Contoh Proposal Kewirausahaan Terbaik untuk Bisnismu

contoh proposal kewirausahaan
contoh proposal kewirausahaan

Contoh proposal kewirausahaan memang diperlukan ketika kamu ingin membuka usaha atau bisnismu guna mendapatkan suntikan dana dari pihak investor, sponsor, dan juga memperoleh perizinan.

Di era dewasa seperti saat ini proposal atau surat pengajuan mencakup berbagai jenis kegiatan. Oleh karena itu, kamu perlu tahu jenis-jenis proposal apa saja yang bisa kamu ajukan sesuai dengan kegiatan apa yang ingin dilakukan untuk membuat proposal usaha.

Jenis-jenis Proposal yang Perlu Kamu Ketahui

  • Proposal Usaha/Bisnis
  • Proposal Proyek
  • Proposal Kegiatan
  • Proposal Penelitian

Setelah, kamu mengetahui jenis-jenis proposal apa saja yang bisa kamu ajukan. Pada kesempatan kali ini, Ajaib ingin memberikan informasi dari salah satu jenis proposal diatas, yaitu contoh proposal kewirausahaan atau usaha.

Apa itu Proposal Kewirausahan/Usaha?

Proposal usaha adalah surat pengajuan yang berhubungan dengan dunia bisnis dan usaha, proposal ini berlaku untuk individu ataupun kelompok.

Contoh Proposal Kewirausahaan/Usaha

Jenis proposal ini biasanya banyak kita jumpai, ketika kamu sedang mengurus pendirian usaha dan menjajaki kerja sama dengan perusahaan lain. Umumnya, proposal kewirausahaan bisa kamu buat dengan cara menuliskan informasi yang berisikan nama produk kamu, variasi produk yang kamu ingin tawarkan, rincian harga yang ingin dijual, strategi promosi, perencanaan keuangan (modal, pendapatan, pengeluaran dan laba bersih) atau biasanya dalam jangka waktu berapa lama modal yang ditanamkan bisa balik modal (break even point).

Nah berikut ini cara dan contoh proposal kewirausahaan yang sudah Ajaib siapkan sebagai referensi proposal usaha yang bisa kamu buat untuk bisnismu nanti.

Proposal Usaha Pisang Bakar

A.     Judul proposal usaha: Pisang Bakar Paling Okee

B.     Varian rasa yang ditawarkan kepada pembeli

  • Keju Susu
  • Keju Coklat Susu

C.     Rincian harga pisang bakar

  • Keju+susu Rp 13.000
  • Keju+susu+cokelat Rp 15.000

D.      Strategi Promosi

Jenis bisnis yang sama pasti sudah banyak di pasaran, selain selalu menjaga kualitas penyajian pisang bakar, kami memiliki strategi promosi dengan cara kekinian karena target yang diincar adalah kalangan milenial. Salah satunya strategi promosinya adalah promosi beli satu gratis satu ketika pelanggan membawa pacarnya, promosi lewat internet, dan penyebaran brosur.

E.     Perencanaan Keuangan

Modal Awal Rp6.000.000

Pendapatan:

Rata-rata penjualan per malam = 20 bungkus

Harga rata-rata per bungkus = Rp15.000 x 20 bungkus = Rp300.000

Penghasilan kotor per malam yang didapat = Rp 300.000

Laba kotor:

Harian = Rp300.000

Bulanan = Rp9.000.000

Biaya operasional yang perlu dikeluarkan per bulan:

Gaji Karyawan = Rp1.000.000

Biaya transportasi = Rp400.000

Biaya sewa tempat = Rp700.000

Biaya bahan = Rp3.500.000

Total biaya operasiolan per bulan = Rp5.600.000

Laba bersih per bulan

= laba kotor per bulan – total biaya operasional bulanan

= Rp9.000.000 – Rp5.600.000 

= Rp3.400.000

Itulah cara dan contoh pembuatan proposal kewirausahaan/usaha yang baik dimana dalam pembuatan proposalnya kamu perlu memberikan informasi dengan detail. Apalagi, jika hal tersebut berhubungan dengan modal, pendapatan, dan pengeluaran dari proposal usaha yang kamu ajukan tersebut.

Karena hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi pihak sponsor atau investor saat membaca dan melihatnya sehingga mereka dapat memperhitungkan dalam hitungan jangka waktu berapa lama, dana yang sudah ditanamkan akan balik modal kembali.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait