Harus Tahu, Ini Pentingnya Memiliki Etika Bisnis

etika-bisnis

Apa sebenarnya etika bisnis itu? Menurut pengertian umum, etika bisnis adalah cara menjalankan bisnis yang meliputi semua aspek terkait individu, perusahaan, dan masyarakat. Prinsip etika bisnis dapat menjadi pedoman bagi karyawan dan manajemen dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

Dengan demikian, etika bisnis bertujuan menuntun pelaku bisnis untuk menjalankan kegiatan usaha yang baik. Ini artinya, perusahaan akan menghindari cara-cara berbisnis yang kotor dan merugikan pihak lain.

Etika bisnis sehari-hari

Jangan melulu membayangkan beretika dalam bisnis sebagai sesuatu yang rumit dan kaku. Pada dasarnya hal ini adalah rutinitas yang juga hampir sama dengan etika kesopanan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Kamu hanya perlu sedikit penyesuaian. Apa saja contohnya?

Menyebut nama

Ketika memperkenalkan diri, baik secara pribadi maupun ketika presentasi, kamu wajib menyebutkan nama lengkap dan asal perusahaan. Menyebut nama adalah awal untuk menunjukkan profesionalitas.

Ucapkan terima kasih

Sama seperti dalam kehidupan sehari-hari, ucapan terima kasih berdampak baik dalam suatu hubungan. Mengucapkan terima kasih akan menunjukkan penerimaan dan kepercayaan. Ucapkan secukupnya saja. Bila berlebihan, kamu justru tampak dibuat-buat dan tidak tulus.

Konfirmasi setelah pertemuan

Jangan abaikan rekanan kamu setelah pertemuan berlangsung. Apa pun hasil pertemuannya, ucapkan terima kasih karena rekananmu telah bersedia meluangkan waktu. Bila perlu, konfirmasikan kesepakatan yang telah dibuat dan rencana tindak lanjutnya.

Tidak duduk menyilang kaki

Ini mungkin terdengar sepele. Namun, posisi duduk dan posisi tubuh kita secara keseluruhan mencerminkan profesionalitas kita. Duduk menyilang kaki dalam kegiatan profesional cenderung dianggap tidak sopan, lho.

Mengundang berarti membayar

Apabila kita yang mengirimkan undangan bertemu kepada pihak lain, maka kitalah yang harus menanggung tagihan, misalnya ketika makan di restoran. Kecuali pemberi undangan adalah seorang perempuan dan penerima undangan adalah laki-laki, dalam beberapa kasus pihak penerima undangan akan menolak untuk ditraktir. Bila kita mengundang tamu di rumah atau kantor kita sendiri, sediakan jamuan atau sajian yang pantas.

Selain sejumlah contoh di atas, kamu bisa melakukan hal lain sebagai penunjang praktik etika bisnis. Pilihlah pakaian yang sopan dan sesuai dengan situasi. Pakaian formal dan semi-formal lebih diutamakan. Bila perlu, terkait pertemuan apalagi dengan jamuan makan standar internasional, tak ada salahnya mempelajari table manner.

Etika bisnis jelas membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Selain memberikan perasaan saling menghargai, menjalankan etika ini juga dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan jadi memiliki tanggung jawab sosial dan batasan dalam kegiatan bisnis yang dijalankan. Dengan menerapkan hal ini, bisnismu akan memiliki daya saing, memiliki citra positif, dan tentu saja meningkatkan kepercayaan investor.

Jadi, jika kamu sudah ada di fase perencanaan bisnis yang perlu untuk mendapatkan kepercayaan dan menjaga citra positif, etika bisnis adalah jawabannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait