Jangan Buru-buru, Ini Pertimbangan Sebelum Meminjam

pinjam uang
pinjam uang

Kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan membutuhkan uang. Memimpikan rumah atau mobil baru, merenovasi rumah, liburan ke luar negeri atau terperangkap dalam beberapa masalah seperti kecelakaan atau masalah medis yang memicu kamu untuk pinjam uang.

Kita semua telah ada di suatu saat ketika kita membutuhkan uang, tetapi saldo tabungan tidak membantu. Terkadang, sudah mencoba berbagai pilihan untuk mendapatkan uang ekstra, tetapi pada akhirnya memang harus pinjam uang.

Pinjam uang memang bisa menjadi solusi untuk jangka pendek. Namun, melakukan hal ini bisa mendatangkan keburukan, baik itu kamu meminjam secara pribadi, kredit ke bank, atau pegadaian. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang haurs kamu pertimbangkan sebelum memutuskan meminjam.

Analisis Situasi

Lebih baik menganalisis seluruh situasi sebelum mengambil pinjaman. Lihat apakah kamu dapat melewati situasi tanpa mengambil pinjaman. Bisa jadi kamu butuh pinjaman bukan untuk kepentingan dengan urgensi yang tinggi. Atau bahkan, sebenarnya ada opsi yang lebih baik daripada meminjam.

Kamu harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini dan mengambil keputusan yang sesuai dengan situasi. Dan jika kamu tidak dapat memutuskan apa pun, maka lebih baik untuk mendengarkan saran orang lain yang dapat memberikan saran yang tidak memihak, untuk kebaikan kamu.

Jangan Lupa Suku Bunga saat Pinjam Uang

Bahayanya meminjam adalah orang suka sepelekan suku bunga saat pinjam uang. Padahal, suku bunga yang diberikan oleh berbagai layanan keuangan bisa memberatkan kamu, apalagi bila kamu memang meminjam untuk jangka waktu yang panjang.

Walaupun terdesak, jangan lupa untuk mencari tahu suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga tempat kamu meminjam, baik itu pribadi, kredit bank, atau pegadaian.

Periksa Skor atau Riwayat Kredit Kamu

Jika skor kredit kamu bagus, segalanya akan lebih mudah bagi kamu. Tetapi jika kamu memiliki skor kredit yang buruk, maka aplikasi pinjamanmu mungkin ditolak.

Jadi, lebih baik untuk meningkatkan skor kredit dan riwayat kredit kamu sebelum mengajukan pinjaman pribadi. Jika kamu memang butuh pinjam uang dalam keadaan terdesak, cobalah opsi mendapatkan uang selain meminjam.

Pinjam uang mungkin merupakan solusi tepat waktu jika terjadi krisis keuangan. Namun, itu bukanlah solusi permanen karena kamu butuh mengembalikanya dengan nominal yang sama atau lebih besar.

Jadi, lebih baik untuk memikirkan semua aspek yang mungkin terjadi, sebelum mengambil pinjaman untuk menyelamatkan diri dari masalah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait