Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Perhatikan Dulu Hal Ini

bayar pajak kendaraan
bayar pajak kendaraan

Sebagai seorang Wajib Pajak, kamu memiliki kewajiban untuk bayar pajak kendaraan sesuai peraturan yang berlaku. Hal itu sudah diatur oleh peraturan negara yang wajib ditaati oleh masyarakat yang memiliki kendaraan.

Saat ini, bayar pajak kendaraan secara online sudah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa daerah tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Meskipun belum merata, namun Pemerintah akan terus mengembangkan layanan tersebut ke seluruh Indonesia. Sebab, cara bayar pajak kendaraan online terbilang mudah dan praktis.

Dengan adanya layanan tersebut, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor SAMSAT. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara bayar pajak kendaraan secara online.

Korlantas Polri, Kementerian Dalam Negeri, dan PT Jasa Raharja (Persero), telah meluncurkan Samsat Online Nasional (Samolnas). Layanan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat ketika bayar pajak.

Program tersebut memiliki landasan dari Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia, karena berkaitan dengan pengesahan STNK tahunan, bayar pajak kendaraan secara online, serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Tentang Samolnas

Sebelum bayar pajak kendaraan online, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Simak ulasannya di bawah ini:

  • Sistem Samsolnas hanya melayani bayar pajak kendaraan bermotor, SWDKLLJ, dan pengesahan STNK elektronik untuk seluruh jenis kendaraan bermotor.
  • Data kendaraan bermotor yang ada di Samsolnas adalah data kendaraan yang sesuai dengan NIK dan tidak terblokir, pidana, atau pun perdata.
  • Membayar pajak dan SWDKLLJ lewat aplikasi Samsolnas, bisa dilakukan tiga bulan sebelum jatuh tempo.
  • Stiker regident pengesahan STNK tahunan dan TBPKB akan dikirim oleh petugas SAMSAT melalui jasa pengiriman, dan disesuaikan dengan alamat yang tertera di STNK.
  • Setelah menerima stiker regident pengesahan STNK dan TNKB, stiker tersebut dapat ditempelkan di kolom pengesahan STNK sesuai tahunnya.

Cara Bayar Pajak Secara Online

Untuk memudahkan para pemilik kendaraan bermotor, Samsat Online Nasional (Samsolnas) akan terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Samsolnas sendiri merupakan program dari Pemerintah. Maka dari itu, membayar pajak secara online harus berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut ini adalah cara bayar pajak melalui aplikasi Samsolnas:

  • Mengunduh aplikasi Samsolnas di Google Play Store.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Mengisi data nomor polisi, NIK, dan lima digit nomor rangka kendaraan.
  • Mendapatkan kode bayar yang berlaku selama dua jam.
  • Membayar besaran pajak melalui bank atau modern channel, dan terdapat biaya administrasi sebesar Rp 5.000.
  • E-TBPKB dan E-pengesahan STNK akan berlaku selama 30 hari.
  • Mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirim ke alamat yang tertera di STNK.

Dengan adanya layanan bayar pajak kendaraan secara online, kamu tidak perlu lagi pergi ke Kantor SAMSAT dan mengantre selama berjam-jam.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait