yang kamu alami tersebut? Berikut ini pilihan bisnis sampingan yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Jasa Cuci Sepeda Motor
  • Budidaya Ikan
  • Drafter
  • Jualan secara online
  • Warteg
  • Warung kopi

Bisnis sampingan untuk karyawan pabrik diatas, bisa kamu jalankan dengan melibatkan orang-orang terdekat seperti anak atau pasangan hidup kamu.

Usaha Sampingan untuk Rumah Tangga

Biasanya ibu-ibu rumah tangga suka sekali membuat makanan untuk suami dan anak-anak tercinta di rumah. Mengapa keahlian ini tidak digunakan oleh kamu sebagai ladang usaha yang menjanjikan. Padahal, usaha makanan memang menjadi salah satu jenis usaha sampingan dengan modal kecil dengan cuan yang lumayan.

Selain membuka usaha kuliner, ibu rumah tangga juga biasanya sering mengisi waktu luang yang dimiliki dengan menjahit. Bukalah jasa menjahit di rumah kamu, dimana kamu bisa memperkenalkan jasa menjahit kamu pertama kali kepada tetangga dekat rumahmu.

Usaha Sampingan Mahasiswa

Kalo saat ini, kamu sebagai mahasiswa bingung ingin menambah uang jajanmu dengan cara apa. Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana yang berhubungan dengan jurusan kamu tentunya.

Jika kamu jurusan bahasa asing, menjadi penerjemah bahasa yang kamu kuasai cocok sekali untuk kamu, selain menambah jam terbang kamu, kamu juga juga bisa mendapatkan uang tambahan guna membantu biaya kuliah.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menawarkan jasa penulisan konten, desain grafis, dll. Saat ini, yang terpenting untuk kamu sebagai mahasiswa adalah lakukan dulu apa yang menjadi hobi kamu. Jika sudah, Ajaib rasa pasti kamu akan menemukan peluang usaha yang cocok dengan inginkan kamu.

Mulai Bisnis Sampingan dari yang Kecil Dulu

Ajaib menyarankan agar kamu memulai bisnis sampingan kamu dari hal yang sederhana terlebih dahulu, yaitu hobi. Jika kamu terus mengasah hobi yang dimiliki, kamu pasti akan menemukan momen dimana kamu bisa menjual bakatmu tersebut.

Itulah macam-macam usaha sampingan yang bisa kamu geluti baik itu sebagai karyawan, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Bagaimana pun usahakanlah agar memiliki menajemen waktu yang baik bagi pekerjaan utamamu dan usaha sampingan yang digeluti.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait