Pengertian dan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

daftar riwayat hidup
daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup atau yang biasa dikenal dengan nama Curriculum Vitae (CV) merupakan sebuah tulisan yang berisi mengenai riwayat kamu dari mulai pendidikan pertama hingga kegiatan kamu saat ini. Daftar riwayat hidup akan menjelaskan ragam hal tentang kamu yang tidak diketahui oleh orang lain melalui sebuah catatan rinci.

Biasanya, riwayat hidup dibuat untuk memenuhi kebutuhan interview pekerjaan dimana dokumen pribadi ini akan dijadikan acuan perusahaan dalam menerima karyawannya. Perusahaan biasanya akan melihat latar belakang calon karyawan dari mulai pendidikan, pengalaman, prestasi dan keahlian dalam pengambil keputusan perekrutan.

Latar belakang calon karyawan atau pelamar akan dijadikan sebagai referensi dalam menentukan beberapa keputusan perusahaan, seperti penempatan jabatan, penentuan divisi, nominal gaji, tunjangan karyawan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, untuk menarik minat perusahaan CV haruslah ditulis dengan jujur, benar dan detail karena secara tidak langsung, daftar riwayat hidup adalah bentuk marketing diri kamu kepada perusahaan.

Dalam pembuatan CV, ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan kamu, agar CV kamu dapat menarik minat perusahaan, antara lain :

Teknik Penulisan

Dafar riwayat hidup dahulu kala ditulis dengan menggunakan tulisan tangan di kertas HVS atau Folio. Saat ini, daftar riwayat hidup ditulis menggunakan ketikan komputer dan di print sesuai kebutuhan. Ada juga yang berbentuk soft copy seperti file word atau pdf untuk memudahkan pengiriman melalui fasilitas internet.

Runut Penulisan

Daftar riwayat hidup ditulis dengan runut dimana pada awalnya dimulai dari tanggal lahir kamu, sekolah pertama kamu, jenjang pendidikan kamu dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi, Kemudian dilanjutkan dengan keahlian dan pengalaman bekerja kamu.

Penulisan Tanggal

Penulisan tanggal pada daftar riwayat hidup sangat penting dimana, tanggal ditulis dari tanggalan yang paling lama hingga tanggalan saat ini. Hal ini untuk memudahkan perekrut melihat histori atau sejarah kehidupan kamu.

Pengalaman Kerja

Sedangkan untuk pengalaman kerja bisa kamu tuliskan dengan format mundur (flash back) dimana pekerjaan terakhir kamu berada pada posisi awal, sehingga perusahaan bisa mudah melihat dalam kurun waktu yang singkat mengenai apa yang kamu lakukan beberapa waktu sebelum melamar pekerjaan saat ini.

Prestasi

Prestasi adalah hal yang cukup penting dalam daftar riwayat hidup, apalagi jika berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Perusahaan akan sangat senang jika bisa mempekerjakan seorang pekerja yang mengukir prestasi di tembat kerja sebelumnya. Ini karena, perusahaan memiliki ekspektasi tinggi bahwa kamu juga akan memiliki prestasi di perusahaan yang kamu lamar.

Pertimbangkan Penulisan hal Terpenting

Ketika kamu menulis riwayat hidup, hal yang penting adalah menuliskan sisi-sisi terpenting kamu, namun tetap berpegang teguh pada nilai kejujuran. Layaknya marketing, maka hal-hal yang membanggakan dalam diri kamu haruslah ditunjukkan. Walaupun kamu memiliki sisi yang kurang, selama kamu mampu memperbaiki diri kedepannya ini tidak akan menjadi masalah.

Nah, setelah emperhatikan beberapa aspek penitn terbebut. Kini saatnye kamu membuat daftar riwayat hidup. Simak cara membuat daftar riwat hidup, seperti berikut :

Tuliskan Data Diri

Dalam daftar riwayat hidup, di awal yang harus kamu tuliskan adalah judul dan data diri kamu.

Contoh :

Daftar Riwayat Hidup

Nama lengkap                        :

Tempat dan tanggal lahir    :

Alamat                                     :

Pendidikan Terakhir            :

Agama                                    :

Nomor Handphone / Telepon :

Alamat email                          :

Riwayat pendidikan

Dalam menuliskan riwayat pendidikan, kamu bsia menuliskan riwayat pendidikan kamu dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi terakhir. Atau jika kamu sedang melanjutkan studi dari Diploma ke Sarjana atau dari sarjana ke magister, kamu bisa menuliskan keterangan kamu. Penulisan riwayat pendidikan juga harus runut dengan tanggal masuk dan tanggal lulus.

Contoh :

Riwayat Pendidikan

1990 – 1996  SD                  SD Negeri Jakarta Pusat

1996 – 1999  SMP               SMP Negeri Jakarta Pusat

1999 – 2002  SMA               SMA Negeri Jakarta Pusat 

2002 – 2005  Kuliah             Fakultas Bahasa Inggris Universiatas Indonesia   

2005 – 2007  Kuliah             Fakultas Hukum Universitas Indonesia  

Pendidikan Non Formal

Beberapa pendidikan non formal atau kursus yang kamu ikuti dan berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, bisa kamu tuliskan pada daftar riwayat hidup kamu.

Contoh :

Pendidikan Non Formal

1999 – 2000               Kursus Komputer Perkantoran di JacTech             Lulus

1999 – 2005               Kursus Bahasa Inggris TOEFL / IELTS di TBI          Lulus

2002 – 2003               Kursus Web Programing dan Desain di JacTech    Lulus

Pengalaman Organisasi

Jika kamu memiliki organisasi, atau tergabung dalam organisasi yang mendukung kinerja kamu, maka bisa kamu cantumkan. Namun jika tidak memiliki pengalaman organisasi, maka tidak perlu menuliskannya.

Prestasi

Pertasi adalah hal yang paling disenangi oleh perusahaan dalam menerima calon karyawannya. Jika kamu memiliki prestasi yang menurut kamu bisa lebih menjual nilai diria kamu, silahkan masukkan kedalam daftar riwayat hidup kamu. Misalkan Karyawan of The Year atau Karyawan of The Month. Ataupun reward untuk melanjutkan pendidikan yang kamu peroleh dari perusahaan lama.

Pengalaman Kerja

Hal terakhir yang harus kamu tuliskan dalam daftar riwayat hidup, adalah pengalaman kerja. Tuliskan pengalaman kerja yang terakhir kamu lakukan berserta posisi / jabatan kamu, job desk kamu, gaji yang kamu terima dan alasan kamu berhenti kerja.

Nah, iltulah beberapa penjelasan mengenai daftar riwayat hidup dan cara untuk membuatnya. Semoga bermanfaat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait