Rumah Tangga Masa Kini

Ketahui Rekanan Rumah Sakit Terdekat Sebelum Beli Asuransi

Ketahui Rekanan Rumah Sakit Terdekat Sebelum Beli Asuransi

Kepemilikan asuransi kesehatan adalah suatu keharusan bagi kita. Bagaimanapun, sehat adalah sesuatu yang mahal harganya begitu pula tagihan rumah sakit. Karena itu maka asuransi kesehatan menjadi kebutuhan sebagai dana persiapan. Memilih asuransi kesehatan yang tepat seringkali membingungkan karena banyak indikator yang dipertimbangkan.  Namun, salah satu indikator terpenting adalah adanya rekanan dengan rumah sakit terdekat baik dari kantor maupun rumah. Hal ini agar rumah sakit itu mudah dijangkau sewaktu-waktu kita jatuh sakit.

Banyak asuransi kesehatan menyediakan opsi pengembalian biaya alias reimbursment apabila pemegang polisnya dirawat di rumah sakit yang bukan rekanan.  Namun, hal ini lebih rumit karena harus mengajukan klaim dengan sejumlah persyaratannya. Banyak orang akhirnya memilih merelakan uangnya daripada harus mengurus klaim asuransi padahal rutin membayar premi. Rumah yang dekat juga memudahkan kita mendapatkan tindakan media yang dibutuhkan sesegera mungkin. 

Karena itu, pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki jaringan rumah sakit luas termasuk ke berbagai institut kesehatan di sekitar. Ada beberapa nama besar asuransi yang sudah dikenal memiliki jaringan rekanan luas termasuk dengan rumah sakit terdekat dari lokasimu. Beberapa yang dikenal memiliki mitra paling banyak antara lain BPJS Kesehatan, Allianz, dan Cigna. 

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan dimaksudkan sebagai perlindungan kesehatan yang memberikan pelayanan bagi semua masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Merupakan hal yang wajar jika jaringan layanan kesehatannya menjadi yang terbesar di Indonesia. Dilansir dari Kontan.com, jumlah rumah sakit mitra BPJS Kesehatan hingga Juli 2019 sudah mencapai 2.431. 

Jumlah ini belum termasuk puskesmas, berbaga klinik dan praktik dokter yang juga menjadi rekanan. Pemilik asuransi pemerintah ini memiliki pilihan yang lebih luas untuk mendapatkan layanan kesehatan di banyak tempat. Terlebih lagi, preminya relatif murah dengan layanan yang diberikan. Kekurangannya adalah antrian yang panjang serta proses klaim yang bagi beberapa orang dianggap rumit. 

Allianz

Asuransi kesehatan dari Allianz menjadi salah satu asuransi swasta yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Tersedia berbagai produk asuransi kesehatan termasuk yang berbasis syariah berupa Allisya Care. Popularitasnya salah satunya karena jumlah rekanan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Saat ini, Allianz sudah bermitra dengan paling tidak 967 rumah sakit hingga Agustus 2019. Lokasinya termasuk di sejumlah kota Indonesia Timur termasuk Maluku Utara dan Sorong. Namun, rekanan Allianz berlaku berbeda untuk rawat inap atau rawat jalan tergantung premi. 

Cigna

Asuransi kesehatan Cigna menjadi salah satu asuransi swasta yang paling direkomendasikan untuk dimiliki. Hal ini karena nilai preminya yang relatif murah dari merk lainnya. Meski demikian, adapula produk lainnya yang lebih premium dengan keuntungan yang lebih maksimal. 

Jumlah rekanan dari Cigna sampai saat ini sudah mencapai 700 rumah sakit di seluruh Indonesia. Kemitraan tersebut sudah termasuk dengan berbagai grup rumah sakit ternama seperti Siloam Hospital, RS Muhammadiyah, dan RS Hermina. Besar kemungkinan asuransi ini juga bermitra dengan rumah sakit terdekatmu pula. 

Ketersediaan asuransi kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama saat ini. Kita harus siap menyediakan dana khusus ini apabila sewaktu-waktu membutuhkan. Setelah dana asuransi kesehatan dan kebutuhan mendadak lainnya maka pos keuangan lainnya yang harus diisi adalah investasi. Investasi menjadi jawaban untuk mengelola dengan efektif dan efisien serta hasil yang maksimal. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait