Begini Cara Cek Pajak Motor Jakarta Termudah

cek pajak motor jakarta
cek pajak motor jakarta

Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara cek pajak motor Jakarta? Bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi, tidak perlu lagi mengunjungi Kantor SAMSAT untuk mengurus dan membayar pajak kendaraan.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan pembayaran pajak dengan mudah dan praktis. Sebagai Wajib Pajak, kamu harus membayar pajak tepat waktu.

Tarif pajak kendaraan bermotor sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Dalam istilah perpajakan, kendaraan bermotor digolongkan sebagai Objek Pajak, sementara wajib pajak disebut sebagai Subjek Pajak.

Cek pajak motor Jakarta kini bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa cek pajak motor Jakarta melalui SMS, aplikasi, dan website.

Sistem jaringan online yang digunakan oleh SAMSAT DKI Jakarta memudahkan para pemilik kendaraan untuk mengurus pajaknya.

Bagi kamu yang ingin cek pajak motor Jakarta, berikut ini adalah penjelasannya:

Cara Cek Pajak Motor Jakarta

Bagi kamu yang ingin mengetahui besaran pajak motor yang harus dibayar, bisa mengunjungi situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ dan mengunduh aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta di Google Play Store.

Dalam situs tersebut, kamu hanya perlu memasukkan plat nomor, NIK, dan klik checklist Captcha. Nantinya, website akan menampilkan besaran pajak yang harus dibayar, periode pembayaran pajak, denda keterlambatan, biaya perpanjangan STNK, dan penerbitan plat nomor yang baru.

Kemudian, kamu juga bisa mengecek pajak melalui SMS. Kamu hanya perlu menekan *368# di layar smartphone, kemudian informasi pajak motor bisa diakses.

Setelah menekan angka tersebut, nantinya akan muncul tulisan DITLANTAS POLRI dengan pilihan 1. Polda Metro Jaya, 2. Polda Sumut. Untuk DKI Jakarta, kamu bisa memilih nomor 1.

Dari pilihan nomor 1, akan ada empat pilihan di layar, yakni 1. Info Ranmor, 2. Info Pajak Ranmor, 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling, dan 9. Back. Kamu hanya perlu memilih nomor 2.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor kendaraan. Setelah itu, akan ada SMS masuk dari Polda Metro Jaya yang akan memberikan informasi.

Cek Melalui Aplikasi Cek Ranmor

Bagi kamu yang ingin cek pajak motor Jakarta melalui aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, bisa memilih menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), kemudian ketika plat nomor kendaraannya.

Dari situ, kamu akan mendapatkan informasi mengenai kendaraan beserta besaran pajak dan jatuh tempo. Sementara untuk pengguna iPhone belum tersedia.

Sebagai informasi, aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta dapat dimanfaatkan untuk mengetahui nilai jual kendaraan di pasaran. Taksiran harganya memang tidak terlalu akurat, namun kamu bisa menggunakan nilai jual tersebut sebagai patokan.

Itulah informasi mengenai cara melakukan pengecekan pajak untuk DKI Jakarta yang bisa diakses melalui SMS, aplikasi, dan website. Dengan adanya layanan tersebut, masyarakat tidak perlu lagi mengecek lewat Kantor SAMSAT.

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait