Ajaib.co.id – Tidak ada yang menyanggah pentingnya komunikasi bisnis dalam meraih kesuksesan dalam dunia bisnis. Terlebih di era seperti ini ketika promosi sangat membutuhkan komunikasi yang baik. Dua produk yang sama bisa mendapatkan respon yang berbeda dari konsumen jika menerapkan metode yang berbeda pula.
Bisnis dan komunikasi adalah dua hal yang saling berkaitan mengapa? Dengan berbisnis maka kita selalu membutuhkan komunikasi yang baik dan benar agar bisnis berjalan sesuai tujuan. Penerapannya penting untuk dilakukan secara komprehensif agar tujuannya tercapai.
Paling tidak ada ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi informasi (Informing) persuasi (persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating) dengan audiens (pelanggan). Masing-masing tujuan ini kemudian menjadi bagian tak terpisahkan untuk mewujudukan unit usaha yang lebih optimal.
Secara umum, jenis komunikasi ini memiliki tujuan kesuksesan usaha. Namun untuk lebih detailnya, ada berbagai tujuan yang ingin diraih dengan model komunikasi usaha yang diterapkan. Selain itu, dalam aplikasinya ada 6 unsur pokok yang harus ada antara lain:
- Memiliki tujuan yang artinya dalam komunikasi berbisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
- Pertukaran dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan karena untuk pertukaran pendapat atau informasi yang bias dijadikan bahan.
- Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
- Menggunakan saluran secara personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunkan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Menggunakan symbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
- Pencapaian tujuan organisasi : salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal.
Pentingnya komunikasi bisnis kemudian membuat praktiknya ini dibedakan menjadi dua macam. Pembedaan ini yaitu komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Praktik komunikasi dapat dilakukan dengan berdasarkan kedua objek ini.
Komunikasi vertikal adalah preses penyampaian suatu informasi dari pihak pimpinan kepada pihak pegawai atau sebaliknya. Seperti misalnya pimpinan memberikan perintah atau petunjuk, dan pemberian laporan kinerja dari pihak pegawai terhadap pimpinan. Hal itu bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik antara pimpinan dan pegawai dan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pegawai agar fokus untuk merealisasikan tujuan bisnis yang dijalankan.
Sedangkan komunikasi horizontal adalah cara komunikasi untuk menjamin hubungan baik antara pimpinan yang setingkat dan diwujudkan dengan mengadakan pertemuan secara berkala. Dari kondisi tersebut maka tidak salah jika komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk dimiliki atau diterapkan oleh semua pelaku bisnis baik itu berkedudukan sebagai pemimpin ataupun pegawai.
Pentingnya Komunikasi Bisnis, Cara Jitu Sukses di Dunia Usaha
Komunikasi bisnis yang baik adalah salah satu faktor utama dari keberhasilan bisnis hari ini. Pentingnya komunikasi bisnis disebabkan perlunya kita dapat menyampaikan pesan dan memberikan informasi secara utuh sehingga tidak menyebabkan miskomunikasi baik secara internal maupun eksternal..
Baik kepada rekan kerja atau konsumen, komunikasi bisnis yang kamu lakukan harus bersifat transparan dan tidak merugikan banyak orang. Pentingnya komunikasi bisnis bukan hanya sekedar itu. Untuk lebih jelasnya, simak paparan berikut ini.
Meningkatkan Produktivitas
Untuk mencapai sebuah tujuan di dalam bisnis dipengaruhi kepada kemampuan anggota tim untuk berkolaborasi dan kemampuan komunikasi yang baik sekaligus efektif. Secara umum, berkomunikasi dapat mendorong kesepahaman dan membangun kepercayaan di antara karyawan. Ini adalah salah satu tujuan dari komunikasi bisnis.
Komunikasi bisnis yang efektif di dalam organisasi atau bisnis berkaitan dengan mendengarkan anggota tim kamu dan merespon kebutuhan mereka. Hasilnya, mereka akan lebih percaya diri dengan apa yang mereka lakukan dan mencapai target tugas dengan cepat dan efektif.
Anggota tim juga cenderung jarang melakukan kesalahan jika komunikasi bisnis berjalan efektif. Bahkan jika mereka melakukan kesalahan, kamu bisa mengoreksi mereka tanpa menciptakan lingkungan organisasi yang tidak bersahabat.
Membantu Menciptakan Basis Konsumen
Salah satu pentingnya komunikasi bisnis lainnya adalah menjadikan konsumen poros dari bisnis apapun. Bisnis sangat bergantung kepada klien atau konsumen agar mampu bertahan. Komunikasi bisnis eksternal yang efisien bisa membantu untuk menarik perhatian konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Contohnya, bisa membujuk klien untuk berbelanja produk atau mengunjungi toko kamu. Kampanye humas yang baik menggunakan media untuk mendirikan citra bisnis di mata publik.
Dengan menerapkan komunikasi bisnis, kamu dapat mengetahui kapan, di mana dan bagaimana membangun koneksi dengan mereka. Selalu ambil peluang yang memungkinkan untuk membangun koneksi dengan konsumen lama dan potensial. Karena di bisnis hari ini, mendengarkan konsumen bisa mendatangkan keloyalitasan dari diri mereka.
Bersinergi dengan Rekanan Bisnis
Faktor lain kenapa pentingnya komunikasi bisnis adalah meningkatkan rekanan. Komunikasi bisnis sangat penting ketika kamu menghadapi suplier dan kontak bisnis eksternal lainnya. Terkadang, suplier perlu diperbaharui secara reguler terkait produk sehingga mereka bisa menentukan area mana yang perlu ditingkatkan.
Selain itu, kamu mungkin perlu membangun aliansi dengan bisnis lain pada satu titik tertentu. Bagaimana kamu berhubungan secara efektif dengan bisnis tersebut akan membantu kamu menentukan apakah kamu bisa sukses di beberapa area lain.
Jika bisnis kamu mengembangkan reputasi sebagai bisnis yang mudah diajak menjadi rekan bisnis, maka kamu secara signifikan meningkatkan peluang untuk membangun bisnis dengan rekanan lainnya.
Pentingnya komunikasi bisnis sekarang sudah tak bisa lagi diabaikan. Pasalnya, kini ada era ketika ketika cara berkomunikasi dengan pelanggan adalah hal utama. Produsen harus belajar mendengarkan feedback dari konsumen agar produknya tetap diminati.
Bahkan lebih buruk lagi, komunikasi yang salah bisa menghasilkan petaka bagi bisnis. Misalnya saja salah memberikan respon kepala request pelanggan atau menanggapi komplain pelanggan. Itulah mengapa metode komunikasi bisnis harus terus diperbarui seiring dengan perkembangan dunia usaha.
Komunikasi bisnis yang baik adalah bentuk investasi yang tidak bisa diukur oleh uang, sehingga kamu harus lebih sabar untuk menuai hasilnya. Lakukan tiga tips di atas dengan rutin dan disiplin, maka kemungkinan bisnis kamu akan sukses, memiliki relasi yang kuat dan mempunyai lingkungan kerja yang nyaman akan lebih mudah terealisasi.