Bisnis & Kerja Sampingan, Investor Pemula

Peluang Bisnis 2020 yang Menjanjikan di Masa Depan

peluang-bisnis-2019

Ajaib.co.id – Kamu pasti setuju bahwa geliat peluang bisnis 2020 sangat beragam, terus berkembang mengikuti perubahan zaman. Apalagi peluang bisnis online 2020, semakin inovatif, kompetitif, dan hampir tak terbendung. Banyak juga ide usaha kreatif baru yang bermunculan sepanjang 2020.

Kamu yang mulai tertarik untuk menjalankan bisnis mungkin sudah mencari-cari peluang bisnis 2020 yang sekiranya mudah, bermodal kecil, menguntungkan, dan tentunya berkelanjutan. Jadi, bisnismu tetap akan hidup di tahun-tahun berikutnya meski tahun 2020 telah berlalu. Biar kamu tak lagi bingung, berikut ini peluang bisnis 2020 yang dapat kamu coba untuk memulai usaha di tahun ini.

Percetakan dan Sablon

Usaha jenis ini sangat luas cakupannya, banyak juga jenisnya. Percetakan sederhana biasa memproduksi pesanan kalender, undangan, buku catatan berlogo perusahaan, dan semacamnya.

Ada juga yang unik dengan mencetak atau sablon foto, gambar, dan desain di souvenir atau hadiah. Kalau mau skala besar, kamu bisa menerima jasa cetak untuk promosi luar ruang, seperti baliho dan spanduk. Dijamin usaha percetakan akan terus dibutuhkan. Apalagi kalau kamu terus memperbarui teknologi cetak yang digunakan.

Jualan Online

Sejak zaman dahulu, berjualan adalah kegiatan pokok untuk memenuhi kebutuhan dan mendapat keuntungan. Bentuk dan metodenya saja yang berubah dari waktu ke waktu. Di masa sekarang, tak sulit untuk mulai berjualan. Tak perlu buka lapak, cukup andalkan media sosial atau marketplace jual-beli. Tinggal pasang iklan dengan deskripsi dan kata kunci menarik, pembeli pun datang. Kuncinya, kamu harus bisa memasarkannya dengan baik. Di awal perjalanan bisnis kamu, mungkin kamu bisa menggunakan fitur iklan di beberapa ecommerce, dengan begitu, pelanggan bisa dengan mudah menemukan toko online kamu.

Untuk barang yang dijual pun bisa bermacam-macam, mulai dari produk fashion, perlengkapan rumah, buku anak-anak, mainan, perlengkapan tidur, perlengkapan sekolah, dan masih banyak lagi. Ide bisnis jualan online bisa kamu tentukan sesuai apa yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka fashion, kamu bisa mulai menjalankan bisnis fashion secara online. Ada banyak produk fashion yang bisa kamu pilih, mulai dari baju, sepatu, aksesoris, tas, dan sebagainya.

Jasa Titip

Dulu orang mungkin hanya berangan-angan bisa beli barang-barang bagus dari luar negeri. Sayangnya, tak ada uang untuk rekreasi belanja ke luar negeri. Beli barang lewat situs e-commerce pun ongkos kirimnya super mahal dan barang tak kunjung sampai. Ini kesempatanmu untuk menawarkan jasa titip atau jastip beli barang. Kamu juga bisa menawarkan jastip saat ada bazar murah untuk para pembeli dari luar daerahmu.

Sewa Kamar

Sekarang tak perlu mendirikan penginapan khusus atau hotel berbintang untuk terjun ke bisnis akomodasi. Dengan adanya platform untuk sewa-menyewa penginapan seperti Airbnb, kamu bahkan bisa menyewakan salah satu kamar di rumah. Tinggal percantik kamar dan ciptakan suasana nyaman, lalu pasang iklan kamar. Serunya, kamu juga bisa mendapat pelanggan wisatawan mancanegara.

Menjual Makanan Ringan

Hampir setiap orang suka ngemil di waktu kosongnya. Biasanya cemilan ini selalu ada untuk menemani waktu nonton film, belajar kelompok, bekerja, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat menjual makanan ringan menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Dengan membuka usaha ini, kamu bisa mendapatkan uang yang cukup besar tanpa harus memiliki modal yang besar. Kamu juga bisa mulai bisnis ini dengan menawarkan langsung ke orang terdekat seperti teman, tetangga, dan sebagainya.

Bisnis Katering

Saat ini banyak orang yang tidak sempat dan tidak memiliki banyak waktu untuk masak di rumah. Karena itulah, banyak keluarga kecil yang memanfaatkan jasa katering untuk memasakkan mereka makanan yang bisa dimakan di rumah atau dibawa ke kantor. Dengan adanya bisnis katering ini, mereka tidak perlu memasak pagi-pagi, sehingga tidak perlu repot. Untuk memulainya, kamu bisa coba tawarkan ke teman dekat atau teman kantor yang memang suka jajan di luar.

Buat USP atau keunikan dari jenis usaha kamu ini. Misalnya, kamu menyajikan bisnis katering sehat tanpa gula, atau bisnis katering makanan indonesia, dan sebagainya. Dengan adanya USP inilah kamu bisa menjadikan peluang usaha ini memiliki nilai tambah dan banyak dicari oleh orang lain.

Jasa Pembayaran

Di Indonesia, masih jarang orang memiliki kartu kredit atau kartu debit yang dapat digunakan untuk transaksi secara online. Masalahnya, ketika ingin memesan barang dari situs e-commerce global, kerap opsi yang digunakan hanya kartu kredit. Kamu bisa menawarkan jasa pembayaran dengan kartu kredit bagi mereka yang membutuhkan. Peluang usaha online yang cukup menjanjikan bukan?

Laundry

Hingga hari ini bisnis laundry masih banyak dicari oleh orang-orang, khususnya masyarakat di perkotaan. Dengan banyaknya kesibukan yang mereka miliki, mereka tidak ada banyak waktu untuk mencuci dan menggosok pakaian, karena itulah mereka membutuhkan jasa laundry untuk merapikan pakaian yang mereka miliki. Untuk menjadikan ide bisnis ini memberi keuntungan yang besar, kamu bisa coba membuka bisnis ini di daerah perkotaan yang ramai, misalnya dekat kos-kosan mahasiswa atau karyawan, perumahan besar dengan masyarakat yang masih muda, dan sebagainya. Untuk harga jasa pun kamu harus menyesuaikannya ya, jangan sampai kamu membuka bisnis laundry di kos-kosan mahasiswa, namun memberikan harga untuk karyawan yang sudah memiliki penghasilan besar.

Bisnis Waralaba

Bagi kamu yang memiliki modal besar dan tidak bisa memulai bisnis dari nol. kamu bisa coba untuk membeli bisnis waralaba. Di mana, dengan menjalankan usaha ini, kamu tidak perlu memikirkan bagaiamana produknya, bagaimana mengelolanya, keuangannya seperti apa, dan sebagainya. Karena dengan bisnis waralaba, sistem bisnisnya sudah jelas dan kamu hanya perlu meneruskannya saja. Nah, jenis bisnis ini pun memiliki keuntungan yang cukup besar, karena biasanya sudah memiliki nama. Jadi, pastikan kamu memilih bisnis waralaba dengan kualitas bagus dan sudah dikenal banyak orang. Pilih juga industri bisnis yang digemari orang.

Misalnya, saat ini banyak orang yang suka minum kopi, kamu bisa coba membeli waralaba coffee shop yang saat ini jadi omongan banyak orang, misalnya kopi kenangan, janji jiwa, dan sebagainya. Meski semua sistemnya sudah diatur, pastikan juga kamu bisa mengelolanya dan jangan sampai cabang bisnis waralabamu malah merugi.

Peluang bisnis 2020 sebenarnya tidak terlalu rumit dan selalu ada di sekitar kita. Mulai saja sekarang, jangan tunda lagi. Setelah menjalankan bisnis dan menghasilkan banyak keuntungan, pastikan kamu menyisihkannya dengan berinvestasi. Hal ini berguna untuk membantu kamu mempersiapkan modal untuk mengembangkan bisnis di masa depan.

Kamu bisa mulai berinvestasi dengan mudah di aplikasi Ajaib. Di sini, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana atau saham, yang bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait