Pengertian dan Isi Resume Adalah Seperti Berikut Ini

resume adalah
resume adalah

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan, pastinya sudah sering mendengar istilah surat lamaran (cover letter), CV (Curriculum Vitae, dan juga resume. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa CV dan resume adalah dua hal yang berbeda. Kebanyakan pelamar, masih bingung dan sering tertukar di antara keduanya.

Kalau kamu salah satunya, maka kebingungan kamu akan berakhir sekarang. Karena kita akan membahas mengenai pengertian dan isi resume dalam dunia kerja. Pastinya, setelah ini kamu juga akan bisa membedakannya dengan CV dan tidak akan tertukar lagi.

Pengertian Resume Adalah

Sebelum mulai membuat resume, pastinya kamu harus tahu dulu pengertian dari resume. Secara umum, resume adalah rangkuman singkat berbagai hal mengenai diri kamu. Mulai dari pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, penghargaan dan lain sebagainya. Semuanya dirangkum tidak lebih dari dua halaman.

Hanya saja, ketimbang menuliskan semua secara detai dan lengkap, kamu hanya menuliskan hal-hal yang relevan saja. Sehingga, isi resume lebih tertarget dan mengerucut pada posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Manfaat Resume

Tentunya dengan menggunakan resume, lebih mudah bagi perusahaan untuk menilai apakah kamu sesuai dengan kualifikasi yang mereka cari. HRD bisa lebih cepat memberikan penilaian. Kamu juga akan lebih fokus dalam menyusun value yang kamu miliki untuk meyakinkan pihak HRD bahwa kamu memenuhi kualifiksi mereka.

Misalnya, jika kamu melamar posisi di bidang sales, maka kamu cukup memasukkan pengalaman kerja, keahlian atau pelatihan yang berkaitan dengan bidang sales. Kamu tidak perlu memasukkan prestasi kamu di bidang puisi atau sastra yang tentunya tidak berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Perbedaan CV dan Resume adalah

Dari paparan di atas, tentunya kamu sudah tahu bahwa perbedaan CV dan resume adalah pada kelengkapan isinya. Resume lebih singkat, padat dan mengerucut, ditulis maksimal dua halaman.

Sedangkan CV lebih lengkap dan detail. Kamu bisa memasukkan semua biodata dan daftar riwayat hidup kamu. Tidak ada batasan berapa jumlah halaman dalam menulis CV.

Kapan Menggunakan Resume atau CV

Yang paling penting, sebelum kamu mengirim CV atau resume, perhatikan apa yang diinginkan perusahan. Apabila perusahaan meminta CV, jangan sekali-kali mengirim resume dan demikian juga sebaliknya.

Memang tidak ada aturan pasti kapan menggunakan resume atau CV pada saat melamar pekerjaan. Namun jika perusahaan yang dilamar tidak memberikan ketentuan, maka pemilihan resume atau CV bisa disesuaikan dengan pengalaman kerja kamu.

Kalau kamu telah memiliki banyak pengalaman kerja, khususnya pada posisi yang sesuai, maka menggunakan resume adalah pilihan tepat. Karena kamu tidak harus menuliskan hal-hal yang tidak relevan.

Sebaliknya, kalau kamu masih pelamar baru (fresh graduate), atau ingin pindah haluan pekerjaan, kamu bisa memilih menggunakan CV. Karena dengan menggunakan CV kamu bisa menulis secara lengkap daftar riwayat hidup kamu.

Pada CV kamu bisa masukkan semua pengalaman organisasi dan juga keterampilan yang kamu miliki. Tentunya hal itu bisa menjadi penilaian lebih walaupun kamu masih lulusan baru. Yakinkan juga kalau beberapa pengalaman kamu sebelumnya bisa bermanfaat untuk posisi yang dilamar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait