Tips Menulis Surat Motivasi Kerja untuk Lamaran Kerja

Tips Menulis Surat Motivasi Kerja untuk Lamaran Kerja
Tips Menulis Surat Motivasi Kerja untuk Lamaran Kerja

Surat motivasi kerja adalah salah satu dokumen yang harus dilampirkan ketika melamar kerja. Dengan surat tersebut, kamu bisa melakukan perkenalan, dan pihak perusahaan pun bisa menilai dari surat tersebut apakah kamu layak diberi kesempatan untuk mengikuti proses rekrutmen atau tidak. Surat motivasi kerja adalah hal yang dipertimbangkan selain resume yang telah kamu buat.

Untuk menulis surat motivasi kerja ada beberapa hal yang harus kamu ketahui karena menulis surat tersebut dibutuhkan trik khusus, maka dari itu perlu kamu baca. Di bawah ini adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan dalam menulis surat tersebut.

Pengenalan diri

Di awal surat, kamu wajib menuliskan namamu sebagai perkenalan. Ini agar pihak rekrutmen tahu namamu. Setelah itu barulah kamu bisa langsung menyebutkan kamu tertarik di posisi apa, dan cantumkan alasan juga mengapa kamu tertarik bergabung dengan perusahaan tersebut.

Mengetahui gambaran umum posisi yang dilamar

Hal ini agar kamu bisa meyakinkan pihak rekrutmen bahwa posisi tersebut sesuai dengan pengalaman kerja yang kamu miliki. Ini dikhususkan untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja. Karena di surat motivasi kerja, kamu harus menyebutkan apa saja pengalaman kerjamu yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Jika kamu punya pengalaman lain yang tidak sesuai dengan posisi, sebaiknya tidak perlu ditulis karena surat ini pun tidak perlu ditulis panjang-panjang.

Tulis dengan bahasa formal

Surat motivasi kerja ini ditujukan pada perusahaan yang kamu impikan dan punya prosedur yang pasti ketika melakukan rekrutmen. Jangan sampai kamu menulis surat ini dengan gaya bahasa gaul karena itu akan membuat rekrutmen kesal, bisa jadi kamu disebut tidak serius melamar posisi tersebut. Tuliskan surat itu dengan bahasa yang formal dan jangan berbelit-belit. Kamu hanya perlu menuliskan siapa namamu, posisi mana yang kamu inginkan, dan juga pengalaman kerja yang kamu miliki karena bagian ini yang paling dilihat. Pihak rekrutmen biasanya harus membaca puluhan surat lamaran kerja dan tentunya mereka tidak punya waktu yang banyak. Karena itu buat suratmu singkat, padat, dan jelas.

Jangan lupa cantumkan kontak

Kontak biasanya bisa dicantumkan juga di resume, tapi kamu tetap harus mencantumkannya di bagian surat motivasi kerja agar memudahkan pihak rekrutmen untuk langsung menghubungimu jika kamu sesuai dengan kriteria mereka. Kontak yang kamu tuliskan sebaiknya berupa nomor ponsel dan email.

Tuliskan surat motivasi kerja di badan email

Jika kamu melamar pekerjaan via email, surat motivasi kerja ini kamu tulis di badan email. Jangan biarkan badan email kosong karena pasti akan langsung dilewatkan oleh pihak rekrutmen. Dengan menulis surat ini di badan email mereka langsung akan mengetahui tujuanmu mengirim email pada mereka.

Itulah beberapa tips membuat motivasi kerja dengan baik dan tepat. Untuk membuatnya, kamu bisa coba pelajari kata-kata motivasi kerja di internet. Dengan begitu, kamu bisa memiliki motivasi yang baik dan bisa menjadi orang yang kerja keras untuk mencari tempat kerja yang sesuai. Jangan lupa untuk membuat motivasi sesuai dengan tujuan kamu bekerja, karena apapun kerjaannya, kamu memiliki tujuan untuk sukses, dan harus tanggung jawab atas surat motivasi yang kamu buat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait