5 Manfaat Membuka Sebuah Bisnis Franchise Makanan & Minuman

franchise makanan
franchise makanan

Membuka bisnis franchise makanan bisa menjadi pengalaman yang menarik dan luar biasa bagi siapa pun pemilik bisnis pendatang baru. Misalnya, menjadi franchise makanan di Indonesia berarti memiliki beberapa manfaat dan keuntungan bagi kamu seperti tidak perlu lagi memikirkan tentang peluang atau ide bisnis baru yang akan digeluti karena pemilik waralaba makanan tersebut sudah menyediakan seluruh konsep bisnis untuk kamu.

Berikut adalah 5 manfaat waralaba bagi pemilik bisnis pendatang baru.

Tidak Memusingkan Konsep atau Model Bisnis

Hal pertama yang menjadi kendala bagi para pemilik bisnis dalam berbisnis adalah kematangan dari konsep atau model bisnis yang akan ditawarkan kepada pelanggan kamu. Namun, tentu saja bukan hal yang mudah bagi seorang pemilik bisnis untuk mendapatkan ide bisnis dan peluang usaha baru.

Tetapi keterbatasan terkait konsep bisnis dapat diatasi dengan adanya kerja sama dalam bisnis waralaba saat ini, yang mana kamu tidak perlu lagi memusingkan terkait model atau konsep bisnis F&B yang ingin diwujudkan. Mengapa?

Semua itu bisa kamu dapatkan jika memilih sebagai franchise, kamu akan mendapatkan keuntungan dari bisnis waralaba ini seperti brand awareness, database pelanggan, SOP, hingga terkait dengan operasional bisnis kamu tersebut. Di mana hal ini sangat cocok bagi para pemilik bisnis pemula yang belum mengerti bagaimana cara menjalan sistem manajemen yang baik dan benar.

Selain itu, menjadi franchise atau waralaba juga tidak perlu memerlukan modal yang begitu besar untuk franchise makanan atau minuman di Indonesia hanya membutuhkan modal kecil dibawah Rp 10 juta.

Mendapatkan Pelatihan dan Pendampingan

Pelatihan kemampuan bagi para karyawan juga tidak kalah penting guna memajukan bisnis kamu, dengan memilih sebagai franchise F&B, kamu akan mendapatkan keuntungan yaitu kamu tidak perlu pusing lagi dengan masalah karyawan karena mereka akan mendapatkan dukungan atau pelatihan dari pemilik waralaba sehingga mereka dapat berorientasi terhadap pelayanan. Alhasil, konsistensi pelayanan dapat selalu dijaga kualitasnya.

Tingkat Risiko Kegagalan Bisnis Lebih Rendah

Sebagai pemilik bisnis pendatang baru yang belum memiliki pengalaman berbisnis mumpuni, tentu banyak dari mereka yang mengalami kegagalan dalam membangun sebuah bisnis sehingga memilih sebagai franchise atau waralaba makanan bisa dijadikan opsi terbaik untuk meminimalisir masalah tersebut.

Banyak dari mereka yang gagal dikarenakan tidak memiliki sistem manajemen yang bagus serta pelatihan dan pengawasan (inspeksi) secara menyeluruh.

Seperti diketahui manfaat waralaba yang didapatkan akan langsung dirasakan seperti pemberian pelatihan dan pengawasan dengan sistem manajemen yang sudah bagus dan teruji. Di mana pada periode tertentu pihak pemilik waralaba akan mengunjungi lokasi bisnis kamu untuk melakukan inspeksi guna memastikan bahwa bisnis kamu sudah berjalan dengan baik atau belum.

Melakukan Inovasi Terus Menerus

Pada era digital saat ini tidak dapat dipungkiri lagi teknologi berkembang begitu cepat. Hal ini juga akan mempengaruhi suatu bisnis untuk dituntut terus berinovasi sehingga menjadi dilema bagi para pemilik bisnis baru.

Tetapi itu tidak terjadi jika kamu membuka franchise. Dikarenakan kamu akan terus didukung dari segi sarana dan prasarana yang akan menunjang setiap divisi atau unit bisnis kamu.

Sebut saja bagian marketing, akan didukung dengan SEO, marketplace, e-Commerce, sosial media, atau bermitra dengan layanan pesan antar. Hal ini untuk lebih mendekatkan bisnis kamu dengan segmen pasar yang berkembang saat ini.

Modal Awal Kecil

Saat ini sudah banyak para pemilik bisnis kecil yang membuka franchise F&B. Di mana modal kecil menjadi salah satu manfaat atau keuntungan franchise yang ditawarkan oleh pemilik waralaba.

Permasalahan dana memang seringkali melanda pemilik bisnis kecil untuk meningkatkan bisnis mereka.

Tetapi dengan membuka franchise kamu tidak usah ragu dengan keterbatasan dana tersebut. Pasalnya, sudah banyak franchise yang menawarkan hanya dengan modal yang relatif kecil yaitu dibawah Rp 10 juta.

Seperti contoh waralaba atau franchise murah dengan modal dibawah Rp 10 juta yang bisa kamu pertimbangkan berikut:

  • Semerbak Coffee
  • Pasco
  • Topper Bubble Drink
  • Waralaba Kuch2tahu
  • Martabak Mini Africa “waka-waka” (waralaba murah sekitar Rp 7 jutaan)
  • Daycinno (waralaba murah untuk minuman kopi)

Itulah 5 manfaat franchise yang bisa kamu peroleh, ketika kamu sedang mempertimbangkan atau sudah membuka franchise makanan atau minuman.

Ingat! Keterbukaan antara kedua belah pihak memang menjadi kunci atau pondasi dari bisnis franchise. Hal ini demi mewujudkan tujuan atau kesepakatan franchise itu sendiri.

Tindakan untuk Diambil

Pilihlah daftar franchise makanan atau minuman yang sesuai dengan budget atau modal yang dimiliki saat ini. Jangan lupa dibutuhkan pertimbangkan yang matang berdasarkan manfaat, kriteria, hingga syarat-syaratnya.

Kamu harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan sebelum benar-benar akan membuka bisnis franchise makanan & minuman.

“Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari pengusaha” – Chairul Tanjung.

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait