Fungsi E-SPT dan Pentingnya untuk Wajib Pajak

fungsi e-spt
fungsi e-spt

Apa saja fungsi E-SPT untuk pemegang wajib pajak? banyak lho! Simak, ulasan yang telah dirangkum oleh redaksi Ajaib berikut ini.

Pernahkah kamu mendengar e-SPT? Atau SPT? SPT atau singkatan dari Surat Pemberitahuan Tahunan adalah surat wajib pajak yang digunakan untuk melaporkan pembayaran pajak. Sama seperti semua hal yang memiliki huruf “E” di depannya yang berarti “Elektronik”, maka e-SPT artinya adalah Surat Pemberitahuan Tahunan yang berbentuk digital. e-SPT

 Pph 21 sendiri adalah aplikasi atau software komputer yang diciptakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT. Mengikuti era digital yang serba online, SPT pun sekarang hadir dalam bentuk digital. Hal ini juga menyesuaikan dengan kebiasaan kaum milenial yang serba online dan digital sehingga memudahkan mereka juga untuk mengakses e-SPT ini.

Hadir Secara Online

Hingga saat ini, telah hadir aplikasi e-SPT di mana SPT yang telah dibuat melalui aplikasi ini dapat disampaikan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Aplikasi e-SPT ini disebut sebagai Loader e-SPT. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot untuk mengantri dan melapor SPT ke Kantor Pelayanan Pajak.

Mungkin kaum milenial tidak mengetahui hal ini tetapi sebelum adanya e-SPT ini, wajib pajak yang ingin melaporkan pajaknya harus memindahkan data perhitungan pajak secara manual ke formulir SPT. Formulir fisik tersebut nantinya akan dibawa bersama seluruh dokumen pendukung ke KPP. Sangat merepotkan, bukan?

Hadirnya e-SPT memberikan kemudahan bagi kaum milenial untuk melaporkan SPT secara online sehingga penggunaannya pun lebih praktis, terutama bagi wajib pajak perusahaan yang sibuk dan tidak punya banyak waktu.

Fungsi E-SPT

Dengan adanya e-SPT, wajib pajak cukup melakukan perhitungan manual menggunakan Microsoft Excel dan menyiapkan data-data pendukung. Kemudian, hasil perhitungan dan data pendukung dimasukan ke aplikasi e-SPT.

Dengan cara ini, wajib pajak dapat lebih menghemat waktu. Itulah beberapa kelebihan e-SPT. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai kelebihan yang lainnya, ada baiknya kita pahami dulu fungsi SPT dan mengapa kamu harus memiliki SPT. Berikut beberapa fungsi dari SPT:

Sebagai Pemungut Pajak

SPT berfungsi untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan pajak yang dipotong atau dipungut.

Wajib Pajak Pph

SPT digunakan untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan perhitungan jumlah pajak terutang, melaporkan mengenai pembayaran pajak atau pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri atau melalui pemotongan atau pemungutan pihak lain dalam satu tahun pajak, penghasilan objek pajak atau bukan objek pajak, harta dan kewajiban, dan pemungutan pajak orang atau badan lain dalam satu masa pajak.

Pengusaha Kena Pajak

Berfungsi untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan perhitungan PPN dan melaporkan pengkreditan pajak masukan terhadap pajak keluaran, pembayaran atau pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri oleh PKP dan atau melalui pihak lain dalam satu masa pajak, yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Lalu, siapa saja sih pengguna e-SPT ini? Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-14/PJ/2013, e-SPT digunakan oleh wajib pajak sebagai berikut:

  • Pegawai tetap atau penerima pensiun atau penerima tunjangan/Jaminan Hari Tua (JHT) berkala dan/atau PNS, anggota TNI/POLRI, pejabat negara, dan pensiunannya yang jumlahnya lebih dari 20 orang dalam satu masa pajak.
  • Wajib pajak badan yang melakukan pemotongan PPh 21 tidak final dengan bukti pemotongan yang jumlahnya lebih dari 20 dokumen dalam satu masa pajak.
  • Pemotongan PPh 21 final dengan bukti pemotongan yang jumlahnya lebih dari 20 dokumen dalam satu masa pajak.
  • Wajib pajak yang melakukan penyetoran dengan SSP dan/atau bukti PBK yang jumlahnya lebih dari 20 dokumen dalam satu masa pajak.

Setelah mengetahui fungsi e-SPT dan pengguna e-SPT, sekarang mari kita ketahui kelebihan e-SPT itu sendiri. Beberapa di antaranya yaitu:

Kelebihan E-SPT

  • Data perpajakan terorganisir dengan baik.
  • Penyampaian SPT menjadi cepat dan aman karena lampiran berbentuk digital.
  • Penghitungan pajak dilakukan secara cepat dan tepat karena menggunakan sistem komputer.
  • Sistem aplikasi e-SPT mengorganisasikan data perpajakan perusahaan dengan baik dan sistematis.
  • Memudahkan dalam membuat laporan pajak.
  • Menghindari pemborosan penggunaan kertas.
  • Data lebih lengkap dan teratur karena penomoran formulir menggunakan sistem komputer.
  • Berkurangnya pekerjaan-pekerjaan klerikal perekaman SPT yang memakan sumber daya yang cukup banyak.

Selain kelebihan di atas, kamu juga bisa mendapakan keuntungan dari penggunaan e-SPT ini, di antaranya:

Keuntungan Pengguna E-SPT

  • Pelaporan lebih cepat dan efisien karena tidak lagi perlu ke Kantor Pelayanan Pajak.
  • Tersedianya fitur untuk menghitung pajak secara otomatis dan akurat sehingga wajib pajak dapat menghindari revisi pelaporan yang merepotkan.
  • Data wajib pajak aman dan terproteksi dengan baik. Informasi akan dienkripsi menggunakan protokol SSl yang juga biasanya digunakan oleh situs e-commerce lain.
  • Tersedianya fitur multi-user sehingga memungkinkan wajib pajak untuk menambahkan jumlah user sebanyak yang diinginkan ke akun pengguna. Wajib pajak bahkan dapat menentukan peran dari setiap user yang ada.

Bagaimana, sudah mulai memahami SPT bukan? Kemudahan akses SPT dengan adanya e-SPT ini tidak akan mungkin berhasil tanpa adanya perkembangan teknologi.

Maka itu, jangan lupa untuk terus belajar mengenai teknologi dan mengikuti perkembangannya karena kemudahan akses ini tetap saja tidak berguna apabila kamu tidak memahami cara mengaksesnya. Tidak terkecuali para milenial yang hidup di tengah-tengah era digital. Selamat belajar dan jangan lupa untuk membayar pajak!

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait