Tips Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik dan Manfaatnya

asuransi perjalanan
asuransi perjalanan

Bagi kamu yang suka berpergian, asuransi perjalanan sangat diperlukan. Sebab, asuransi ini bisa melindungi kamu dari berbagai risiko selama perjalanan.

Tak heran, jika asuransi perjalanan sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Apalagi, jika kamu sering berpergian ke luar negeri.

Jika kamu tidak memiliki asuransi perjalanan, maka biaya rumah sakit atau harta benda yang hilang akan menjadi tanggung jawab pribadi. Pastinya, hal tersebut akan menjadi beban keuangan.

Berbagai produk asuransi perjalanan pun menawarkan beragam perlindungan. Kamu bisa memilih salah satu produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu ingin berpergian ke dalam dan luar negeri, berikut ini adalah tips memilih asuransi perjalanan dan manfaat yang didapatkan:

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Masih banyak orang yang bingung ketika ingin mengambil asuransi untuk bepergian ini. Jika kamu masih bingung, berikut ini adalah tips memilih asuransi terbaik:

Mengetahui Proteksinya

Proteksi yang ditawarkan oleh setiap asuransi perjalanan pun berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus mengetahui apa yang dibutuhkan.

Jika kamu sudah memiliki asuransi jiwa, maka pilihlah asuransi perjalanan yang manfaatnya tidak kamu dapatkan di asuransi tersebut.

Sesuaikan Perlindungan dengan Lamanya Waktu Perjalanan

Semakin lama waktu perlindungan asuransi perjalanan yang kamu ambil, maka semakin besar juga premi yang harus dibayar.

Lebih baik jika kamu membayar lebih mahal dibanding uangmu habis karena adanya dampak buruk dari risiko yang tidak bisa dicegah.

Memilih Informasi yang Lengkap

Saat ini, hampir semua urusan bisa dilakukan secara online. Kamu hanya tinggal membuka website untuk membandingkan berbagai produk finansial, kemudian lihatlah informasinya.

Kamu bisa menemukan informasi seperti penyedia, santunan, premi, biaya medis, metode pembayaran, hingga manfaatnya.

Memahami Pengecualian Asuransi

Hal ini penting untuk kamu ketahui. Jangan sampai kamu tidak bisa melakukan klaim asuransi, karena tidak masuk ke dalam ketentuan pihak asuransi.

Terdapat lima pengecualian asuransi. Pertama, kecelakaan yang disebabkan oleh alkohol dan obat-obatan. Kedua, kecelakaan yang disengaja. Ketiga, kecelakaan yang disebabkan oleh force majeure. Keempat, memiliki penyakit sebelum mengambil asuransi. Kelima, kecelakaan yang terkait dengan kehamilan.

Asuransi yang Diawasi oleh OJK

Pastikan juga bahwa kamu sudah memilih asuransi perjalanan yang diawasi oleh OJK. Jika tidak terdaftar di OJK, kemungkinan besar perusahaan tersebut abal-abal alias bodong.

Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK, kamu bisa cek melalui laman www.ojk.go.id.

Mengetahui Polis Asuransi

Sebanyak apa pun lembar polis asuransinya, kamu harus memperhatikannya secara seksama dan teliti, terutama dengan poin-poin dari perjanjiannya.

Manfaat dari Asuransi Perjalanan

Kalau kamu sudah menemukan asuransi perjalanan yang tepat, maka ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah:

Biaya Perawatan Medis Ditanggung

Tidak ada orang yang ingin jatuh sakit saat menikmati momen liburan. Namun, hal ini bisa terjadi kepada siapa saja. Jika harus dirawat di rumah sakit negara lain, maka biaya yang harus dikeluarkan cukuplah besar.

Jika hal tersebut terjadi, perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan medis kamu. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki uang untuk membayar perawatannya.

Mendapatkan Sumbangan Kematian

Tidak ada satu pun orang yang tahu kapan ia meninggal dunia. Hal ini juga bisa terjadi kapan pun. Sebaiknya, kamu mempersiapkan hal ini agar keluargamu tetap terjamin.

Apalagi, jika kamu berperan sebagai pencari nafkah utama. Pastinya, kondisi keuangan keluargamu sangat bergantung pada dirimu.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus memiliki asuransi yang baik. Dengan begitu, ada sejumlah uang pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada keluargamu ketika kamu meninggal.

Kompensasi Pembatalan Perjalanan

Saat berpergian dengan menggunakan transportasi umum, pembatalan perjalanan bisa terjadi kapan saja. Hal tersebut tentunya merugikan kamu sebagai pengguna jasa transportasi.

Dengan adanya asuransi perjalanan, kamu bisa menerima kompensasi dari pihak perusahaan asuransi jika hal itu terjadi.

Memberikan Ganti Rugi atas Kerusakan dan Kehilangan Bagasi

Masalah yang satu ini memang cukup sering terjadi, atau mungkin kamu pernah mengalaminya. Jika bagasi kamu rusak atau hilang, tentunya membuat momen liburanmu jadi berantakan.

Dengan asuransi perjalanan, kamu bisa mendapatkan ganti rugi kerusakan atau kehilangan bagasi. Kalau kamu mengalami hal tersebut, bisa mengajukan klaim dan mendapatkan kompensasinya.

Menanggung Kerugian dari Terorisme dan Bencana Alam

Aksi terorisme dan bencana alam bisa terjadi kapan saja. Hal tersebut tentunya akan membawa kerugian untuk kamu, mulai dari bentuk kerugian fisik, finansial, dan mental.

Kalau kamu memiliki asuransi perjalanan, maka kerugiannya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sehingga, kamu bisa merasa aman saat berpergian.

Bacaan menarik lainnya:

Widijowati, Dijan. (2012).Hukum Dagang. Yogyakarta: Andi


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait