Ini Fungsi dan Manfaat NPWP bagi Wajib Pajak

manfaat npwp
manfaat npwp

Apasih manfaat NPWP bagi Wajib Pajak? Bagi kamu yang masih bingung, simak ulasan dari redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahuinya ya.

Kewajiban seorang warga negara ialah membayar pajak. Untuk membayar pajak, seorang wajib pajak harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Dilansir dari Direktorat Jenderal Pajak, pengertian dari NPWP ialah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana administrasi perpajakan yang digunakan sebagai identitas atau pengenal diri wajib pajak dalam melaksanakan semua kewajiban dan haknya.

Menurut ketentuan yang berlaku, setiap wajib pajak hanya diberikan satu NPWP saja, di mana NPWP itu terdiri dari 15 digit dengan 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak dan 6 digit sisanya ialah kode administrasi.

Namun, sampai saat ini pemahaman mengenai manfaat NPWP bisa dikatakan masih belum sepenuhnya merata di semua kalangan masyarakat.

Tidak sedikit dari mereka yang merasa bingun dengan manfaat, fungsi, serta proses pendaftaran NPWP. Padahal, manfaat NPWP begitu banyak bagi pemiliknya, khususnya dalam membantu membeli produk investasi saham, reksa dana, dan obligasi.

Namun, sebelum menjelaskan manfaat dan fungsinya lebih lanjut, di bawah ini akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana cara membuat NPWP.

Cara membuat NPWP

Dalam pembuatan NPWP, saat ini sudah tersedia secara online maupun offline. Wajib pajak bisa langsung menuju ke kantor pajak terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan atau bisa juga mengunjungi situs ereg.pajak.go.id untuk membuat NPWP secara online yang tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara membuat NPWP secara online. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat akun terlebih dahulu di ereg.pajak.go.id dengan memilih daftar pada kalimat klik daftar untuk mendaftar.
  • Isi jenis wajib pajak yang akan kamu daftarkan, pribadi atau badan.
  • Tulis nama sesuai KTP
  • Masukkan alamat email yang aktif
  • Masukkan password dan ulangi
  • Tulis nomor HP yang aktif dan yang akan terus digunakan
  • Setelah berhasil masuk, pilih pusat jika kamu masih lajang, atau cabang jika kamu perempuan yang sudah menikah
  • Masukkan persyaratan yang dibutuhkan
  • Setelah selesai, klik token dan cek email kembali
  • Salin dan kopi nomor token ke menu dasbor
  • Klik kirim permohonan, lalu tunggu hingga kartu NPWP dikirim ke alamat rumahmu.

Manfaat dan Fungsi NPWP

Setelah berhasil mendaftar dan memiliki NPWP, kamu bisa menikmati beberapa manfaat dan fungsinya. Berikut ini manfaat dan fungsi NPWP yang perlu kamu ketahui.

Sebagai Persyaratan Administrasi

Dengan memiliki NPWP, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam mengurus persyaratan administrasi, seperti administrasi di bank. Bahkan, ada beberapa institusi perbankan yang mengharuskan untuk memasukkan nomor NPWP sebagai salah satu syarat utama atau syarat dokumen pendukung untuk mengurus administrasinya.

Berikut beberapa pembuatan dokumen yang membutuhkan NPWP sebagai syarat, di antaranya sebagai berikut:

Kredit bank

Saat kamu ingin mengajukan kredit ke bank, salah satu syarat yang harus dipenuhi ialah nomor pokok wajib pajak, sebab NPWP menjadi salah satu syarat dokumen utama dalam proses kredit di bank. Bagi bank, NPWP menjadi bukti untuk mencek apakah calon peminjam taat pajak atau tidak.

Selain itu, dengan NPWP kamu akan makin mudah dalam proses pengajuan kredit di bank seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), kredit multiguna, kredit kendaraan bermotor, dan sebagainya.

Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening dana nasabah (RDN) merupakan rekening yang dibuka di bank tertentu untuk tujuan investasi. RDN atau sering juga disebut dengan RDI (rekening dana investor), hanya bisa digunakan untuk transaksi jual beli produk investasi, seperti investasi saham, reksa dana, obligasi, dan produk investasi lainnya.

Pembuatan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP merupakan surat izin bagi seseorang atau badan utnuk dapat melaksanakan perdagangan. SIUP ini berfungsi sebagai bukti pengesahan usaha yang dijalan dan dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

SIUP tidak hanya dibutuhkan oleh usaha berskala besar saja, melainkan juga usaha kecil dan menengah agar usaha yang dilakukan mendapat pengakuan dan pengesahan dari pemerintah.

Pembuatan Paspor

Dalam pembuatan paspor, juga dibutuhkan NPWP sebagai syarat. Paspor sendiri merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi yang berwenang di suatu negara yang memuat informasi serta identitas pemegangnya.

Instansi yang berwenang di Indonesia antara lain direktorat imigrasi, kemenkumham. Bagi kamu yang belum memiliki paspor, maka diharuskan memiliki NPWP terlebih dahulu sebelum mengajukan paspor.

Permudah Mengurus Perpajakan

Manfaat dan fungsi lain dari NPWP sudah tentu berkaitan dengan kemudahan dalam mengurus segala bentuk administrasi perpajakan. Jika tidak punya NPWP, kamu bisa jadi tidak diperkenankan untuk membuat dokumen-dokumen tersebut. Berikut beberapa kemudahan yang didapatkan saat memiliki NPWP.

Mengurus Restitusi Pajak

Restitusi pajak artinya pembayaran pajak yang melebihi batas seharusnya. Jadi, saat kamu merasa adanya restitusi pajak, dengan adanya NPWP kamu bisa mengurusnya dengan mudah dan bisa mengambil uang lebihan dari pembayaran pajak yang sudah dilakukan. Namun, bagi kamu yang tidak punya NPWP maka tidak bisa melakukan pengambilan kelebihan tersebut.

Tahu Jumlah Pajak yang Harus Dibayarkan

Dengan adanya NPWP, kamu bisa mengetahui berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Pemotongan Pajak yang Rendah

Manfaat ini sangat terasa bagi wajib pajak. Sebab, bagi yang tidak memiliki NPWP, mereka akan dikenakan pajak 20% lebih tinggi dari jumlah pajak yang mesti dibayarkan. Nah bagi yang memiliki NPWP tentu saja wajib pajak akan dikenakan pemotongan yang lebih rendah dari itu.

Bacaan menarik lainnya:

Resmi, Siti. 2016. Perpajakan Teori dan Kasus, Edisi 9, Buku 1. Penerbit Salemba Empat: Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait