Mengenal Samsat Online dan Layanan yang Ada Didalamnya

Mengenal Samsat Online dan Layanan yang Ada Didalamnya
Mengenal Samsat Online dan Layanan yang Ada Didalamnya

Samsat online merupakan layanan terbaru dari Samsat untuk siapa saja yang ingin mengurus dokumen yang berkaitan dengan kendaraan bermotor miliknya. Samsat menyediakan layanan penerbitan STNK, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Untuk mengurus hal-hal tersebut, kamu diwajibkan mendatangi kantor Samsat dan tentu itu adalah hal yang cukup melelahkan.

Kamu tidak hanya mengantre, tapi juga menunggu dalam waktu yang cukup lama dan itu adalah hal yang sangat melelahkan karena antreannya bisa mengular selama berjam-jam. Namun sekarang Samsat sudah memiliki layanan Samsat online. Seperti namanya, Samsat ini bisa diakses secara online, hanya membutuhkan koneksi, dan bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Dan ini adalah layanan yang bisa dilakukan dengan Samsat online.

Pengurusan dokumen atau perpanjangan STNK

Sekarang untuk melakukan pengajuan STNK atau perpanjangan, tidak harus datang ke kantor Samsat, melalui online saja pun bisa. Kamu hanya tinggal menyediakan dokumen yang disyaratkan. Untuk akses online Samsat memiliki website yang berbeda-beda sesuai dengan wilayahnya. Namun yang akan memudahkan kamu adalah jika kamu sekarang berada di Jakarta, sedangkan STNK-mu dikeluarkan Samsat Bandung, kamu tetap bisa mengurusnya di Samsat online Jakarta. Mengurus STNK tidak perlu khawatir lagi soal wilayah.

Samsat online juga bisa diakses melalui Samsat Keliling yang biasanya berada di wilayah tertentu. Kalau begini kamu harus mencari informasi kapan dan di mana Samsat Keliling berada. Samsat Keliling ini menyediakan juga fasilitas online untuk siapa saja yang belum memahami penggunaan Samsat online ini.

Membayar pajak kendaraan bermotor via online

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, dulu kamu harus mengantre juga di kantor Samsat, tapi sekarang membayar pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan di ATM terdekat. Setidaknya sudah ada tujuh provinsi yang menggunakan sistem online ini, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Banten, dan Bali. Jika kamu ingin membayar pajak kendaraan bermotor, kamu tinggal menggunakan mobile banking atau ATM terdekat untuk membayarnya. Saat ini sistem e-samsat sedang dikembangan terus-menerus hingga penggunaannya dapat digunakan di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Kita tunggu saja.

Download aplikasi Sipolin

Aplikasi ini merupakan aplikasi samsat online yang bisa kamu download di iOS atau Play Store. Sipolin singkatan dari Sistem Informasi Pajak Online. Dengan aplikasi ini kamu juga bisa melakukan perpanjangan STNK dan pembayaran pajak kendaraan bermotor (pkb) yang nanti diteruskan ke ATM dan mobile banking yang kamu miliki. Untuk sekarang beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan Samsat adalah Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank BJB.

Itulah beberapa hal terkait samsat online. Dengan melakukan pembayaran pajak secara online, kamu tidak perlu lagi mengikuti prosedur yang berbelit-belit. Setelah kamu berhasil mendapatkan kode bayar dan melakukan pembayaran, kamu hanya perlu datang ke samsat untuk pengesahan STNK, dan ini tidak perlu mengantre lama. Mudah bukan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait