Pengertian Bisnis dan Faktor Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan

Pengertian Bisnis dan Faktor Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan

Meskipun zaman terus berubah dan industri sudah semakin kompetitif, namun pengertian bisnis kurang lebih masih sama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian bisnis adalah usaha komersial dalam perdagangan; bidang usaha; usaha dagang.

Memahami pengertian bisnis secara mendasar bisa menjadi bekal penting untuk juga memahami faktor penting apa saja yang memengaruhi bisnismu. Ini penting, mengingat kemajuan teknologi dan pola pikir ke arah digital membuat banyak wirausahawan harus berputar keras mengakali industri yang sudah semakin kompetitif. Memahami pengertian bisnis dan faktor mendasar yang memengaruhi bisnis adalah 2 faktor yang menentukan kemana arah bisnismu, baik dari segi produk, sistem hingga finansial. Nah, agar tidak salah langkah, berikut beberapa faktor penting yang harus kamu pertimbangkan dalam berbisnis.

Pendapatan

Setiap bisnis yang dijalankan pasti akan mendapatkan penghasilan, karena tidak ada orang yang mau berbisnis dan mengalami kerugian. Pendapatan bisnis ini memiliki arti simpel, yaitu penghasilan bisnis yang mengacu kepada pemasukan yang dihasilkan bisnis dan sumber lainnya dari kegiatan bisnis yang dilakukan.

Biaya Produk

Biaya produk mengacu kepada biaya yang berhubungan dengan penjualan dan peralatan. Misalnya, kamu melakukan bisnis online dan menjual baju. Biaya produk yang dikeluarkan berati biaya yang harus kamu keluarkan untuk menjual baju tersebut, mulai dari bahan, ongkos jahit, dan sebagainya.

Selisih Laba Kotor

Perbedaan antara pendapatan dan biaya produk. Selisih laba kotor bisa ditulis dalam rupiah, sebagai persentase, atau bahkan keduanya. Jika persentase, selisih laba kotor akan tertulis sebagai persentase keuntungan.

Biaya Operasional

Dalam menjalankan bisnis, baik bisnis rumahan maupun bisnis besar pasti kamu akan mengeluarkan biaya operasional yang mendukung berjalannya sebuah bisnis. Ini termasuk segala jenis biaya mulai dari biaya listrik, internet, telepon, tenaga kerja, dan semua biaya yang berkaitan dengan pengoperasian di dalam bisnis. S

Biaya Total

Jumlah akumulasi dari seluruhan jumlah biaya produksi yang akan dikeluarkan. Misalnya, biaya pendirian pabrik, biaya tenaga kerja, biaya produksi, dan sebagainya.

Laba Bersih

Perbadaan anatara laba kotor dan total biaya yang dikeluarkan, penghasilan bersih menggambarkan utang bisnis dan kemampuan modal.

Penyusutan

Merefleksikan menurunnya nilai aset modal yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan. Juga digunakan sebagai dasar pengurangan pajak dan indikasi aliran dana ke modal baru.

Keuntungan sebelum bunga

Selisih antara laba bersih yang didapatkan perusahaan dengan penyusutan.

Bunga

Termasuk segala jenis bunga yang dihasilkan utang, baik jangka pendek maupun panjang, Bungan ditentukan dari jumlah investasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Laba bersih sebelum pajak

Selisih antara laba bersih sebelum bunga

Pajak

Termasuk semua jenis pajak di dalam bisnis mulai dari PPN, PPh, dan masih banyak lagi.

Laba setelah pajak

Selisih antara laba bersih sebelum dan sesudah pajak. Laba setelah pajak adalah dasar dari sebuah perusahaan.

Memahami pengertian bisnis dan faktor finansial di dalamnya bisa membuat kamu lebih berani untuk mengambil risiko dalam berbisnis. Apalagi dengan modal beberapa istilah keuangan yang telah disinggung di atas, maka diharapkan ketakutan kamu terkait istilah-istilah asing bisa berangsur reda.

Masih banyak yang bisa digali dalam dunia bisnis, baik dari pengertian bisnis, faktor penting hingga aspek teknis lainnya. Terus menerus belajar, baik di dunia bisnis secara khusus maupun finansial secara umum, adalah kunci penting untuk terus beradaptasi terhadap perkembangan zaman dan industri yang sudah semakin kompetitif.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait