Tips Interview yang Baik Agar Disukai oleh Perusahaan

tips interview
tips interview

Interview atau wawancara kerja merupakan hal yang sangat penting dan mempengaruhi apakah kamu diterima atau tidak untuk bekerja di suatu perusahaan. Lalu bagaimana tips interview yang baik?

Hal ini akan memudahkan pihak HRD untuk mengetahui sikap, perilaku, tanggung jawab dan kemampuan kamu untuk beradaptasi dengan alur kerja di perusahaan tersebut.

Dengan adanya proses wawancara, perusahaan biasanya akan mengetahui kemampuan dari pelamar untuk mengambil keputusan dalam memecahkan setiap masalah.

Namun, saat interview berlangsung, banyak orang yang merasa tegang. Apalagi, bagi orang yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Sehingga, tidak sedikit orang yang gagal dalam tahap ini.

Agar disukai oleh pihak perusahaan, kamu harus membaca tips interview. Dengan membaca tips tersebut, maka kamu bisa mengetahui bagaimana menghadapi tes interview dengan baik dan benar.

Bagi kamu yang ingin atau sedang melamar pekerjaan, berikut ini adalah tips interview yang baik agar disukai oleh perusahaan:

Memperhatikan Penampilan

Memperhatikan penampilan adalah cara yang paling penting untuk menghadapi interview. Hal pertama yang dilihat dari pelamar kerja adalah penampilannya.

Saat interview, kamu disarankan untuk mengenakan pakaian formal yang tidak mencolok. Sebaiknya, kamu juga tidak mengenakan celana berbahan jeans. Usahakan juga untuk terlihat rapi agar mendapatkan penilaian yang baik dari perusahaan.

Datang Tepat Waktu

Ketika kamu dipanggil untuk melakukan tes interview, usahakan untuk datang tepat waktu atau lebih awal. Jangan sampai pihak perusahaan menunggu kamu, karena akan mengurangi penilaian poin terhadap kedisiplinanmu.

Jika kamu datang tepat waktu atau lebih awal, maka kamu bisa mempersiapkan diri agar tetap fokus saat proses tes interview.

Bersikap Sopan

Setelah kamu dipanggil untuk masuk ke ruangan, jangan lupa mengetuk pintu terlebih dahulu dan memberikan salam.

Selain itu, tunjukkan wajahmu yang ceria dan ramah agar menjadi poin tambahan. Ketika interview, lupakanlah sejenak permasalahan yang kamu alami di luar.

Menjawab Pertanyaan dengan Jelas

Ketika tes interview dimulai, usahakanlah untuk melakukan kontak mata dengan pihak pewawancara. Kontak mata berfungsi untuk memberikan persepsi, bahwa kamu sangat serius melamar posisi pekerjan yang diinginkan.

Saat kamu ditanya, berikanlah jawaban yang jelas. Jika jawabanmu panjang dan tidak jelas, maka hal itu hanya membuang waktu saja dan mengurangi penilaian terhadap dirimu.

Menunjukkan Semangat Kerja

Kamu juga meyakinkan pihak perusahaan jika ingin memberikan kontribusi yang lebih untuk ikut memajukan perusahaan.

Dalam tahap interview ini, kamu juga harus bisa menunjukkan kemampuan yang dimiliki kepada perusahaan. Jangan lupa juga untuk menunjukkan semangat kerja agar dapat memberikan manfaat yang baik bagi perusahaan.

Dalam hal ini, perusahaan akan menilai kamu sebagai seseorang yang dapat bekerja dengan baik. Nantinya, gaji dan fasilitas bakal datang dengan sendirinya.

Mengucapkan Terima Kasih

Ketika proses interview berakhir, yakinkan dirimu apakah sudah cukup atau ada hal yang ingin ditanyakan kembali.

Jika dirasa sudah cukup, kamu harus mengucapkan terima kasih kepada pihak pewawancara karena telah diberi kesempatan untuk menjelaskan kemampuanmu.

Itulah tips interview yang baik agar kamu diterima oleh perusahaan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menjalani tes interview dengan baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait