Contoh Studi Kelayakan Bisnis untuk Masukan Bagi Perencanaan

Contoh Studi Kelayakan Bisnis untuk Masukan Bagi Perencanaan
Contoh Studi Kelayakan Bisnis untuk Masukan Bagi Perencanaan

Saat akan membuat sebuah perencanaan, akan ada banyak faktor yang menjadi bahan pertimbangan guna mampu melahirkan kebijakan dan keputusan yang strategis. Faktor bahan pertimbangan haruslah berupa informasi atau data yang bisa dibuktikan kebenarannya, tidak boleh bersifat hipotesa apalagi asumtif. Salah satu metoda yang paling dapat dipercaya untuk itu adalah mengadakan studi kelayakan bisnis.

Jika kita belum memiliki cukup dana untuk melakukannya, gunakan contoh studi kelayakan dari bisnis-bisnis yang sama, ataupun yang sejenis, yang sudah ada sebelumnya. Dengan demikian perencanaan bisnis yang sedang disusun bisa mendapat pembelajaran, masukan-masukan strategis dan bebas dari pengambilan kebijakan dan keputusan yang keliru.

Contoh Studi Kelayakan Rumah Sakit

Sebuah rumah sakit bertujuan mengembangkan usahanya, menambah ruangan pada bangunan, haruslah melakukan studi kelayakan bisnis. Studi itu akan menentukan apakah proyek itu harus dilanjutkan. Orang-orang yang akan membawakan studi itu akan menghitung biaya tenaga kerja dan material. Mereka juga akan menghitung seberapa mengganggunya kah proyek itu bagi staf dan pasien.

Studi itu juga akan mengukur pendapat public mengenai tambahan baru itu. Dengan kata lain, apakah komunitas lokal akan suka atau menentang proyek itu? Adalah sangat penting untuk menentukan bagaimana para stakeholder akan bereaksi. Seorang stakeholder adalah seseorang yang memiliki ketertarikan pada proyek, bisnis atau organisasi. Stakeholder rumah sakit, misalnya, para dokter, para perawat, staf rumah sakit, pasien, pengunjung dan pemilik rumah sakit. Anggota komunitas local juga dianggap sebagai stakeholder.  Semua itu akan membawa studi itu melalui semua pro dan kontra dari proyek itu. Kemudian keduanya akan ditimbang. Akhirnya, akan ditentukan apakah proyek itu ide yang bagus atau tidak.

. Stakeholder rumah sakit, misalnya, para dokter, para perawat, staf rumah sakit, pasien, pengunjung dan pemilik rumah sakit. Anggota komunitas local juga dianggap sebagai stakeholder.  Semua itu akan membawa studi itu melalui semua pro dan kontra dari proyek itu. Kemudian keduanya akan ditimbang. Akhirnya, akan ditentukan apakah proyek itu ide yang bagus atau tidak.

Biaya Vs Nilai

Ini adalah tes yang seerhana, 2 (dua) kriteria yang akan menentukan untuk layak tidaknya proyek itu adalah:

a. Berapa harganya?

b. Nilai apa yang akan dibawa proyek itu saat sudah selesai?

Sebuah studi kelayakan yang baik harus menyediakan beberapa hal seperti:

a. Latar belakang sejarah dari proyek atau bisnis

b. Laporan Akuntansi

c. Detail semua operasional dan manajemen

d. Deskripsi detail tentang masing-masing itu

e. Data finansial

f. Implikasi pajak dan obligasi

g. Persyaratan hukum

h. Data riset marketing dan obligasi.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berdasarkan analisa manfaat biaya dari bisnis yang nyata atau kelangsungan hidup proyek itu. Studi kelayakan itu diadakan selama masa pertimbangan dari siklus pendirian bisnis, sebelum awal dari perencanaan bisnis formal.

Tipe-Tipe Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Teknis, Studi Kelayakan Jadwal, Studi Kelayakan Ekonomi, Studi Kelayakan Budaya, Studi Kelayakan Hukum/Etik, Studi Kelayakan Sumber Daya, Studi Kelayakan Operasional, Studi Kelayakan Marketing, Studi Kelayakan Real Estate, Studi Kelayakan Menyeluruh.

Apa Manfaat Studi Kelayakan Bisnis studi kelayakan bisnis harus dilakukan tiap kali ada proyek yang baru, proses, penggunaan vendor atau bisnisnya sedang dibangun. Studi kelayakan tidak hanya akan menyediakan arahan, tapi juga akan menentukan fokus dari tiap tim kerja.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait