Bisnis & Kerja Sampingan, milenial

Baca Motivasi Kehidupan Ini, Biar Bisnismu Tetap Semangat

Anak muda memang terkenal memiliki jiwa dan semangat yang berapi-api dalam meraih apa yang mereka cita-citakan sejak masih kecil. Semangat berapi-api yang dimiliki oleh kamu sebagai anak muda, biasanya dijadikan motivasi kehidupan yang mampu membuat kamu bertahan dalam menghadapi berbagai rintangan.

Tak terkecuali dalam urusan bisnis yang sering sekali terjadi pasang-surut, yang terkadang membuat semangat bisnismu goyah dan rapuh. Itulah mengapa kata-kata bijak dari motivasi kehidupan bisa menjadi sebuah hal yang berarti bagi kamu untuk tetap semangat dan tidak goyah. Walaupun faktanya bisnis yang sedang kamu jalani sedang mengalami hambatan seperti mengalami kerugian, kondisi ekonomi tidak stabil, kegagalan bisnis, bangkrut, dll.

Percayalah apa yang kamu hadapi tersebut seiring dengan berjalan waktunya pasti akan berlalu. Nah berikut ini merupakan kata-kata bijak dari motivasi kehidupan para pengusaha sukses yang dapat membuat diri kamu tetap bersemangat dalam menjalankan sebuah bisnis walaupun sedang lesu sekalipun.

#1 Michael DELL, Pendiri Perusahaan DELL

“Akuilah bahwa akan ada kegagalan, dan akan ada rintangan. Tetapi, Anda akan belajar dari kesalahan dan kesalahan orang lain, karena sangat sedikit yang dapat dipelajari dari kesuksesan.”

Suka atau tidak suka pasti setiap manusia di dunia ini akan menemui kegagalan dan menghadapi masalah. Tetapi kamu bisa belajar dari kegagalan yang kamu rasakan serta kegagalan yang terjadi kepada orang lain.

Kegagalan bisa kamu jadikan cermin, agar kamu lebih rendah hati lagi. Karena pada dasarnya hidup di dunia ini hanya untuk sementara waktu saja, sehingga pengalaman dari kegagalan kamu menjadi suatu hal yang berharga untuk digunakan di kemudian hari.

#2 Drew Houston, Penemu Dropbox

“Jangan khawatir mengenai kegagalan, Anda hanya harus benar sekali.”

Rasa takut dari kegagalan bisnis yang sering kamu rasakan, tidak boleh menjadi suatu kekhawatiran dalam hidupmu. Ambillah hikmah dari kegagalan bisnis kamu tersebut. Karena ternyata kegagalan itu menyimpan suatu hal-hal yang tepat untuk kamu lakukan.

#3 Marc Zulkenberg, Pendiri Facebook

“Saya pikir aturan yang paling sederhana dalam bisnis adalah jika Anda mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah dahulu, maka Anda sebenarnya telah membuat banyak progres.”

Motivasi kehidupan untuk sebuah bisnis juga diutarakan oleh Marc Zulkenberg. Berdasarkan kata-kata bijaknya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ketika kamu berbisnis pasti semuanya berawal dari hal sederhana terlebih dahulu. Tetapi jika kamu sudah menyelesaikan hal-hal sederhana dalam bisnismu berarti bisnis tersebut telah mengalami banyak kemajuan atau progress.

#4 Marissa Mayer, Presiden & CEO Yahoo!

“Jika anda bisa meredam perasaan takut dalam mengambil risiko, hal-hal yang menakjubkan bisa terjadi.”

Menurut Mayer, kegagalan bisnis yang paling utama adalah takut dengan risiko. Padahal setiap berbisnis pasti memiliki risiko. Tidak ada bisnis yang tidak memiliki risiko.

Kamu harus siap menghadapi risiko jika kamu ingin terjun ke dunia bisnis. Kamu hanya perlu memperhitungkan setiap risiko yang kamu hadapi. Namun begitu, Mayer percaya hal-hal yang menakjubkan akan menunggumu yang berani mengambil risiko.

#5 Jack Ma, Pendiri Alibaba

“Bantu orang muda. Bantu orang kecil. Karena orang kecil akan besar. Orang muda akan memiliki benih yang anda taburkan di pikiran mereka, dan ketika mereka tumbuh, mereka akan mengubah dunia.”

Kamu mengerti petuah Jack Ma? Jika dimaknai di dunia bisnis, kamu yang telah sukses berbisnis jangan lupa rendah hati. Ini bukan sekadar kamu beramal dan bersedekah. Secara mendalam, nasihat ini bermaksud, kamu harus menengok perusahaan-perusahaan kecil potensial yang bisa kamu bina. Ikut membimbing perusahaan kecil atau UMKM.

Kamu bisa juga memaknai secara lain nasihat Jack Ma. Seperti merangkul anak-anak muda untuk mengeluarkan ide-ide mereka. Karena seperti yang kita tahu, anak-anak muda alias generasi milenial sekarang banyak memiliki ide-ide segar yang out of the box, yang tidak tersentuh dan terpikir para pebisnis besar.

#6 Steve Jobs, Pendiri Apple

“Ciptakanlah hari esok, daripada kamu mengkhawatirkan apa yang sudah terjadi kemarin”.

Banyak orang yang sering meratapi nasibnya karena telah melakukan banyak kesalahan di hari kemarin. Mereka hanya berfokus pada masalah kemarin. Padahal, hal terpenting untuk sukses adalah dengan fokus pada hari esok. Sama seperti yang dikatakan Steve Jobs di atas, untuk menjadi seorang yang sukses, kamu tidak boleh mengengok ke belakang dan memikirkan apa yang sudah terjadi di hari kemarin. Cobalah untuk menjadikan kesalahanmu di hari kemarin sebagai pembelajaran dan pengalaman yang bisa membuat kamu menjadi lebih baik di kemudian hari.

#7 Albert Einstein

“Yang penting jangan sampai berhenti bertanya. Keingintahuan punya alasan tersendiri untuk eksis.”

Untuk menjadi seorang yang sukses jangan pernah untuk malu bertanya. Kamu bisa bertanya dan mencari beragai macam cara, mulai dari membaca buku, bertaya kepada orang yang telah berpengalaman, dan sebagainya. Karena, dengan rasa keingintahuan yang besarlah kamu bisa menggapai suksesmu dengan cepat. Untuk mencapai kesuksesan, kamu juga bisa mulai dengan mengikuti seminar bisnis dan manfaatkan networking yang ada.

#8 Walt Disney, Pendiri The Walt Disney Company

“Semua mimpi kita dapat terwujud jika kita berani untuk mewujudkannya”

Setiap orang pasti punya mimpi dan impian sendiri. Ada mimpi jangka panjang, ada juga mimpi jangka pendek. Ingin memiliki bisnis yang sukses dan dikenal banyak orang mungkin jadi mimpi banyak orang. Namun, tidak semua orang bisa mencapainya. Hal ini dikarenakan berbedanya strategi dan seberapa besar mereka untuk mengubah dirinya. Untuk mencapai mimpi, Walt Disney menyampaikan bahwa kamu hanya butuh keberanian untuk menggapainya. Jangan pernah takut gagal, coba lagi dan ambil risikonya. Selain itu, coba juga untuk berpikir positif dan tanamkan dalam diri kamu bahwa, semua yang kamu lakukan tidak ada yang sia-sia, dan yakinlah bahwa kamu bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

#9 Ali bin Abi Thalib

“Jangan pernah membuat keputusan dalam kemarahan dan jangan pernah membuat janji dalam kebahagiaan”

Dalam menjalankan bisnis, pasti ada kalanya kamu merasa kesal karena apa yang kamu inginkan tidak sesuai harapan. Namun, ada juga saatnya kamu merasa senang ketika mendapatkan yang kamu inginkan. Kedua kondisi ini sebenarnya sama-sama baik selama kamu bisa menerimanya dengan baik. Namun, kondisi ini juga bisa membuat kamu terjerumus jika kamu tidak bisa mengontrolnya, terutama ketika ingin mengambil keputusan. Sebagai seorang pengusaha, kamu akan dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat. Namun, hindari untuk mengambil keputusan di saat kamu sedang tidak baik, dan hindari memberikan janji ketika kondisi kamu sedang bahagia. Cobalah menjaga kondisi dan emosi kamu untuk lebih stabil.

Ingatlah pada motivasi kehidupan yang mengutarakan bahwa, jangan jadikanlah kegagalan sebagai musuh terbesar dalam hidupmu. Melainkan jadikanlah kegagalan sebagai motivasi terbesar dalam hidupmu. Mengapa? Hal ini dikarenakan di balik kegagalan yang dialami, kamu akan mendapatkan pelajaran yang tidak bisa kamu temukan sebelumnya.

#10 Harold Whitman

“Jangan tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat Anda hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias”

Banyak orang yang sulit berkembang karena terlalu lama menghabiskan banyak waktu untuk memilirkan apa yang dibutuhkan dunia. Padahal, itu semua belum tentu benar. Untuk sukses dan capai mimpi, cobalah kamu perhatikan diri kamu sendiri dan lihat apa kekuatan, talenta, dan minat terbaik dalam diri kamu. Hindari untuk mengurusi kelebihan dan kekuatan orang lain.

Dengan mulai fokus pada diri kamu, kamu bisa lebih fokus menjadi yang terbaik di bidang kamu. Untuk mengetahui minat dan bakat, kamu bisa belajar dan menggali terus minat kamu. Jika kamu sulit menemukannya, kamu bisa menanykannya kepada orang-orang terdekat, karena biasanya mereka akan lebih mengetahui kekuatan yang mungkin tidak kamu sadari.

#11 Brian Dyson

“Janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba”

Banyak orang yang merasa lelah dan menyerah di tengah jalan ketika mereka terus mengalami kegagalan. Padahal, tidak ada yang tahu jika kamu mulai melangkah 1 kali lagi kesuksesan akan datang. Jika kamu baru gagal 1-2 kali itu wajar, masih ada 9999 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kesuksesan.

Meski gagal, jangan pernah kamu aggap diri kamu gagal, tapi anggaplah kamu hanya salah jalan dan bisa mencari dan menemukan jalan yang sebenarnya. Jadi, buat kamu yang mau sukses, pastikan kamu tidak akan menyerah hingga akhir dan terus mencoba berbagai macam cara.

Itulah beberapa kata-kata bijak dari motivasi kehidupan yang diutarakan oleh para pengusaha sukses di dunia, semoga melalui informasi ini kamu bisa bersemangat kembali dalam menjalankan bisnismu kedepan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait